10 Karakter Penjahat Anime dengan Dasar Paling Klise

10 Karakter Penjahat Anime dengan Dasar Paling Klise
Tidak semua karakter penjahat anime itu menarik dan orisinal. Ada sejumlah penjahat klise yang tidak memberikan sesuatu yang baru untuk ditawarkan kepada fan. Salah satunya adalah Akaza. (Foto: Akiba Gamers)
Karakter penjahat anime adalah bagian dari karakter yang menarik dan mudah diingat. Karakter penjahat ini punya banyak karakteristik menarik dari berkarisma, cerdas, motivasi yang sebenarya mulia, atau punya kekuatan yang sulit ditandingi para jagoannya. Tapi, ada juga sejumlah penjahat yang biasa-biasa saja.

Para karakter penjahat anime ini tidak terlalu orisinal. Mereka juga cenderung terlupakan dan klise dalam desain mereka. Mereka bukanlah penjahat yang terburuk atau paling lemah. Beberapa di antara mereka bahkan cukup populer.

Karakter penjahat anime ini persis apa yang ditampilkan penjahat yang biasa-biasa saja. Artinya, mereka tidak membuka pemandangan baru sebagai penjahat. Para penjahat anime klise ini terlalu dekat pada formula penjahat pada umumnya. Siapa saja karakter penjahat anime dengan latar paling klise? Mengutip CBR, berikut ulasannya!

Baca Juga: 10 Karakter Kakak atau Adik Cewek Anime Terburuk Sepanjang Masa

10. Akaza — Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba
10 Karakter Penjahat Anime dengan Dasar Paling Klise

Foto: Kimetsu no Yaiba Wiki – Fandom

Sejumlah klise penjahat anime paling biasa teramsuk sikap seperti “Aku ingin melawan yang terkuat” atau “Lihatlah aku, aku brutal banget”. Iblis 12 Kizuki, Akaza, masuk kedua kategori itu. Jujur, karakternya mungkin akan lebih mendalam di episode ke depan Kimetsu no Yaiba. Tapi, sejauh ini, dia hanya karakter klise.

Akaza adalah penjahat anime kuat yang punya ide kalau waktu yang baik adalah melawan pahlawan terkuat untuk menguji kemampuannya sendiri. Baginya, bertarung adalah segalanya, tapi terlalu banyak penjahat yang juga mengikuti jalan ini. Itu membuat Akaza agak dangkal, meskipun dia punya kekuatan untuk membunuh Kyojuro Rengoku.

9. Muscular — My Hero Academia
10 Karakter Penjahat Anime dengan Dasar Paling Klise

Foto: ComicBook.com

Muscular adalah anggota Liga Penjahat. Tapi, dia juga masuk klub “penjahat anime yang hanya suka bertarung”, bersama Akaza. Muscular, menurut pengakuannya sendiri, suka kekerasan dan membunuh. Dia sangat senang menginjak-injak Pro Pahlawan sampai menjadi bubur.

Itu membuatnya menjadi ancaman yang tangguh. Tapi, dia bukan ancaman yang menarik atau orisinal dengan cara apa pun. Muscular hanyalah bos berorientasi jarak dekat yang harus dikalahkan para pahlawan — dalam hal ini, Izuku Midoriya.

8. Nnoitora Gilga — Bleach
10 Karakter Penjahat Anime dengan Dasar Paling Klise

Foto: CBR

Penjahat terhormat Grimmjow Jaegerjaques diperkenalkan sebagai seorang prajurit yang ingin membuktikan dirinya sebagai yang terkuat di medan laga. Ini agak menarik meski klise. Tapi, kemudian, temannya, Nnoitora Gilga, muncul.

Sikap dan tujuan Nnoitora nyaris sama dengan Grimmjow. Tapi, dia tidak punya penghormatan atau simpati sama sekali. Nnoitora suka bertarung dan tidak ada lagi lainnya. Dia hanya akan membiarkan dirinya mati sementara melawan musuh yang lebih kuat.

7. Dio Brando — JoJo's Bizarre Adventure
10 Karakter Penjahat Anime dengan Dasar Paling Klise

Foto: ComicBook.com

Dio Brando adalah contoh betapa penjahat umum dan klise bisa mengasyikkan dan gampang diingat. Ini menunjukkan kreativitas pencipta serial ini, Hirohiko Araki. Tapi, tidak bisa dibantah kalau Dio Brando adalah penjahat yang benar-benar biasa di anime.

Dio, seperti penjahat sebelum dan setelah dia, bermimpi menguasai dunia dan mendapatkan kekuatan pamungkas. Selain itu, dia juga ingin hidup abadi. Tujuan kejahatannya sangat mendasar. Jadi, untungnya, Jotaro membunuhnya dan memberikan ruang bagi penjahat yang lebih menarik, Kira Yoshikage.

