5 Drama Korea yang Dikira Bakal Flop tapi Malah Sukses Besar

5 Drama Korea yang Dikira Bakal Flop tapi Malah Sukses Besar
Drama Korea True Beauty awalnya disangka akan gagal karena banyak dikritik tapi nyatanya tetap sukses. Foto/tvN
JAKARTA - Beberapa drama Korea sejak awal sudah diramal bakal sukses karena didukung para pemain dan tim yang namanya populer. Namun ada juga yang terjadi sebaliknya.

Sebagian drama dibuat dengan tidak ada ekspektasi mendapat rating tinggi atau kepopuleran yang luar biasa. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari para pemain yang tidak populer, sutradara dan penulis yang tidak terkenal, bujet yang minim, hingga jam tayang yang tidak menguntungkan.

Namun di tengah ketidakberuntungan itu, nyatanya drama-drama ini sukses meraih rating tinggi atau kepopuleran yang tidak disangka-sangka, entah di pasar domestik maupun di kalangan penonton internasional. Nah, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Extraordinary Attorney Woo (2022)

5 Drama Korea yang Dikira Bakal Flop tapi Malah Sukses Besar

Foto: ENA

Drama Korea ini tayang di ENA, stasiun televisi berbayar di Korea yang selain jangkauan penontonnya sangat terbatas, juga tidak sepopuler tvN atau JTBC. Meski pemeran utamanya adalah Park Eun-bin yang sebelumnya sangat populer dengan The Red Sleeve, tapi Extraordinary Attorney Woosama sekali tak diharapkan bisa sukses besar.

Ini terbukti dengan rating premiere-nya yang hanya 0,9%. Namun cerita yang menarik serta akting Eun-bin yang memukau membuat penonton terpikat, hingga akhirnya membuat serial ini viral di media sosial.

Hasilnya, rating episode akhir drama ini mencapai titik 17,5%, lebih tinggi dari drama Our Blues yang tayang pada beberapa bulan sebelumnya dan bertabur bintang kelas A. Tak cuma itu, Extraordinary Attorney Woo bahkan untuk sementara ini duduk di posisi kedua untuk drama Korea dengan rating rata-rata nasional tertinggi pada 2022.

Adapun para pemainnya, terutama Kang Tae-oh, langsung melonjak popularitasnya. Tak heran, ENA pun telah mengonfirmasi bahwa season dua drama ini akan dibuat.

2. Sky Castle (2018-2019)

5 Drama Korea yang Dikira Bakal Flop tapi Malah Sukses Besar

Foto: JTBC

Sebelum Extraordinary Attorney Woo, ada Sky Castle yang punya nasib sama, bahkan lebih dahsyat. Pertama, Sky Castle yang tayang di JTBC punya bujet yang jauh lebih kecil dibanding drama-drama yang punya waktu penayangan tak jauh berbeda, termasuk drama komedi romantis My ID is Gangnam Beauty.

Selain itu, jam penayangannya yang pukul 11 malam waktu Korea dianggap sangat tidak menguntungkan. Belum lagi para pemainnya yang juga tidak populer.

Tak heran, Sky Castle cuma mendapat rating 1,7% untuk episode pertamanya. Namun drama yang menggambarkan sisi gelap sistem pendidikan di Korea ini ditutup dengan angka rating episode akhir yang mencengangkan, yaitu 23,7%. Ini membuat Sky Castle duduk di posisi kedua untuk drama Korea dari televisi kabel dengan rating episode tertinggi sepanjang masa, hanya kalah dari The World of The Married.

Baca Juga: 10 Drama Korea Horor Rating Tertinggi di IMDb

3. True Beauty (2020)

5 Drama Korea yang Dikira Bakal Flop tapi Malah Sukses Besar

Foto: tvN

Drama komedi romantis dari tvN ini diadaptasi dari webtoon yang sangat terkenal, jadi tak heran langsung mendapat perhatian dari banyak pihak. Namun justru inilah yang membuat True Beauty dianggap tidak akan sukses.

Pertama, Moon Ga-young dan Hwang In-youp dianggap tidak cocok memerankan karakter Ju-kyung dan Seo-jun. Ga-young dianggap terlalu cantik, sementara In-youp dianggap kurang mirip dengan wajah di webtoon-nya.

Selain itu, episode-episode awal drama ini juga banyak dikritik penonton, antara lain dianggap membosankan, garing, dan skenarionya sangat buruk. Rating domestiknya pun tak menggembirakan, dengan rating tertinggi episodenya hanya 4,5%.

Namun True Beauty sangat populer di pasar internasional, termasuk di Indonesia. Setiap kali episode barunya ditayangkan, selalu jadi pembicaraan di media sosial.

Di Mydramalist, rating True Beauty pun tergolong tinggi, yaitu 8,3/10 dari 50.290 pengguna. Ini adalah jumlah pengguna yang sangat besar untuk sebuah drama Korea. Selain itu, Nama Cha Eun-woo dan Hwang In-youp pun terdongkrak tajam di pasar global.

4. A-Teen (2018)

5 Drama Korea yang Dikira Bakal Flop tapi Malah Sukses Besar

Foto: Naver TV Cast

A-Teen adalah web series remaja yang tayang di Naver TV Cast. Drama ini dibuat dengan bujet yang sangat minim, terlihat dari deretan pemain yang tidak populer, lokasi syuting yang mayoritas di dalam kelas, dan para pemainnya yang hanya memakai seragam sekolah. Durasi totalnya pun tak sampai tiga jam meski berjumlah 24 episode.

Meski begitu, drama tentang kehidupan para siswa SMA yang beranjak ke usia 18 tahun ini sangat populer di Korea Selatan. Drama ini ditonton sampai 6 juta kali dalam waktu 1,5 bulan.

Pembicaraan di forum-forum daring menunjukkan para penonton memuji drama ini, bahkan tertarik membeli produk kosmetik yang ada dalam serial tersebut. Tak cuma itu, soundtrack berjudul A-Teen yang dinyanyikan boy group SEVENTEEN juga sampai memuncaki tangga lagu Melon Chart pada pertengahan Agustus 2018. Tak heran, web series ini pun dibuatkan season keduanya.

Baca Juga: Drama Korea Terbaru dengan Rating Tertinggi September 2022

5. Reply 1997 (2012)

5 Drama Korea yang Dikira Bakal Flop tapi Malah Sukses Besar

Foto: tvN

Reply 1997 adalah seri pertama dari trilogi Reply, sebuah seri legendaris yang masuk dalam rating tertinggi sepanjang masa. Drama tvN ini juga menjadi karya debut bagi sutradara Shin Won-ho yang belakangan menjadi produser Hospital Playlist dan Prison Playbook.

Namun tentu saja, sebagai karya perdana, tak mudah bagi Won-ho mewujudkan Reply 1997. Ia mengaku tadinya sangat sulit mencari pemain yang mau bermain dalam drama ini, juga sulit membuatnya untuk tayang di televisi. Tentu saja, bujet pun sangat minim.

Meski rating drama ini kecil, tapi seri berikutnya, yaitu Reply 1994 dan Reply 1998 langsung melejit ratingnya. Kepopulerannya pun semua orang sudah mengetahuinya. Kini, seri Reply dikenal sebagai salah satu ikon budaya pop hallyu bahkan sampai sekarang.





(ita)
Share: