5 Drama Korea dengan Kisah Cinta antara Korea Selatan dan Korea Utara

Selasa, 14 Juni 2022 - 12:20 WIB
loading...
5 Drama Korea dengan Kisah Cinta antara Korea Selatan dan Korea Utara
Drama Korea dengan kisah cinta antara Korea Selatan dan Korea Utara bisa ditonton dalam Crash Landing on You. Foto/tvN
A A A
JAKARTA - Drama Korea dengan kisah cinta antara Korea Selatan dan Korea Utara bisa dibilang mirip kisah Romeo dan Juliet mengingat latar belakang hubungan politik kedua negara.

Sebagai negara yang bertetangga, hubungan Korea Selatan dan Korea Utara tak pernah benar-benar akur sejak Perang Korea pada 1950. Dengan dukungan negara adidaya Amerika Serikat di sisi Korea Selatan dan China sebagai sekutu Korea Utara, konflik sangat mudah tersulut jika salah satu pihak mengambil langkah sensitif yang bisa dianggap sebagai ancaman bagi pihak lainnya.

Inilah salah satu alasan para pria dewasa di Korea Selatan harus melakukan wajib militer atas nama menjaga keamanan negara. Saking tegangnya hubungan kedua negara, apa pun yang berasal dari Korea Selatan, termasuk musik dan film serta serialnya dilarang ditonton di Korea Utara.

Dengan latar belakang hubungan politik yang seperti itu, penonton pun jadi tertarik saat ada drama Korea romantis yang memotret hubungan percintaan antara karakter dari Korea Selatan dengan Korea Utara. Nah, berikut ini lima di antaranya.

1. Crash Landing on You (2019-2020)

5 Drama Korea dengan Kisah Cinta antara Korea Selatan dan Korea Utara

Foto: tvN

Crash Landing on You adalah drama Korea paling terkenal dengan tema cinta Korea Selatan-Korea Utara. Ratingnya sampai tembus lebih dari 20%, juga populer di luar Korea.

Drama ini bercerita tentang pengusaha produk kecantikan Yoon se-ri (Son Ye-jin) yang nyasar ke wilayah Korea Utara saat melakukan paragliding. Ia lalu diselamatkan oleh tentara Korea Utara Kapten Ri Jeong-hyeok (Hyun Bin).

Bagai Romeo dan Juliet, mereka harus sembunyi-sembunyi saat menjalin kasih, hingga akhirnya harus berpisah dalam sebuah adegan dramatis di perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara, yang dikenal dengan The 38th Parallel North. Meski begitu, drama ini tetap berakhir bahagia.

Menurut penulis skenario serial ini, yaitu Park Ji-eun, ia membuat ceritanya berdasarkan cerita dari para pembelot dari Korea Utara. Inspirasi juga datang dari cerita asli orang Korea Selatan yang tak sengaja masuk ke wilayah Korea Utara. Drama tvN ini bisa ditonton di Netflix.

2. Spy Myung-Wol (2011)


5 Drama Korea dengan Kisah Cinta antara Korea Selatan dan Korea Utara

Foto: KBS2

Sedikit mirip dengan Crash Landing on You, Spy Myung-wol bercerita tentang agen rahasia Korea Utara Han Myung-wol (Han Ye-seul) yang mendapat tugas menculik bintang hallyu aktor Kang Woo (Eric Mun). Namun saat menjalankan tugasnya, perempuan itu malah jatuh cinta pada sang aktor.

Meski ceritanya tentang mata-mata Korea, tapi Spy Myung-wol adalah cerita drama Korea romantis klasik yang dikisahkan dengan manis, kocak, dan jauh dari menyerempet urusan politik. Serial KBS2 ini juga bisa ditonton di bilibili.

Baca Juga: Drama Korea dengan Karakter Utama Wanita Punya Kemampuan Khusus

3. Doctor Stranger (2014)

5 Drama Korea dengan Kisah Cinta antara Korea Selatan dan Korea Utara

Foto: SBS

Drama Korea lainnya dengan kisah cinta antara Korea Selatan dan Korea Utara adalah Doctor Stranger. Ceritanya tentang dokter Park Hoon (Lee Jong-suk) yang dijebak masuk ke Korea Utara sejak kecil dan dibimbing ayahnya untuk menjadi dokter. Mereka juga dilarang masuk kembali ke Korea Selatan.

Saat berada di Korea Utara, ia jatuh cinta pada Song Jae-hee (Jin Se-yeon), warga Korea yang juga bekerja di bidang kesehatan. Keduanya ingin kabur ke Korea Selatan, tapi akhirnya hanya Park Hoon yang bisa lolos dan pulang ke negaranya.

Saat di Korea Selatan, Hoon bertemu dengan seorang perempuan yang sangat mirip dengan Jae-hee. Namun perempuan itu mengatakan bahwa ia tak mengenal Hoon. Lantas, siapa sebenarnya perempuan yang mirip Jae-hee itu?

Drama romantis ini tayang di SBS, dan bisa kamu tonton di Vidio, Viu, dan Netflix.

4. The King 2 Hearts (2012)

5 Drama Korea dengan Kisah Cinta antara Korea Selatan dan Korea Utara

Foto: MBC

Yang satu ini agak berbeda dengan yang lainnya, karena latarnya sangat fiksi, yaitu Korea Selatan dan Korea Utara masih cukup bersahabat. Dikisahkan, Korea Selatan berada dalam pemerintahan monarki.

Di sana ada pangeran Lee Jae-ha (Lee Seung-gi) yang dikirim untuk latihan militer bersama Korea Utara atas nama membangun hubungan baik antara kedua negara. Di Korea Utara, ia bertemu dengan anak perempuan dari pejabat militer negara tersebut, yaitu Kim Hang-ah (Ha Ji-won).

Bisa ditebak, keduanya memulai hubungan dengan saling benci, tapi lama-kelamaan malah saling suka. Meski diawali dengan hubungan politik, tapi The King 2 Hearts adalah kisah romantis ala Romeo dan Juliet dengan akhir yang membahagiakan. Drama MBC ini bisa ditonton di Viu dan Vidio.

Baca Juga: 5 Drama Korea Romantis untuk Kamu yang Antiromantic

5. Snowdrop (2021)

5 Drama Korea dengan Kisah Cinta antara Korea Selatan dan Korea Utara

Foto: JTBC

Ini adalah drama Korea terahir tentang Korea Selatan dan Korea Utara, yang mengundang kontroversi. Pasalnya, ceritanya dianggap memberi konotasi negatif pada para aktivis yang memperjuangkan demokrasi di Korea Selatan pada era 1980-an.

Snowdrop bercerita tentang mahasiswa kedokteran Eun Yeong-ro (Kim Ji-soo) yang menolong mahasiswa misterius yang bersimbah darah Lim Soo-ho (Jung Hae-in). Keduanya lantas menjalin hubungan asmara tanpa Yeong-ro tahu bahwa Soo-ho adalah mata-mata Korea Utara.

Meski ceritanya sangat politis, tapi bumbu hubungan cinta antara Yeong-ro dan Soo-ho membuat Snowdrop lebih mudah ditonton pencinta drama Korea romantis. Drama Korea tentang kisah cinta Korea Selatan dan Korea Utara ini tayang di JTBC dan bisa juga ditonton di Disney+.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)