10 Opening Anime Terbanyak Di-Stream Sepanjang Masa di Spotify

10 Opening Anime Terbanyak Di-Stream Sepanjang Masa di Spotify
Banyak opening anime yang menangkap hati para penggemar. Sejumlah lagu pembuka serial anime populer ini sudah di-stream sebanyak ratusan juta kali di Spotify. (Foto: Pitchfork)
Lagu opening adalah salah satu aspek paling diingat di setiap anime . Intro anime bisa mengkover banyak genre, dari pop rock hingga acid jazz dan bahkan metal. Bahkan penggemar yang tidak bisa berbahasa Jepang pun bisa jatuh cinta dengan lagu pembuka anime itu dan setidaknya punya satu atau lebih playlist dengan lagu favorit mereka.

Banyak lagu opening anime ini yang catchy dan enak didengar. Orang-orang yang mungkin tidak tahu serial anime-nya mungkin mengenal lagu tersebut. Bahkan, orang yang tidak berada dalam fandom serial itu juga bisa suka dengan lagu itu karena memang enak di telinga.

Fandom sering memperdebatkan lagu opening mana yang terbaik. Tapi, Spotify menjadi tempat terbaik untuk tahu opening anime mana yang telah menangkap hati sebagian besar penggemar. Jadi, opening anime mana saja yang di-stream paling banyak di Spotify? Mengutip CBR, simak ulasannya berikut ini!

Baca Juga: 10 Pahlawan Anime Paling Sopan, Bikin Penjahat Jadi Sungkan

10. Shinzo wo Sasageyo — 135,7 Juta Stream (Attack on Titan)

10 Opening Anime Terbanyak Di-Stream Sepanjang Masa di Spotify

Foto: Anime-Internet

Lagu tema opening Attack on Titan adalah lagu opening paling ikonis anime. Lagu hit terbarunya adalah The Rumbling dari SiM yang memperkenalkan penggemar kepada bagian kedua season terakhirnya. Sementara, Linked Horizon telah membuat dua lagu untuk serial itu. Guren no Yumiya merupakan lagu opening season pertama dan Shinzo wo Sasageyo adalah lagu opening season kedua.

Shinzo wo Sasageyo lebih populer dari lagu pertama. Apalagi, Shinzo wo Sasageyo punya salah satu refrain paling umum di serial ini. Rasa epik lagu itu menangkap pertarungan padat aksi dan merangkum semua nada serial itu.

9. Kyouran Hey Kids!! — 138 Juta Stream (Noragami)

10 Opening Anime Terbanyak Di-Stream Sepanjang Masa di Spotify

Foto: Anime Tide

Noragami adalah serial shounen supranatural yang disukai dengan campuran komedi dan plot twist dramatis yang setara. Lagu opening pertamanya adalah Goya no Machiawase. Lagu ini lagu rock berenergi tinggi dengan riff gitar menggelegar yang langsung membenamkan penonton ke dunia Yato dan gengnya.

Tapi, opening keduanyalah yang jauh lebih populer. Bahkan, lagu ini bersinar din luar fandom Noragami. Lagu itu, Kyouran Hey Kids!! yang dinyanyikan The Oral Cigarettes, adalah lagu keren yang dimulai dengan riff yang gampang diingat sebelum beat-nya masuk.

8. Peace Sign — 149,9 Juta Stream (My Hero Academia)

10 Opening Anime Terbanyak Di-Stream Sepanjang Masa di Spotify

Foto: Digital Spy

Kalau ada big three anime shounen modern, My Hero Academia jelas menjadi salah satunya. Serial ini membantu mengantar generasi baru penggemar anime muda dan telah mengembangkan pengikut setia sejak debut di TV pada 2016. Sejumlah lagu OST My Hero Academia menjadi sangat populer. Tapi, hanya sedikit yang bisa dibandingkan dengan Peace Sign yang dinyanyikan Kenshi Yonezu.

Lagu itu adalah lagu opening kedua My Hero Academia. Lagu pop rock upbeat itulah yang mengantarkan season kedua serial ini. Liriknya punya tema mengatasi halangan menjadi pahlawan, yang pada prinsipnya adalah cerita hidup Izuku Midoriya secara singkat.

7. Cry Baby — 159 Juta Stream (Tokyo Revengers)

10 Opening Anime Terbanyak Di-Stream Sepanjang Masa di Spotify

Foto: Anime Senpai

Tokyo Revengers menghebohkan dunia setelah anime-nya debut pada musim panas 2021. Lagu temanya, Cry Baby, juga sama populernya. Lagu itu dinyanyikan Official Hige DANdism. Band ini juga baru saja membuat lagu opening untuk serial anime populer lain, yang terbaru adalah untuk Spy x Family.

Cry Baby telah menarik pendengar bahkan dari luar fandom Tokyo Revengers. Lagu itu adalah pembuka yang ceria dan tajam. Cry Baby memadukan unsur jazzy teatrikal dengan hard rock dan vokal luar biasa Satoshi Fujihara, vokalis band itu.

6. Blue Bird — 167,5 Juta Stream (Naruto: Shippuden)

10 Opening Anime Terbanyak Di-Stream Sepanjang Masa di Spotify

Foto: Looper

Blue Bird yang dibawakan Ikimongakari dirilis pada 2008. Lagu itu berpuncak di posisi nomor 3 di chart single Oricon. Tapi, sampai saat ini, lagu itu masih menjadi opening anime populer yang sering di-stream di berbagai platform berbeda.

Sebagai opening ketiga Naruto: Shippuden, lagu itu telah menjadi favorit penggemar yang mustahil kalau tidak akan ikut menyanyikannya. Itu adalah lagu ringan J-pop yang tidak membuang-buang waktu untuk perkenalan. Lagu itu juga langsung menunjukkan vokal indah Kiyoe Yoshioka.

5. Kaibutsu — 183 Juta Stream (Beastars)

10 Opening Anime Terbanyak Di-Stream Sepanjang Masa di Spotify

Foto: El Palomitron

YOASOBI adalah salah satu band terpopuler di Jepang pada 2021. Lagu mereka, Kaibutsu (Monster) dilepas dan punya tempat kuata di charts Billboard Hot 100 Jepang sepanjang tahun. Lagu itu adalah opening kedua Beastarsdan sangat gampang diingat.

Meskipun orang belum nonton anime-nya, mereka mungkin tahu lagu itu karena popularitasnya di media sosial. Kaibutsu adalah lagu J-pop berenergi tinggi dengan nuansa menakutkan dan ketukan synth berulang yang membuatnya sempurna untuk pesta Halloween. Di Spotify, lagu itu mendapatkan 183 juta stream dan angkanya akan terus bertambah.

4. Inferno — 187 Juta Stream (Fire Force)

10 Opening Anime Terbanyak Di-Stream Sepanjang Masa di Spotify

Foto: Fire Force Wiki – Fandom

Fire Force adalah salah satu anime paling menonjol setelah debut pada musim panas 2019. Anime ini segera menjadi salah satu serial shounen paling populer. Serial ini bahkan mengungguli favorit penggemar di genre ini yang kembali tayang.

Opening pertamanya, Inferno dari Mrs. Green Apple, adalah lagu J-rock yang merangkum seluruh nada musim pertama Fire Force. Inferno membuat banyak analogi api, seperti nyala api tunggal yang menerangi jalan dalam kegelapan dan memandu pendengar melewati kegelapan itu. Lagu itu berakhir dengan deklarasi tegas tentang berjalan waktu dan menjalani hidup sampai cahayanya padam.

3. Unravel — 226,9 Juta Stream (Tokyo Ghoul)

10 Opening Anime Terbanyak Di-Stream Sepanjang Masa di Spotify

Foto: Otakukart

Unravel telah menjadi salah satu opening anime paling ikonis. Lagu yang dinyanyikan TK From Ling Tosite Sigure. Itu adalah lagu tema pertama Tokyo Ghoul. Setelah lagu itu, tidak satu pun lagu dari anime ini yang mampu mengungguli lagu ini.

Vocal unik dan penyampaian emosi Toru Kitajima menjual lagu ini dengan liriknya yang menekan yang secaraa langsung terkait cerita tragis Ken Kaneki. Sayang, adaptasi anime-nya membuat kecewa pembaca manga. Tapi, semua orang sepakat kalau soundtrack-nya adalah titik tertingginya, terutama dengan lagu opening bagus ini.

2. Kaikai Kitan — 258,7 Juta Stream (Jujutsu Kaisen)

10 Opening Anime Terbanyak Di-Stream Sepanjang Masa di Spotify

Foto: Anime Corner

Jujutsu Kaisen adalah anime gebrakan setelah premiere musim gugurnya pada 2020. Penggemar segera jatuh cinta dengan karakter seperti Yuji Itadori yang optimistik dan manusia ajaib berambut putih Satoru Gojo. Jujutsu Kaisen punya banyak poin tinggi. Soundtrack-nya pun bukan pengecualian.

Kaikai Kitan yang dibawakan Eve segera menjadi salah satu opening anime yang paling didengarkan pada 2020 setelah penggemar mendengarnya kali pertama sebagai opening Jujutsu Kaisen. Lagu ini adalah campuran sempurna antara J-pop, rock, dan hip hop dengan vocal unik yang membuatnya menonjol dari opening anime lain. Lagu ini telah di-stream lebih dari 250 juta di Spotify.

Baca Juga: 7 Karakter Hacker Terbaik yang Pernah Ada di Anime

1. Gurenge — 312 Juta Stream (Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba)

10 Opening Anime Terbanyak Di-Stream Sepanjang Masa di Spotify

Foto: Wordpress.com

Kimetsu no Yaiba punya basis kuat di komunitas anime sejak anime-nya debut pada 2019. Serial ini dibuat Ufotable. Gaya seni cemerlang Kimetsu no Yaiba dihidupkan dalam cara yang paling berwarna dan soundtrack yang benar-benar menghidupkan ceritanya.

Opening pertama serial ini, Gurenge, dibawakan legenda J-rock, LiSA. Vokalnya bersinar lewat lagu rock intensif ini dan membantu penonton untuk lebih jauh menyelami dunia gelap Kimetsu no Yaiba. Lagu ini benar-benar membuat merinding. Pendengar pun bisa merasakan emosi LiSA ketika mendengarkan lagu ini.


(alv)
Share: