Pertama Kali, Robot Perempuan Jadi Pemeran Utama dalam Film Fiksi Ilmiah

Jum'at, 26 Juni 2020 - 09:32 WIB
loading...
Pertama Kali, Robot Perempuan Jadi Pemeran Utama dalam Film Fiksi Ilmiah
Erica jadi robot AI pertama yang didaulat sebagai pemeran utama dalam film. Foto/Gabriel Bouys, AFP
A A A
JAKARTA - Yang kita lihat dalam film fiksi ilmiah thriller "Ex Machina" segera bisa kita lihat dalam film bertajuk "b".

Dalam "Ex Machina", aktris Alicia Vikander memerankan Ava, robot AI yang ingin menjadi manusia seutuhnya dengan cara memanipulasi orang-orang yang dekat dengannya.

Pertama Kali, Robot Perempuan Jadi Pemeran Utama dalam Film Fiksi Ilmiah

Film "Ex Machina". Foto: Universal Pictures/A24

Nah, dalam film "b", gak akan ada aktris pemeran utama. Yang ada adalah robot AI pemeran utama bernama Erica.

Mengutip dari The Hollywood Reporter, Erica adalah robot ciptaan ilmuwan Jepang Hiroshi Ishiguro dan Kohei Ogawa, sebagai bagian dari studi robotik mereka.

"b" akan dibuat dengan biaya produksi USD70 juta atau sekitar Rp99,8 miliar. Investornya adalah Bondit Capital Media yang memproduksi film animasi nomine Piala Oscar "Loving Vincent"; rumah produksi Belgia, Happy Moon Productions; dan rumah produksi di New York, Ten Ten Global Media.

Film "b" akan bercerita tentang seorang ilmuwan yang menyadari ada bahaya dalam program penyempurnaan DNA manusia yang diciptakannya. Sang ilmuwan lalu mencoba menyelamatkan Erica - robot perempuan yang diciptakannya - untuk kabur.

Cerita "b" dibuat oleh supervisi efek visual Eric Pham, Tarek Zohdy, dan Sam Khoze, yang juga ikut memproduksi lewat Life Entertainment.

Sebagai persiapan membintangi film, Erica dilatih dasar-dasar berakting oleh Hiroshi dan Kohei.

Pertama Kali, Robot Perempuan Jadi Pemeran Utama dalam Film Fiksi Ilmiah

Erica. Foto:Life Productions Inc.

"Dalam metode akting, pemain akan menggunakan pengalaman hidupnya saat berakting, tapi Erica tidak punya pengalaman hidup," ujar Sam Khoze.

"Jadi kami harus membuat simulasi untuk gerakan dan emosinya lewat sesi one-on-one, seperti mengontrol kecepatan gerakannya, berbicara dengan emosi, dan mengajari pengembangan karakter dan bahasa tubuh," imbuhnya.

Tadinya, Erica disiapkan untuk membintangi film lain yang bakal disutradarai Tony Kaye ("American History X"), tapi produsernya susah mencari jadwal yang pas dengan Kaye.

Sampai saat ini, belum ada informasi soal sutradara dan pemain pendukung untuk "b". Namun beberapa scene Erica disebut udah dibuat di Jepang pada 2019.

Film "b" rencananya bakal syuting di Eropa pada Juni 2021. Penasaran ya, kayak apa kalo robot AI main film. Apakah Erica bakal seluwes Alicia Vikander?
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2787 seconds (0.1#10.140)