6. Ayah — Fullmetal Alchemist: Brotherhood
10 Karakter Penjahat Anime dengan Dasar Paling Klise

Foto: Fullmetal Alchemist Wiki – Fandom

Anime ini penuh dengan penjahat yang kreatif dan mengagumkan seperti Wrath, Greed, dan Pride. Tapi, serial ini punya salah satu penjahat paling dasar dan klise, Ayah. Dia adalah penjahat khas yang tidak menawarkan sesuatu yang baru.

Dulunya, Ayah adalah homunculus kecil. Tapi, dia kemudian punya kekuatan besar dan ingin menjadi Tuhan baru dengan kekuatan lingkaran transmutasi sebesar negara dan jutaan tumbal manusia. Dia juga tidak punya tujuan atau ketertarikan nyata di luar itu.

5. Gato — Naruto
10 Karakter Penjahat Anime dengan Dasar Paling Klise

Foto: Narutopedia

Serial ini punya banyak penjahat keren seperti Kimimaro, Pain, dan Obito Uchiha yang tobat. Tapi, serial ini juga punya penjahat klise yang umum dan gampang terlupakan, seperti Gato. Dia muncul di awal cerita sebagai klien Zabuza.

Gato adalah penjahat pengusaha yang curang dan kejam. Dia cinta uang lebih dari segalanya. Ini membuatnya menyiksa Nami no Kuni dengan sepasukan penjahat bayaran. Setelah Madara, Orochimaru, dan Kisame, Gato terlihat konyol dan biasa saja.

4. Raja Iblis — Seven Deadly Sins
10 Karakter Penjahat Anime dengan Dasar Paling Klise

Foto: Nanatsu no Taizai Wiki – Fandom

Banyak serial anime fantasi yang menampilkan raja iblis hingga ke titik nyaris terasa seperti lelucon yang terus berjalan. Raja Iblis di serial ini bukanlah lelucon murahan. Tapi, dia masih terasa klise, terutama setelah konsep raja iblis digunakan atau disatirkan berkali-kali.

Raja Iblis itu adalah ayah Meliodas dan Zeldris. Dia adalah penguasa Klan Iblis dan prajurit penghancur raksasa. Dia agak sedikit lebih dari itu. Dia juga kejam dan arogan.

3. Jiemma Orland — Fairy Tail
10 Karakter Penjahat Anime dengan Dasar Paling Klise

Foto: Daily Anime Art

Bisa dikatakan kalau sebagian besar karakter di anime ini cukup klise atau tidak orisinal. Tapi, pengecualian ada pada Erza Scarlet. Sebagain besar penjahat di anime ini umum dan gampang terlupakan. Ini termasuk Jiemma Orland, yang pernah mengoperasikan serikat penyihir Sabertooth yang brutal.

Jiemma adalah penyihir jahat yang hanya peduli pada kekuasaan dan wewenang. Dia dengan cepat menghina dan menghukum yang lemah. Dia tidak punya ketertarikan lain atau sifat karakter untuk membuatnya menonjol. Pada satu titik, dia bahkan menjadi iblis untuk mencocokkan kepribadian anehnya. Tapi, itu tidak membuatnya kurang klise.

2. Azami Nakiri — Shokugeki no Soma
10 Karakter Penjahat Anime dengan Dasar Paling Klise

Foto: YouTube

Tidak semua penjahat di anime itu berbentuk iblis atau vampir. Sejumlah penjahat anime adalah makhluk fana, manusia biasa yang berusaha berkuasa dengan mengorbankan orang lain. Ini termasuk chef kasar yang ambisius, Azami Nakiri, ayah Erina Nakiri. Dia punya rencana besar bagi dunia kuliner Jepang.

Azami adalah penjahat pengusaha dengan pakaian rapi yang akan menggunakan cara apa pun untuk mewujudkan keinginannya. Klise dominasi dunianya terasa basi bahkan dalam konteks pertarungan memasak. Azami punya busur cerita yang relatif menarik untuk seorang penjahat klise. Tapi, meski begitu, dia sama sekali tidak istimewa.

Baca Juga: 6 Karakter Anime Pengguna Api Biru yang Paling Kuat

1. Raja Iblis Clayman — That Time I Got Reincarnated as a Slime
10 Karakter Penjahat Anime dengan Dasar Paling Klise

Foto: Anime Corner

That Time I Got Reincarnated as a Slime adalah serial anime isekai yang asyik dan masih berjalan. Tapi, itu tidak menghentikan Raja Iblis jahat Clayman menjadi peleburan klise anime konyol. Untungnya, Rimuru Tempest melakukan yang terbaik dengan membunuhnya di akhir season 2.

Clayman melakukan semuanya. Dia memanipulasi orang lain sebagai dalang, punya kastil menakutkan sebagai rumah, berbicara dengan nada dramatis, sangat arogan dan sombong, menyiksa orang, berbohong, menipu, dan lain-lain. Dia berusaha menghancurkan kerajaan Rimuru dengan pasukannya. Tapi, pada akhirnya, Clayman berubah menjadi debu.


(alv)
Share: