9 Anime Panjang Ini Layak Ditonton karena Ending-nya Oke

9 Anime Panjang Ini Layak Ditonton karena Ending-nya Oke
Anime panjang itu menyakitkan untuk ditonton. Ini terutama bagi yang tidak suka plot yang berlarut-larut. Tapi, ending-nya membuat anime ini layak ditonton. (Foto: Narutopedia)
Anime dengan episode atau season panjang bisa menantang untuk ditonton. Anime ini bahkan akan memberikan pengalaman yang menyakitkan bagi mereka yang benci plot berlarut-larut. Bagi orang-orang seperti ini, anime panjang ini sepertinya “harus selesai beberapa tahun lalu” tanpa mempertimbangkan niat penulisnya.

Tapi, ada sejumlah serial anime panjang yang tahan ujian dan masih sangat direkomendasikan sampai hari ini. Anime-anime ini punya lebih dari 50 episode dan punya beberapa season dalam beberapa tahun. Tapi, serial-serial ini punya ending bagus yang membuat penggemar puas dengan perjalanan karakternya.

Karena panjangnya episode, serial anime ini pun mampu memberikan rasa lega bagi penonton dengan karakter utamanya mewujudkan keinginannya. Setiap episode menambah perkembangan karakter sekaligus menambah konklusi akhir ceritanya. Sejumlah anime panjang ini termasuk anime terbaik sepanjang masa. Apa saja anime panjang yang layak ditonton karena ending-nya? Mengutip CBR, berikut ulasannya!

Baca Juga: 8 Anime dengan Karakter Tidak Berani Menyatakan Cinta, Bikin Geregetan!

9. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

9 Anime Panjang Ini Layak Ditonton karena Ending-nya Oke

Foto: ComicBook.com

Mau itu versi 2003 atau Brotherhood, Fullmetal Alchemist adalah serial yang harus ditonton semua penggemar anime. Berjalan sepanjang 64 episode, serial ini adalah fantasi sejarah yang berfokus pada dua bersaudara, yaitu Edward dan Alphone Elric. Ketika berusaha menghidupkan kembali ibu mereka yang sudah meninggal, Edward malah kehilangan tangan dan kakinya, sementara Alphonse kehilangan tubuhnya.

Bertekad mengembalikan tubuh mereka, kedua cowok ini pergi mencari batu bertuah. Batu itu adalah benda mistis yang bisa mewujudkan keinginan mereka. Anime ini memperlihatkan tema yang lebih gelap dan lebih politis, yang menguji ketahanan Edward dan Alphonse hingga konklusi akhirnya. Ending serial ini akan menghangatkan penontonnya.

8. Cardcaptor Sakura

9 Anime Panjang Ini Layak Ditonton karena Ending-nya Oke

Foto: Anime Tide

Sejak akhir 90-an, Cardcaptor Sakura telah mempesona ribuan penggemar gadis ajaib. Dengan beragam kostum imut, dia berkeliling kota utuk mengumpulkan kartu ajaib misterius. Serial ini berpusat pada Sakura Kinomoto. Dia menjalani hidup dengan senyuman hangat dan antusiasme tanpa batas.

Penggemar akan melihatnya tumbuh sebagai gadis ajaib dan orang di saat dia belajar lebih tentang tumbuh dewasa serta kecakapan sihirnya. Sakura mendapatkan dukungan dari teman dan keluarga. Jalinan asmara yang pelan-pelan berkembang antara dia dan Syaoran Li juga menghangatkan. Perpisahan mereka memang getir di episode terakhir. Perpisahan itu membuat penggemarnya mewek berjamaah.

7. Naruto

9 Anime Panjang Ini Layak Ditonton karena Ending-nya Oke

Foto: OtaQuest

Singkirkan episode filler-nya, maka Naruto masih punya banyak cerita untuk diikuti. Penggemar akan menyaksikan protagonisnya, Naruto Uzumaki, berkembang dari anak iseng tidak dewasa hingga menjadi pahlawan yang rela berkorban. Sampai saat ini, serial ini masih terus dibahas meski sudah selesai.

Tidak hanya itu, perjalanan Naruto menjadi Hokage punya dampak terhadap semua orang yang dia temui. Naruto punya kebiasaan menginspirasi teman-temannya, warga, dan bahkan ninja lain untuk mengadopsi cara berpikirnya yang sangat positif. Dia debut sebagai berandalan menyebalkan dengan mulut cerdas. Tapi, perkembangan karakternya yang pelan-pelan membuat orang ingin bersorak untuknya.

6. Ojamajo Doremi

9 Anime Panjang Ini Layak Ditonton karena Ending-nya Oke

Foto: OtaQuest

Berjalan sepanjang lebih dari 200 episode, Ojamajo Doremi adalah anime 1990-an yang hanya dikenal pecinta berat gadis ajaib. Anime ini punya 4 season, 3 film, 2 serial OVA, dan satu film spin-off. Jadi, ada banyak yang bisa ditonton. Serial ini berkisah tentang lima anak SD yang belajar menjadi anak magang penyihir. Mereka belajar tentang dunia sihir di luar dunia manusia sementara juga berjuang dengan kehidupan pribadi.

Ojamajo Doremi berbeda dari sebagian besar anime gadis ajaib era itu. Serial ini tidak takut menyentuh topik lebih berat seperti bunuh diri, praduga rasial, perceraian, dan bahkan kehilangan. Para cewek ini jadi lebih dekat ketika kemampuan sihir mereka menguat. Penggemar akan menemukan diri mereka jadi lengket ke serial ini. Ending anime ini adalah sebuah pukulan tapi mencerminkan realitas sedih perjalanan maju.

5. Yu Yu Hakusho

9 Anime Panjang Ini Layak Ditonton karena Ending-nya Oke

Foto: SuperHeroHype

Anime ini tamat hanya tiga tahun sebelum Tiga Besar—One Piece, Naruto, Bleach—tayang di televisi. Anime ini menunjukkan lebih dari action mendebarkan bagi setiap penggemar shounen tarung selama empat tahun. Busur cerita akhir serial ini berbeda dari manga-nya.

Meski begitu, karier Yusuke Urameshi sebagai Detektif Roh membawanya ke konklusi yang pas. Dia belajar banyak tentang dirinya dan dunia di sekitarnya. Dia juga membangun banyak hubungan berarti. Dia menyadari apa yang paling penting baginya dan ingin bergerak maju setelah meninggalkan masa tawuran.

4. Nana

9 Anime Panjang Ini Layak Ditonton karena Ending-nya Oke

Foto: Where Does The Anime Leave Off?
halaman ke-1
Share: