Review Guardians of the Galaxy Holiday Special: Misi Konyol Drax dan Mantis

Review Guardians of the Galaxy Holiday Special: Misi Konyol Drax dan Mantis
Guardians of the Galaxy Special Holiday adalah tontonan superhero yang bernuansa keluarga. Emosi dan momen sentimental menjadi titik penting di tayangan ini. (Foto: Disney Plus)
Guardians of the Galaxy Holiday Special tayang di Disney+ Hotstar pada hari ini, Jumat (25/11). Tayangan khusus sepanjang kurang lebih 44 menit ini secara resmi menutup gelaran Fase 4 Marvel Cinematic Universe (MCU). Sebagai penutup, tayangan garapan James Gunn ini sangat menghibur.

Gunn mencampurkan segala macam emosi dan kekonyolan di tayangan ini. Guardians of the Galaxy Holiday Special dimaksudkan untuk menjembatani jarak antara Guardians of the Galaxy Vol 2 dan 3 yang lumayan jauh. Tak heran kalau, meskipun bukan film sepenuhnya, Gunn tetap serius menggarapnya.

Guardians of the Galaxy Holiday Special berfokus pada usaha Drax (Dave Bautista) dan Mantis (Pom Klementif) untuk memberikan Natal terindah untuk Peter Quill (Chris Pratt) alias Star-Lord yang masih sedih. Mereka mengira kalau hadiah Natal istimewa akan membuat Peter tersenyum kembali. Mereka pun pergi ke bumi dan menculik Kevin Bacon. Kevin adalah aktor idola Peter. Drax dan Mantis merasa, dia akan menjadi hadiah Natal yang pas untuk Peter.

Baca Juga: Review Film She Said: Kegigihan Wartawan Ungkap Pelecehan Seksual

Usaha Drax dan Mantis untuk membawa Kevin ke Knowhere, markas Guardians sekarang, bakal membuat orang terhibur. Kedua makhluk asing itu mendarat di Hollywood dan mengalami banyak hal gila sebelum akhirnya pergi ke rumah Kevin untuk “menjemputnya”. Namun, tentu saja, tidak mudah membawa Kevin begitu saja.
Review Guardians of the Galaxy Holiday Special: Misi Konyol Drax dan Mantis

Foto: Indie Wire

Tak seperti seri lain Guardians of the Galaxy yang memfokuskan pada Peter, tayangan spesial ini justru berfokus pada Mantis. Dari 44 menit, Mantis menguasai layar bersama Drax. Peter dan sisa kru Guardians tidak terlalu banyak ditampilkan di tayangan khusus ini. Kevin Bacon mendapatkan porsi yang pas untuk penampilannya di tayangan ini.

Guardians of the Galaxy Holiday Special juga menjadi perjalanan emosional bagi Mantis. Penggemar akan tahu mengapa Mantis sampai rela melakukan hal gila seperti itu di ujung tayangan ini. Itu adalah momen emosional, tapi juga berarti bagi masa depan MCU.
Review Guardians of the Galaxy Holiday Special: Misi Konyol Drax dan Mantis

Foto: People

Guardians of the Galaxy Holiday Special juga terasa seperti film Natal lain. Film ini dibuka dengan animasi. Penggemar yang sudah kangen dengan Yondu, akan berjumpa lagi dengan alien biru itu di tayangan spesial ini meski hanya dalam bentuk animasi. Penggemar pun akan menemukan betapa hubungan Peter dan Yondu ternyata lebih dalam dari yang pernah diperlihatkan sejauh ini. Ada momen emosional di sana nanti.

Gunn menjahit emosi dan humor dengan baik di tayangan spesial ini. Meski terlihat sederhana, Guardians of the Galaxy Holiday Special bisa menjadi hiburan alternatif bagi mereka yang mencari tontonan ringan, menghibur, tapi tetap sentimental dan kental suasana Natal. Tidak ada antagonis di tayangan ini atau pun hal-hal terkait multiverse dan tema besar lain di MCU.
Review Guardians of the Galaxy Holiday Special: Misi Konyol Drax dan Mantis

Foto: Lola Lambchops

Guardians of the Galaxy Holiday Special lebih bernuansa drama keluarga yang ingin memberikan Natal terbaik bagi anggotanya. Tayangan ini kocak, konyol, tapi di sisi lain juga emosional dan menyentuh. Mantis mampu memimpin tayangan ini menjadi sesuatu yang lain di MCU. Pameran kekuatan tetap ada, tapi itu sangat minim.

Guardians of the Galaxy Holiday Special adalah tribute untuk tayangan Natal klasik. Tidak dibutuhkan adanya villain atau penjahat di sini, tapi suasana ceria, kocak, dan emosional pada akhirnya. Penggemar akan lebih bisa menyelami karakter Mantis di tayangan ini.
Review Guardians of the Galaxy Holiday Special: Misi Konyol Drax dan Mantis

Foto: SyFy

Lebih lanjut, bukan Marvel kalau tidak memberikan Easter eggs di sepanjang proyeknya. Guardians of the Galaxy Holiday Special juga bukan pengecualian. Ada banyak Easter eggs yang terkait MCU atau pun terkait Guardians of the Galaxy yang bakal berpengaruh ke masa depan franchise ini.

Baca Juga: 25 Penjahat Marvel Terjelek hingga Terbaik di Fase 4 MCU

Guardians of the Galaxy Special Holiday adalah tontonan superhero yang lebih bernuansa keluarga. Emosi dan momen sentimental menjadi titik penting di tayangan ini. Tayangan ini kocak, tapi juga punya momen yang membuat penggemar untuk sedikit bernostalgia.

Guardians of the Galaxy Special Holiday menutup perjalanan keseluruhan Fase 4 MCU yang bermasalah dengan gelak tawa. Tahun depan, MCU akan memulai perjalannya ke Fase 5 dengan Ant-Man and the Wasp: Quantumania yang diduga menjadi pembukanya. Guardians of the Galaxy Special Holiday tayang di Disney+ Hotstar pada hari ini, Jumat (25/11). Selamat menyaksikan!



(alv)
Share: