8 Film Marvel dengan Ending Paling Menyedihkan dan Tragis

8 Film Marvel dengan Ending Paling Menyedihkan dan Tragis
Film superhero Marvel biasanya berakhir dengan pahlawan menang melawan penjahat. Tapi, di Marvel Cinematic Universe (MCU), film itu tidak selalu happy ending. (Foto: Insider)
Film superhero biasanya berakhir dengan kemenangan para pahlawan atas para penjahatnya. Ini juga terjadi di film-film Marvel Cinematic Universe (MCU) . Tapi, meski berakhir dengan kemenangan, tidak semua film itu berakhir dengan tawa. Ada berakhir dengan ending menyedihkan.

Sejumlah film MCU berakhir dengan adegan yang membuat hati penontonnya jadi sedih. Karakter kesayangan mereka mungkin memenangkan pertarungan melawan para penjahat. Tapi, mereka harus melakukan pengorbanan besar yang membuat emosi diaduk-aduk.

Ada juga film di mana penjahatnya menang. Para penonton pun harus menahan emosi ketika satu per satu karakter jagoan Marvel mereka harus lenyap tanpa bekas. Apa saja film MCU dengan akhir paling menyedihkan dan tragis? Mengutip Screen Rant, berikut ulasannya!

Baca Juga: Peringkat 10 Karakter Penjahat Marvel Paling Keren di MCU

8. Captain America: The First Avenger

8 Film Marvel dengan Ending Paling Menyedihkan dan Tragis

Foto: Marvel Cinematic Universe Wiki – Fandom

Akhir Captain America: The First Avenger cukup pahit manis. Ini membangun masa depan cerah bagi Captain America sebagai salah satu Avenger. Tapi, semua orang yang pernah dia pedulikan sudah mati. Hidup yang dia tahu dan era di mana dia dibesarkan adalah reliks masa lalu yang terlupakan.

Ketika Nick Fury mengungkapkan kepadanya fakta kalau dia sudah membeku selama hampir seabad, satu-satunya hal yang ada di pikiran Cap adalah kalau dia punya janji kencan. Dia tidak tahu kalau wanita yang dia cintai sampai akhir, Peggy Carter, sudah tua dan sakit-sakitan. Cap bisa memimpin Avengers di abad 21. Tapi, dia meninggalkan cinta hidupnya.

7. Black Panther

8 Film Marvel dengan Ending Paling Menyedihkan dan Tragis

Foto: YouTube

Biasanya, ketika pahlawan mengalahkan penjahat di akhir film komik, itu adalah momen penuh kemenangan dan memuaskan. Tapi, keindahan Black Panther adalah audiens bisa melihat kedua sisi argumen. T’Challa ingin melindungi rakyatnya dan mempertahankan perdamaian di Wakanda. Tapi, Killmonger punya poin bagus tentang efek kolonialisme berkepanjangan.

Killmonger punya motivasi simpatik. Kata-kata terakhirnya adalah dia ingin dikubur di lautan bersama para leluhurnya yang melompat dari kapal karena mereka tahu kematian lebih baik daripada dijajah. Ini membuat kematian Killmonger mematahkan hati.

6. Thor: Ragnarok

8 Film Marvel dengan Ending Paling Menyedihkan dan Tragis

Foto: Marvel Cinematic Universe Wiki – Fandom

Thor akhirnya menjadi pemimpin yang dibutuhkan Asgard di akhir Thor: Ragnarok. Tapi, dia harus mengorbankan planet asalnya untuk melakukannya. Karena Hela menarik kekuatannya dari Asgard, Thor sadar kalau dia harus menghancurkan Asgard demi menghancurkan kakaknya itu.

Thor nyaris kehilangan segalanya di film itu. Dia kehilangan orangtuanya, mata, dan rumahnya. Thor merasa dia tidak lagi punya beban. Tapi, Thor tidak akan pernah menyangka kalau dia akan kehilangan lagi ketika kapal Thanos muncul di hadapannya.

5. Avengers: Endgame

8 Film Marvel dengan Ending Paling Menyedihkan dan Tragis

Foto: Insider

Thanos dan pasukannya akhirnya dikalahkan di perang puputan di klimaks Avengers: Endgame. Tapi, Tony Stark harus melakukan pengorbanan besar demi menghentikan Mad Titan itu. Dia mengucapkan “Akulah Iron Man” di momen kemenangan Avengers. Tapi, setelah itu, Tony mengembuskan napas terakhir.

