6 Tren dalam Industri K-Pop yang Dipelopori oleh BTS


6 Tren dalam Industri K-Pop yang Dipelopori oleh BTS

Foto: YouTube Hybe Labels

BTS juga menjadi grup pertama yang menggunakan jalan cerita yang rumit dalam album dan video musik mereka. Lewat Bangtan Universe (BU), BTS menciptakan dunia alternatif dengan tiap member memiliki jalan hidup fiksi yang sangat dramatis.

Kisah dalam BU terbentang dalam beberapa video musik mereka, terutama dalam era HYYH/Most Beautiful Moment in Life Trilogy. Kisah ini diceritakan secara implisif, membuat ARMY secara kolektif menganalisis tiap adegan untuk menemukan maksud tersembunyi dari cerita tersebut.

Kesuksesan BU lagi-lagi membuat sejumlah grup meniru konsep ini, di antaranya adalah LOONA, serta TXT yang juga masih satu agensi dengan BTS.

4. Muncul di Program Televisi di Amerika Serikat

6 Tren dalam Industri K-Pop yang Dipelopori oleh BTS

Foto: CBS

BTS memang bukan grup pertama yang berpromosi di Amerika Serikat, pasar musik terbesar di dunia. Sejumlah nama seperti SNSD, Wonder Girls, hingga BIGBANG sudah punya nama di negara tersebut.

Namun baru BTS yang bisa membuat K-pop jadi hal yang mainstream di tengah masyarakat umum di Amerika Serikat. Grup inilah yang membuat para pendengar non-Kpop tertarik melirik musik K-pop.

Popularitas BTS yang luar biasa di Amerika Serikat pun membuat program-program talkshow, variety show, dan penghargaan musik di sana tertarik mengundang mereka. Bisa dibilang BTS telah muncul dalam beberapa program televisi terbaik dan terpopuler di Amerika.

Sejak itu, nyaris grup-grup K-pop besar rutin tampil di beberapa program televisi di Amerika Serikat, terutama saat mereka comeback. Di antaranya BLACKPINK, SEVENTEEN, TXT, ATEEZ, hingga aespa.

Pada 2018, BTS juga menjadi grup idol K-pop pertama yang diwawancarai oleh Grammy Museum. Setelah itu, sejumlah grup lainnya, yaitu GRIEND, SEVENTEEN, dan ATEEZ pun mengikuti.

Baca Juga: 10 Lagu BTS yang Terinspirasi Buku dan Karya Sastra Dunia

5. Merilis Musik pada Jumat Siang

6 Tren dalam Industri K-Pop yang Dipelopori oleh BTS

Foto: YouTube Hybe Labels

Grup K-pop umumnya merilis lagu dan video musik mereka pada pukul 18.00 KST atau pukul 16.00 WIB. Ini demi mendapatkan performa yang bagus di tangga-tangga lagu di Korea.

Namun BTS memilih merilis lagu dan video musik mereka pada Jumat pukul 13.00 KST atau pukul 11.00 WIB. Ini demi mendapat keuntungan di tangga lagu Billboard di Amerika Serikat sesuai periode pelacakan (tracking) data. Sejak saat itu, BLACKPINK dan SuperM juga melakukannya.

Baca Juga: 4 Artis Drama Korea yang Diperlakukan Buruk saat Syuting

6. Video Musik Halloween

6 Tren dalam Industri K-Pop yang Dipelopori oleh BTS

Foto: YouTube BANGTANTV

Pesta Halloween adalah hal yang umum dalam dunia K-pop. SM Entertainment termasuk yang rajin melakukannya sejak dulu dan sangat populer di kalangan pencinta K-pop.
halaman ke-2
Share: