Makna di Balik Lomba-Lomba 17-an

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 15:00 WIB
loading...
Makna di Balik Lomba-Lomba 17-an
Para penyandang tunanetra ikut bergembira mengikuti lomba panjat pinang. Foto/Oris, Okezone
A A A
JAKARTA - Hari kemerdekaan Indonesia atau 17-an tidak lengkap tanpa adanya berbagai perlombaan seru, dari mulai makan kerupuk hingga tarik tambang.

Lomba-lomba tersebut sudah ada sejak lama, bahkan ada yang sudah dilakukan sejak zaman penjajahan Belanda di Indonesia. Dari lomba-lomba tersebut, bisa juga ditarik maknanya untuk kita ingat sebagai panduan dalam menjalani hidup. Berikut makna beberapa lomba di Indonesia.


1. Lomba Makan Kerupuk

Makna di Balik Lomba-Lomba 17-an

Foto:Jamaludin Yusup/Pexels

Pada masa penjajahan, masyarakat Indonesia hanya mampu menyediakan nasi dan kerupuk sebagai menu makanan pokok mereka, karena harganya yang terjangkau. Nah sampai sekarang kerupuk masih tetap eksis di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan selalu ada dalam perlombaan 17-an.

2. Lomba Balap Karung

Makna di Balik Lomba-Lomba 17-an

Foto: iNews

Lomba ini sebagai simbol bahwa pada masa penjajahan, masyarakat Indonesia tidak mampu membeli pakaian, sehingga menggunakan karung sebagai penggantinya. Maka dari itu selain untuk mengingat masyarakat Indonesia pada waktu itu, sekaligus melatih kerja keras, kegigihan, dan sportivitas.

Baca Juga: 5 Pahlawan Perempuan Indonesia yang Jarang Diketahui

3. Lomba Tarik Tambang

Makna di Balik Lomba-Lomba 17-an

Foto: iNews

Lomba tarik tambang dimainkan oleh dua tim yang saling berhadapan. Kedua tim akan saling tarik menarik satu tali tambang. Karena membutuhkan kekuatan dan kerja sama tim, lomba ini menjadi simbol persatuan dan kekuatan bersama masyarakat Indonesia yang dulunya melawan penjajah.

4. Lomba Bakiak

Makna di Balik Lomba-Lomba 17-an

Foto: SINDOnews

Lomba ini membutuhkan tim yang berjalan cepat seirama, dengan menggunakan sandal bakiak berukuran panjang. Pada masa penjajahan, sandal bakiak sangat populer saat ekonomi sedang sulit. Selain itu dalam lomba ini juga mengingatkan kita mengenai gotong-royong masyarkat Indonesia untuk mencapai kemerdekaan.

Baca Juga: 5 Drama Korea Bertema Hacker, Seru untuk Tontonan Akhir Pekan

5. Lomba Panjat Pinang

Makna di Balik Lomba-Lomba 17-an

Foto: Muhammad Rifqi/Pexels

Lomba panjat pinang adalah perlombaan yang dilakukan dengan memanjat pohon pinang yang sudah diberi cairan pelicin, untuk memperebutkan barang-barang yang digantungkan di atasnya. Lomba ini sudah ada sebelum kemerdekaan Indonesia, yang diadakan oleh orang Belanda jika sedang mengadakan acara besar untuk masyarakat Indonesia. Selain itu, ada nilai-nilai yang dapat kita teladani dari lomba ini, yaitu kerja sama, semangat, dan pantang menyerah untuk meraih sesuatu.

GenSINDO
Andini Putri Nurazizah
Politeknik Negeri Jakarta
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1692 seconds (0.1#10.140)