10 Lagu BTS yang Terinspirasi Buku dan Karya Sastra Dunia

Namun seluruh kebahagiaan tersebut bergantung pada penderitaan abadi seorang anak kecil yang 'dikunci' bertahun-tahun di suatu ruangan gelap dan sempit. Dalam video musik Spring Day juga digambarkan BTSberdiri dengan nuansa musim salju berlatar belakang tulisan Omelas.

Selain cerpen tersebut, lagu ini juga sering dikaitkan dengan tragediKapal MV Sewol pada 16 April 2014 yang menewaskan banyak anak-anak sekolah. Tragedi ini menjadi skandal di Korea karena ketidakbecusan pemerintah dalam menangani kasus tersebut. Siapa pun yang membicarakan kasus ini juga diancam di-blacklist oleh pemerintah saat itu.

BTS membuat lagu ini sebagai bentuk dukungan kepada keluarga yang ditinggalkan ataupun korban. Lagu ini juga dianggap sebagai bentuk kritik terhadap pemerintah karena operasi penyelamatan yang memakan waktu terlalu lama sehingga banyak dari penumpang tidak tertolong.

9. Anpanman - Anpanman (Takashi Yanase)

10 Lagu BTS yang Terinspirasi Buku dan Karya Sastra Dunia

Foto: Amazon

Lagu Anpanman terinspirasi dari buku serial bergambar untuk anak-anak ciptaan kartunis asal Jepang Takashi Yanase. Tak hanya itu, serial ini juga dibuat kartun animasinya dan telah ditayangkan di NTV Jepang sejak 1988. Kartun ini juga populer di Korea pada era 1990-an.

Buku bergambar ini menceritakan tentang manusia roti kacang merah yang merupakan sosok pahlawan terlemah di dunia. Dia tidak punya kekuatan super layaknya superhero lainnya. Tapi, dia suka membantu orang di sekitarnya dengan memberikan roti kacang merah yang diambil dari bagian kepalanya. Roti itu lalu dibagikan kepada orang-orang yang sedang membutuhkan.

Dalam lirik lagunya, BTS menempatkan diri mereka layaknya Anpanman yang merelakan diri mereka untuk membantu para pendengar melewati hari-hari sulit mereka. Bisa dibilang, dengan menjadi seorang idola, mereka merelakan kehidupan pribadinya 'hilang' karena harus 'membantu' penggemarnya.

Selain itu, dalam liriknya BTS jugamenyampaikan pesan bahwa sebagai sesama manusia, kita harus saling mencintai, terlepas dari kekurangan masing-masing. Selain itu, mereka juga berpesan bahwa untuk menjadi pahlawan tak harus harus kuat. Tapi dari kekurangan atau kelemahan yang dimiliki, setiap orang bisa jadi pahlawan bagi sekitarnya.

10. Pied Piper - The Pied Piper of Hamelin (Robert Browning)

10 Lagu BTS yang Terinspirasi Buku dan Karya Sastra Dunia

Foto:Fineart America

Buku ini pertama kali terbit pada 1842, dan menginspirasi lagu Pied Piperyang dirilis pada September 2017. Lagu beraliran slow pop disco ini masuk dalam mini-album kelima BTS, Love Yourself: Her.

Baca Juga: 5 Drama Korea Romantis dengan Kisah Cinta Sulit Ditebak

Lagu ini menggambarkan BTS sebagaiPied Piper, yang mengundang para pendengar untuk melepaskan diri dari kehidupan sehari-hari mereka dengan mendengarkan musik BTS. Saat mengenal BTS dan menjadi ARMY, mereka seolah seperti terkena sihir, layaknya anak-anak dalam buku Pied Piper.

Dongeng Pied Piper of Hamelinberlatar kota Hamelin, Lower Saxony, Jerman, pada abad pertengahan. Karakter utamanya adalah seorang peniup seruling yang mengenakan pakaian warna-warni. Ia ditugaskan menangkap tikus, dengan cara memancing tikus keluar dengan membunyikan seruling ajaibnya.

Tapi sayangnya warga menolak untuk membayar jasanya. Akhirnya sang peniup seruling membalas warga dengan menggunakan kekuatan sihir instrumennya pada anak-anak mereka. Ini membuat anak-anak tersebut pergi layaknya tikus yang terkena triknya.

Fazjri Abdillah
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @rana.warta


(ita)
halaman ke-3
Share: