7 Anime Terbaik Tentang Orangtua Tunggal yang Menggetarkan Jiwa

7 Anime Terbaik Tentang Orangtua Tunggal yang Menggetarkan Jiwa
Ada sejumlah anime bagus yang mengangkat tema menyentuh, yaitu orangtua tunggal yang berusaha membesarkan anaknya sendirian. Kisahnya bisa menggetarkan jiwa. (Foto: The Review Heap)
Anime sering kali mengangkat tema yang menyentuh hati seperti parenting atau membesarkan anak. Membesarkan anak bukanlah perkara sepele. Ada keluarga yang, karena suatu kondisi tertentu atau lainnya, bergantung pada satu orangtua atau wali untuk menjaga semuanya bersama. Keluarga orangtua tunggal ada di banyak media.

Contoh paling nyata adalah film Disney. Banyak film Disney yang menampilkan karakter utama seorang anak yang dibesarkan orangtua tunggal. Anime pun tidak jauh berbeda. Ada sejumlah anime, mau film atau serial, yang mengangkat topik orangtua tunggal ini.

Di anime, kisah keluarga dengan orangtua tunggal ini ada di hampir semua genre. Dari komedi, slice-of-life, fantasi, bahkan shounen sekalipun, kisah yang ditampilkan sering kali menggetar jiwa. Ada yang memicu emosi, bikin tertawa, atau menjadi renungan dalam hidup. Apa saja anime yang menceritakan tentang orangtua tunggal? Mengutip GameRant, berikut ulasannya!

Baca Juga: 10 Penjahat Terbaik Manga Ini Sangat Dinantikan Fan Anime

7. Kakushigoto

7 Anime Terbaik Tentang Orangtua Tunggal yang Menggetarkan Jiwa

Foto: Anime Trending

Jepang memang suka permainan kata-kata. Judul anime ini adalah rujukan pada protagonisnya, Kakushi Gotou dan pekerjaan menggambar (kaku shigoto) yang dijalaninya. Setelah istrinya menghilang di kecelakaan pantai, Kakushi menghidupi dirinya dan putrinya, Hime, yang berusia 10 tahun dengan menjalankan perusahaan manga, G-Pro. Dia memproduksi manga porno di perusahaan itu.

Ini bukanlah sesuatu yang dia banggakan. Dia takut kalau Hime akan membencinya kalau sampai tahu. Dia bahkan berusaha keras untuk merahasiakan produk perusahannya itu dari Hime. Anime ini diangkat dari manga karya Kouji Kumeta dan berjalan sepanjang 12 episode.

6. Beelzebub

7 Anime Terbaik Tentang Orangtua Tunggal yang Menggetarkan Jiwa

Foto: Pinterest

Ini adalah anime tentang seorang cowok dengan bayi. Sepintas, anime ini seperti drama keluarga biasa. Seorang siswa SMA bernama Tatsumi Oga mengadopsi bayi cowok yang terlantar. Dia kemudian berusaha membesarkannya sementara masih harus sekolah. Perbedaannya adalah, bayi itu, Beel, adalah anak raja iblis.

Adopsi itu juga disegel lewat tanda kutukan di tangan kanan Tatsumi. Itu memberikan kekuatan kepada Tatsumi untuk melindungi bayi itu dari ancaman lain. Tapi, itu juga menarik Tatsumi ke sisi gelap setiap kali dia menggunakannya.

5. If It’s for My Daughter, I’d Even Defeat a Demon Lord

7 Anime Terbaik Tentang Orangtua Tunggal yang Menggetarkan Jiwa

Foto: Anime Planet

Judulnya sudah memperlihatkan apa ceritanya. Yang mengejutkan, anime ini adalah cerita fantasi biasa, bukan isekali. Diangkat dari novel ringan karya Chirolu, cerita ini mengikuti kisah seorang petualang bernama Dale. Karena masih muda, dia mengembangkan reputasi sebagai penyembelih iblis dan makhluk lain.

Suatu hari, dia menemukan gadis iblis bernama Latina yang nyaris mati karena kelaparan di hutan. Tidak bisa meninggalkan gadis kecil itu, dia mengadopsinya sebagai anaknya sendiri. Dia menyembunyikan tanduknya dengan pita. Sejak saat itu, Latina melakukan yang terbaik untuk mengadaptasi hidup di antara manusia. Dia membuat teman sementara menghadapi diskriminasi.

4. Somali and the Forest Spirit

7 Anime Terbaik Tentang Orangtua Tunggal yang Menggetarkan Jiwa

Foto: Anime Geek

Somali and the Forest Spirit adalah kebalikan If It’s for My Daughter, I’d Even Defeat a Demon Lord. Di serial ini, rohlah yang mengadopsi anak manusia. Di serial ini, dunia dikuasai jembalang, monster, oni, dan makhluk lain dari dongeng. Sementara, manusia berada di tepi kepunahan di dasar rantai makanan.

Di dunia itu, Golem, roh hutan, menemukan anak manusia yang ditelantarkan bernama Somali. Golem tidak bisa membiarkan gadis kecil itu tanpa perlindungan. Tapi, waktu hidupnya hanya tinggal satu tahun. Jadi, dia memasangi tanduk palsu di kepala Somali untuk menyamarkannya sebagai iblis dan mencari manusia lain untuk membesarkannya sebelum dia mati. Selama perjalanan itu, keduanya jadi terikat.

3. Sweetness and Lightning

7 Anime Terbaik Tentang Orangtua Tunggal yang Menggetarkan Jiwa

Foto: Manga Tokyo

Kalau fantasi terlalu sedikit di luar sana, Sweetness and Lightning seharusnya membawa penonton kembali ke bumi. Seperti Kakushigoto, anime ini adalah tentang seorang ayah tunggal yang membesarkan putrinya setelah istrinya meninggal dunia. Ayah itu, Kouhei Inuzuka, adalah seorang guru biasa yang penghasilannya cukup untuk menghidupi putrinya, Tsumugi.

Masalahnya adalah Kouhei sangat bergantung pada makanan siap saji untuk anaknya. Tapi, setelah melihat betapa bahagianya Tsumugi saat makan makanan yang dimasak di rumah, Kouhei belajar memasak dari Kotori, putri celebrity chef Megumi Iida. Hasilnya, dia jadi lebih dekat dengan Tsumugi. Gadis kecil itu juga jadi mendapatkan “kakak” pada diri Kotori. Sementara. Kotori mendapatkan sosok pengganti orangtua karena orangtuanya sangat sibuk.

2. Bunny Drop

7 Anime Terbaik Tentang Orangtua Tunggal yang Menggetarkan Jiwa

Foto: Otakukart
halaman ke-1
Share: