Seperti Apa Perbedaan dan Sejarah Manga, Manhwa, dan Manhua?

Senin, 05 Desember 2022 - 19:53 WIB
loading...
A A A

4. Seni dan Teks di Manga, Manhwa, dan Manhua

Seperti Apa Perbedaan dan Sejarah Manga, Manhwa, dan Manhua?

Foto: The Husky and His White Cat Shizun Wiki – Fandom

Di cetak dan digital, manga biasanya diterbitkan dalam hitam dan putih, kecuali kalau rilisan spesial yang dicetak full color atau dengan halaman berwarna. Manhwa digital diterbitkan dalam warna, tapi manhwa cetak secara tradisional diterbitkan dalam hitam dan putih, sama seperti manga. Seperti manhwa, manhua digital juga diterbitkan dalam warna.

Terinspirasi seni Walt Disney, Osamu Tezuka menggambar karakternya dengan mata besar, mulut kecil, dan ekspresi berlebihan untuk menekankan emosi tertentu. Gaya seni Tezuka mempengaruhi seniman lain di Jepang dan tempat lain. Tapi, karakter manhwa dan manhua biasanya digambar untuk berfokus pada proporsi dan penampakan manusia yang lebih realistis. Manga dan manhua juga punya setting latar yang realistis dan detail—hampir foto-realistik, yang kontras dengan manhwa digital yang punya latar lebih sederhana. Tapi, harus dicatat kalau manhwa cetak lebih mirip pada manga dalam hal ini.

Manga juga menggunakan set unik onomatopoeia untuk mengambarkan tidak hanya suara hewan dan obyek tidak hidup, tapi juga kondisi psikologis dan emosi. Onomatopoeia ini ditulis di panel sekitar dan pinggiran laman, mirip komik Amerika. Sementara, manhwa dan manhua juga punya set onomatopoeia sendiri yang digunakan untuk menggambarkan emosi dan gerakan. Selain itu, manhwa digital sering menggunakan musik dan soundbites untuk meningkatkan pengalaman membaca, sesuatu yang baru untuk presentasi elektronik mereka.
(alv)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2440 seconds (0.1#10.140)