10 Lagu BTS yang Terinspirasi Buku dan Karya Sastra Dunia

Sea adalah lagu hidden track dalam album Love Yourself: Her yang hanya bisa didengar di album fisiknya saja. Lagu ini mengambil bagian-bagian tulisan dari buku IQ84yang mempertanyakan mana hal nyata dan hal yang imajinasi saja. Secara keseluruhan, lagunya bercerita tentang ambisi dan pertanyaan-pertanyaan tentang kehidupan.

Adapun buku IQ84 berlatar tahun 1984 di Tokyo,mengisahkan seorang perempuan muda bernama Aomame. Saat ia mengikuti saran dari seorang supir taksi misterius, dirinya mulai memerhatikan perbedaan membingungkan pada dunia sekitarnya. Hingga akhirnya dirinya memasuki dan menyadari keberadaan ‘paralel’ yang disebut IQ84. Huruf “Q” pada buku adalah untuk ‘tanda tanya’.

5. Map of The Soul: Persona - Jung’s Map of the Soul: An Introduction (Murray Stein)

10 Lagu BTS yang Terinspirasi Buku dan Karya Sastra Dunia

Foto: Shira Media

Album Map of the Soul: Persona(2019) dan Map of The Soul: 7” (2020) terinspirasi dari teori psikologi yang diperkenalkan olehpsikolog asal Swiss, Carl Gustav Jung. Bahkan judul-judul lagunya pun mengambil dari teori tersebut, yaitu Persona, Ego, dan Shadow.

Buku Jung’s Map of the Soul: An Introductionadalah buku Murray Stein yang membahas pemikiran teori psikologi Carl Jung. Buku ini terbagi jadi sembilan bab, dan saling berkaitan sesuai teori dasar psikologi menurut Jung. Buku ini juga membahas tentang bagian paling penting dalam psikologi analitik.

6. Lie - The Owl Service (Alan Garner)

10 Lagu BTS yang Terinspirasi Buku dan Karya Sastra Dunia

Foto: William Collins

The Owl Service menginspirasi lagu solo Jimin dalam album Wings yang dirilis pada 2016. Dalam video musiknya, tampak beberapa adegan yang menyinggung secara langsung buku yang pertama kali terbit pada 1 Januari 1967 tersebut. Misalnya adanya adegan bulu-bulu burung berwarna putih berjatuhan, yang diartikan sebagai burung hantu.

Buku The Owl Servicesecara garis besar bercerita tentang Alison, Roger (saudara tirinya), ibu, dan ayah tirinya yang sedang berlibur di suatu lembah terpencil yang indah, berlokasi di Wales. Dalam masa liburannya, mereka tinggal di rumah tua warisan mendiang Ayah Alison dengan menyewa Nancy yang pemarah dan putranya Gwyn untuk bekerja selama masa liburan berlangsung.

Singkat cerita, Alison, Gwyn dan Roger, menemukan makan malam dihiasi pola burung hantu bunga di loteng rumah. Saat menemukannya, hal-hal aneh mulai terjadi, seperti muncul kutukan mistis yang telah ada sejak berabad-abad lalu.

7. Serendipity - Le Petit Prince (Antoine de Saint-Exupery)

10 Lagu BTS yang Terinspirasi Buku dan Karya Sastra Dunia

Foto:Reynal & Hitchcock

Buku klasik ini mengisahkan pertemuan tokoh utama, seorang pilot yang jatuh di Gurun Sahara lalu bertemu laki-laki aneh, yang menyebut dirinya pangeran cilik. Laki-laki (pangeran cilik) itu berasal dari luar angkasa.

Dalam percakapan yang dilakukan keduanya, Antoine mengungkapkan pandangannya soal kesalahpahaman yang seringkali terjadi di tengah masyarakat. Ia juga membahas mengenai kebenaran sederhana yang suka dilupakan seiring bertambahnya usia seseorang.

Adapun Serendipity adalah lagu solo Jimin dalam album Love Yourself: Her. Dalam video musiknya, Jimin memerankan pangeran kecil, menyanyikan cintanya untuk sebuah mawar yang mewakili rasa cinta. Lagu ini juga terinspirasi dari puisi Korea The Flowerciptaan penyair Kim Chun Soo yang bercerita tentang pengakuan dari seseorang yang dicintai.

Baca Juga: Playlist Vlog Jung-Kook BTS saat Kemping, Ada Lagu Indonesia

8. Spring Day - The Ones who Walk Away from Omela (Ursula K. Le Guin)

10 Lagu BTS yang Terinspirasi Buku dan Karya Sastra Dunia

Foto:Harper Perennial

Lagu klasik BTS ini terinspirasi cerpenThe Ones Who Walk Away From Omelas, yangbercerita tentang suatu tempat bernama Omelas. Di sana, digambarkan seluruh rakyatnya hidup bahagia, sejahtera, dan rukun sekalipun tidak ada aturan ataupun hukum yang berlaku di sana.
halaman ke-2
Share: