5 Kuliner Mancanegara yang Diberi Nama Bukan dari Daerah Asalnya

Kamis, 25 Juni 2020 - 14:02 WIB
loading...
5 Kuliner Mancanegara yang Diberi Nama Bukan dari Daerah Asalnya
Makanan kadang bisa menipu karena diberi nama yang justru bukan dari negara asalnya. Foto/Pixabay
A A A
JAKARTA - Biasanya pemberian nama sebuah makanan mengambil dari nama daerah atau tampilannya. Misalnya mi aceh yang asalnya dari Aceh atau soto banjar yang juga dari Banjar, Kalimantan Selatan.

Namun, ada juga kuliner yang malah diberi nama daerah lain, bukan dari asalnya. Penasaran? Cek, yuk!

1. ENGLISH MUFFINS

5 Kuliner Mancanegara yang Diberi Nama Bukan dari Daerah Asalnya

Foto:Jen/Flickr

Dari namanya, mungkin kamu berpikir bahwa english muffin berasal dari Inggris dan berbentuk muffin. Walaupun english muffin diciptakan oleh orang Inggris, tapi Samuel Bath Thomas membuatnya di New York, Amerika Serikat. Bahkan di Inggris, muffin ini dikenal dengan nama american muffin. Nah, Loh!

English muffin juga bukan muffin berbentuk cup cake, tapi roti berbentuk bundar dan pipih. English muffin adalah variasi crumpet. English muffin terbuat dari tepung terigu, gula, ragi, mentega, dan susu.

Adonan english muffin dimasak di atas wajan dalam cetakan cincin sampai berwarna cokelat di bagian bawah dan penuh dengan lubang kecil di bagian atas.

2. TURKISH RICE

5 Kuliner Mancanegara yang Diberi Nama Bukan dari Daerah Asalnya

Foto:Sophie Idsinga/Flickr

Melansir dari matcha-jp.com, turkish rice (toruko rice) adalah kuliner asli Nagasaki, Jepang. Hidangan ini bervolume cukup besar dengan napolitan, pilaf, dan tonkatsu dalam satu piring. Terkadang, tonkatsu-nya dilumuri saus demi-glace atau kare.

Ada banyak perkiraan tentang asal-usul kuliner ini. Misalnya, dugaan bahwa ada restoran Turki di Nagasaki yang menjual menu seperti turkish rice. Selain itu, masakan ini terdiri dari napolitan khas negara Barat, pilaf khas China, dan tonkatsu khas Jepang dalam satu hidangan. Hal ini yang bikin makanan ini dinamai dengan nama negara yang membentang di wilayah negara Barat dan Timur, yaitu Turki.

3. FRENCH DIP SANDWICHES

5 Kuliner Mancanegara yang Diberi Nama Bukan dari Daerah Asalnya

Foto: Pixta

Melansir dari britanica.com, french dip sandwich berawal dari orang Prancis, Philippe Mathieu, yang punya toko sandwich bernama "Philippe the Original" di Los Angeles, Amerika Serikat. Philippe secara gak sengaja menjatuhkan sepotong roti Prancis ke dalam wajan yang berisi jus daging yang biasa digunakan dalam sandwich.

French dip sandwich berisi daging iga sapi panggang atau irisan tipis tenderloin, ditambah keju swiss dan lada hitam, serta diapit di antara dua potong roti prancis.

4. SICILIAN RICE

5 Kuliner Mancanegara yang Diberi Nama Bukan dari Daerah Asalnya

Foto:Saga Prefectural Tourism Federation

Melansir dari matcha-jp.com, sicilian rice adalah kuliner asli Saga, Jepang. Warna-warni cerah dari sayuran segar dan mayones, dilengkapi dengan daging sapi tumis yang memenuhi permukaan nasi putih adalah ciri khas dari sicilian rice.

Masakan ini pertama kali dibuat pada 1975 sebagai jatah makan karyawan restoran, hingga pada akhirnya masuk ke daftar menu kafe. Gak diketahui secara pasti asal-usul pemberian nama sicilian rice ini. Ada teori yang mengatakan bahwa tampilan sicilian rice yang dihiasi warna merah, hijau, dan putih mirip dengan bendera Italia, dan masih banyak teori lainnya.

5. GERMAN CHOCOLATE CAKE
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1004 seconds (0.1#10.140)