Sulit untuk tidak menitikkan air mata dalam pemakaman Tony. Setiap superhero yang dikenal penonton hadir di sana. Pepper kemudian melarung reaktor busur mendiang suaminya itu ke danau dengan tulisan dari film aslinya, yaitu bukti kalau Tony Stark punya hati.

4. Captain America: Civil War

8 Film Marvel dengan Ending Paling Menyedihkan dan Tragis

Foto: The Hollywood Reporter

Baron Zemo menjadi salah satu penjahat sukses MCU di Captain America: Civil War. Sebagai balas dendam atas kematian keluarganya, Zemo membuat Pahlawan Terkuat Bumi saling berhadapan satu sama lain. Dengan mengungkapkan rahasia mereka, Zemo bahkan berhasil membuat Tony Stark dan Steve Rogers terlibat pertarungan brutal yang nyaris membuat mereka tewas.

Permusuhan Tony dan Steve masih belum terselesaikan hingga akhir film. Tapi, ada sedikit harapan ketika Steve mengirimkan sebuah paket kepada Tony dengan catatan janjinya akan datang kalau Tony membutuhkannya. Hubungan Tony dan Steve baru membaik di Avengers: Endgame.

3. Guardians of the Galaxy Vol. 2

8 Film Marvel dengan Ending Paling Menyedihkan dan Tragis

Foto: Cinema Blend

Ini adalah film lain Marvel yang berakhir dengan pengorbanan yang membuat hati sedih yang kemudian diikuti dengan pemakaman yang bikin baper. Penggemar selalu terisak ketika Yondu memberikan satu-satunya kostum antariksa kepadanya setelah mereka bertempur melawan Ego. “Dia mungkin bapakmu, Nak, tapi dia bukan ayahmu,” ujar Yondu kepada Peter Quill.

Peter kemudian memberikan eulogi yang menggetarkan hati untuk ayah angkatnya itu. Isinya, dia tidak memaafkan pola asuh buruk Yondu tapi mengakui kalau Yondu selalu melakukan yang terbaik dan menyayanginya seperti kalau Peter adalah anak kandungnya sendiri. Lagu Father and Son dengan tepat menyelesaikan tema film ini. Lagu itu diputar ketika teman-teman lama Ravager Yondu menembakkan warna ke antariksa untuk menghormati kenangannya.

2. Spider-Man: No Way Home

8 Film Marvel dengan Ending Paling Menyedihkan dan Tragis

Foto: Screen Rant

Peter Parker akhirnya berhasil menyelamatkan hari di akhir Spider-Man: No Way Home. Tapi, dia kehilangan semuanya dalam proses itu. Demi menutup retakan di multiverse dan memulangkan Spider-Man lain beserta musuh mereka ke semesta masing-masing, Peter sepakat membiarkan Doctor Strange menghapus dirinya dari ingatan semua orang di bumi.

MJ dan Ned membuat Peter berjanji mengingatkan mereka tentang siapa dia begitu mantra itu diucapkan. Tapi, setelah melihat bekas luka di kepala MJ dan mengingat bahaya yang diakibatkan Spider-Man terhadap dirinya, Peter mengurungkan janjinya. Sekarang, Peter benar-benar sendirian. Dia punya apartemen sendiri, kehilangan teman serta guru, dan dia kembali membasmi kejahatan jalanan sebagai pahlawan ramah lingkungan.

Baca Juga: 10 Karakter Marvel di MCU yang Paling Dibenci Penggemar

1. Avengers: Infinity War

8 Film Marvel dengan Ending Paling Menyedihkan dan Tragis

Foto: YouTube

Ending paling menyedihkan di MCU terjadi dengan cliffhanger di akhir Avengers: Infinity War. Di sepanjang film, Thanos berjanji menjentikkan jari dan melenyapkan separuh kehidupan di semesta begitu dia mendapatkan semua Batu Keabadian. Ini terdengar seperti rencana jahat besar yang harus dihalau Avengers berkali-kali. Audiens pun berharap Avengers akan bisa menghalangi niat Thanos di akhir film ini.

Tapi, Mad Titan itu berhasil. Avengers gagal menghentikannya. Separuh populasi semesta, termasuk sejumlah superhero favorit penggemar pun berubah menjadi debu hanya dalam sekejap mata. Banyak pula peristiwa emosional di film ini dari kematian Loki, Wanda Maximoff yang dipaksa membunuh Vision, sampai “kematian” Peter Parker dalam genggaman tangan Tony Stark.


(alv)
Share: