5 Film yang Wajib Ditonton Sebelum Black Panther: Wakanda Forever

Selasa, 08 November 2022 - 09:32 WIB
loading...
5 Film yang Wajib Ditonton Sebelum Black Panther: Wakanda Forever
Ada sejumlah film yang bisa ditonton sebelum menyaksikan Black Panther: Wakanda Forever untuk menyegarkan pikiran dan memperkenalkan penonton baru pada Wakanda. (Foto: Disney Plus)
A A A
Black Panther: Wakanda Forever akan tayang di seluruh bioskop di Indonesia pada Rabu (9/11). Film terbaru Marvel Cinematic Universe (MCU) ini mengundang rasa penasaran penggemar untuk tahu siapa pengganti T’Challa. Film ini akan memperkenalkan Black Panther baru usai wafatnya Chadwick Boseman.

Black Panther: Wakanda Forever akan menutup gelaran Fase 4 MCU. Ada sejumlah film dan serial yang bisa ditonton lagi untuk mempersiapkan diri menonton sekuel Black Panther itu. Black Panther debut di MCU di awal Fase 3. Total, pelindung Wakanda itu telah muncul di empat film sejak diperkenalkan. Dengan wafatnya pemeran T’Challa/Black Panther, Chadwick Boseman, pada 2020, topeng Black Panther pun harus diwariskan ke pemilik barunya. Menonton T’Challa di MCU relatif mudah karena karakter ini baru punya satu film solo dan tampil sebagai karakter pendamping di sejumlah film keroyokan di MCU.

Dengan Wakanda Forever menjadi salah satu film Marvel terpanjang, penonton pun harus tahu seperti apa dunia Wakanda. Makanya, bisa menjadi keuntungan tersendiri untuk menonton lagi proyek lain yang menampilkan karakter dari film ini. Peran Black Panther di film Marvel dimulai pada 2016 dan terus berlanjut hingga finale Fase 4. Kalian tidak perlu menonton lagi seluruh film MCU untuk menonton Wakanda Forever. Tapi, ada sejumlah film yang layak untuk ditonton lagi demi menyegarkan pikiran dan menambah wawasan baru. Apa saja film yang perlu ditonton sebelum Black Panther: Wakanda Forever? Berikut rekomendasinya!



1. Captain America: Civil War (2016)

5 Film yang Wajib Ditonton Sebelum Black Panther: Wakanda Forever

Foto: Inverse

Cerita almarhum Chadwick Boseman sebagai T’Challa dan Black Panther dimulai di Captain America: Civil War. Di film itu, ayah T’Challa, T’Chaka, dibunuh Baron Zemo setelah menandatangani Perjanjian Sokovia di Wina. Sementara Winter Soldier alias Bucky Barnes difitnah sebagai orang yang melakukan pembunuhan itu. Putra makhota Wakanda itu kemudian bergabung Tim Iron Man. Dia menghabiskan waktunya di film itu memburu Bucky sebelum menyadari kalau dia bukanlah orang di balik pembunuhan ayahnya. Itu menyebabkan T’Challa mengevaluasi ulang emosinya dan menolak membiarkan dendam mengonsumsi keyakinannya.

Civil War juga memperkenlakan Everett Ross (Martin Freeman), seorang agen CIA yang mengawasi regulasi aksi Avengers setelah pemberlakuan Perjanjian Sokovia. Salah satu anggota Dora Milaje, Ayo (Florence Kasumba), juga tampil di salah satu adegan untuk membantu melindungi T’Challa setelah kematian Raja T’Chaka. Penampilan perdana Black Panther di MCU lewat film ini cukup bisa mencuri perhatian. Captain America: Civil War bisa ditonton di Disney+.

2. Black Panther (2018)

5 Film yang Wajib Ditonton Sebelum Black Panther: Wakanda Forever

Foto: Into Film

Black Panther mengisahkan Raja baru Wakanda, T’Challa, yang berusaha menangkap Ulysses Klaue (Andy Serkis), yang sudah berada di radar Wakanda selama bertahun-tahun. Setelah gagal, T’Challa malah ditantang sepupunya yang sudah lama menghilang, Erik Killmonger (Michael B Jordan). Killmonger mengincar takhta dan titel Black Panther. Latar belakang taktis mutakhir Killmonger membuatnya bisa mengalahkan T’Challa dalam pertarungan. Dia pun menjadi Raja baru Wakanda. Meski ini tidak diterima dengan baik oleh rakyat Wakanda, T’Challa ternyata masih hidup dan pada akhirnya bisa mengklaim kembali takhtanya.

Marvel Studios memperluas pembangunan dunianya dengan memperkenalkan Wakanda, yang terus akan menjadi penting dalam perang Wakanda melawan Talokan di Wakanda Forever. Karakter baru pun diperkenalkan seperti anggota keluarga T’Challa, seperti Shuri (Letitia Wright), Ratu Ramonda (Angela Bassett), Zuri (Forest Whitaker) bersama karakter kondang laion seperti Okoye (Danai Gurira), Nakia (Lupita Nyong’o), W’Kabi (Daniel Kaluuya), dan M’Baku (Winston Duke). Black Panther bisa ditonton di Disney+.

3. Avengers: Infinity War (2018)

5 Film yang Wajib Ditonton Sebelum Black Panther: Wakanda Forever

Foto: Game Spot

Steve Rogers pergi ke Wakanda untuk meminta tolong melindungi Vision di pertarungan mereka melawan Thanos. Ini adalah kali terakhir penonton bisa melihat T’Challa sebagai Raja dalam sebuah peranan utama. Tapi, dia penting sebagai pemimpin ketika dia masuk ke pertempuran bersama Captain America. Kepemimpinan T’Challa dibuktikan di film ini. Ketika dia memanggil pasukannya, Jabari pun turut serta dalam pertarungan itu.

Bersama Captain America dan Black Widow, Black Panther menghadapi pasukan Black Order yang berusaha menembus pertahanan Wakanda. Ini adalah pameran lain teknologi Wakanda yang bisa disaksikan audiens. Meski Wakanda punya pasukan besar, mereka tetap tidak berdaya melawan Thanos yang telah mendapatkan keenam Batu Keabadian. T’Challa bersama banyak warga Wakanda pun dilenyapkan dengan jentikan jari Mad Titan itu. Avengers: Infinity War bisa ditonton di Disney+.

4. Avengers: Endgame (2019)

5 Film yang Wajib Ditonton Sebelum Black Panther: Wakanda Forever

Foto: Screen Rant

Avengers: Endgame menjadi penampilan terakhir live-action Chadwick Boseman dalam bentuk manusia dan kostum Black Panther di MCU. Film ini mempertontonkan bagaimana Captain America, Iron Man, dan Thor memimpin rombongan pahlawan terkuat bumi dalam petualangan melintasi waktu demi membali jentikan jari Thanos. Mereka pergi untuk mengambil semua Batu Keabadian dari semua titik di lini masa yang dibutuhkan.

Begitu mereka mendapatkan apa yang mereka butuhkan, Hulk menjentikkan jarinya. Dalam sebuah momen yang tak terlupakan di medan laga, semua pahlawan yang dilenyapkan Thanos pun kembali. Salah satu momen terbaiknya adalah ketika portal pertama dibuka, Black Panther keluar bersama adiknya, Shuri, dan Jenderal Okoye, untuk bergabung dengan pertarungan itu. Avengers memenangkan perang itu meski harus ada pengorbanan. Wakanda kemudian terlihat merayakan kemenangan itu dalam sebuah parade, bersama T’Challa dan keluarganya yang mengawasi rakyat mereka. Avengers: Endgame bisa ditonton di Disney+.



5. The Falcon and the Winter Soldier (2020)

5 Film yang Wajib Ditonton Sebelum Black Panther: Wakanda Forever

Foto: Disney Plus

Penampilan paling baru karakter-karakter dari Black Panther adalah di The Falcon and the Winter Soldier di serial Disney+. Setelah Zemo dibebaskan dari penjara, Dora Milaje pun tahu pengkhianatan Bucky terhadap Wakanda. Mereka memberi waktu terbatas bagi Bucky untuk menyerahkan Zemo kepada mereka. Ketika mereka berusaha menjemput Zemo—yang kemudian kabur, mereka berhadapan dengan Captain America versi John Walker dan mempermalukan Bucky atas kesalahannya.

Setelah Zemo kabur ke Sokovia, Bucky menjebaknya sehingga dia diserahkan kepada Dora Milaje dan dikirim ke Raft untuk menjalani vonis seumur hidupnya. Bucky dimaafkan. Dan, rakyat Wakanda membuatkan seragam Captain America untuk Sam Wilson. Kostum itu dipakai Sam di episode akhir serial ini. Sementara serial ini tidak membangun Black Panther: Wakanda Forever, serial ini menampilkan karakter pendukung Black Panther yang mungkin akan punya peran di Wakanda Forever. The Falcon and the Winter Soldier bisa disaksikan di Disney+.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2738 seconds (0.1#10.140)