5 Idol K-Pop yang Kariernya Nyaris Hancur karena Kontroversi

Senin, 13 Juni 2022 - 16:06 WIB
loading...
5 Idol K-Pop yang Kariernya Nyaris Hancur karena Kontroversi
Tzuyu TWICE sempat terkena kontroversi karena menyebut dirinya sebagai warga Taiwan. Foto/JYP Entertainment
A A A
JAKARTA - Memang tak mudah menjadi seorang idol K-pop . Selain proses menjadi trainee dan jadwal latihan yang padat, mata masyarakat juga selalu tertuju pada mereka.

Mulai dari penggemar yang menuntut idol-nya tampil tanpa cela, netizen yang julid, hingga media massa yang terus mengintai, tekanan menjadi idol di Korea Selatan sangatlah berat. Tak jarang, para idol memutuskan rehat karena mengalami gangguan kesehatan mental.

Karena itulah, saat mereka terkena kontroversi, tak mudah untuk bisa mendapatkan permintaan maaf dari masyarakat. Para idol berikut ini nyaris saja hilang harapan untuk kembali ke industri musik Korea setelah terkena kontroversi. Namun nyatanya hingga kini mereka masih tetap eksis dalam industri musik. Berikut enam idol yang dimaksud, mengutip Kpopstarz.


1. Tzuyu TWICE

5 Idol K-Pop yang Kariernya Nyaris Hancur karena Kontroversi

Foto: JYP Entertainment

Pada November 2015 atau baru sebulan setelah TWICE debut, Tzuyu bersama Mina, Sana, dan Momo, tampil dalam program MBC, My Little Television. Saat itu, Tzuyu memperkenalkan diri sebagai orang Taiwan sambil mengibarkan bendera Taiwan di samping bendera Korea Selatan.

Bagi mayoritas penonton, ini adalah hal yang biasa, tapi tidak bagi warga di China. Ini karena warga di sana menganggap Taiwan bukanlah negara merdeka, melainkan bagian dari China.

Hal ini membuat TWICE akhirnya tak bisa muncul di media-media di China. Tzuyu juga ditarik dari kontraknya bersama perusahaan China, Huawei.

Setelah kekacauan itu, Tzuyu terpaksa harus menyampaikan permintaan maafnya lewat video. Dalam video tersebut, Tzuyu menyebut "hanya ada satu China" dan "bangga menjadi warga China". Bukannya selesai, permintaan maaf itu malah membuat warga Taiwan tersinggung.

Karena kasus tersebut, JYP Entertainment selaku agensi yang membawahi TWICE akhirnya memberikan pelatihan tentang sensitivitas budaya kepada para staf dan artis mereka.

2. Lia ITZY

5 Idol K-Pop yang Kariernya Nyaris Hancur karena Kontroversi

Foto: JYP Entertainment

Pada Februari 2021, Lia terkena kasus perisakan semasa ia masih sekolah. Seorang perempuan yang mengaku satu sekolah dengannya mengatakan di forum daring bahwa ia dirisak oleh Lia karena berpacaran dengan teman dekat idol itu.

Meski akhirnya perempuan itu sudah putus, tapi ternyata Lia masih tetap merundungnya. JYP Entertainment sempat menyatakan bahwa tuduhan itu tidak benar, sekaligus menuntut penyebaran berita palsu.

Baca Juga: 14 Grup K-Pop dari 5 Agensi Besar yang akan Debut pada 2022-2023

Namun karena tak cukup bukti, kasus yang diajukan JYP Entertainment tak dilanjutkan, dan agensi itu lantas mengajukan investigasi ulang. Hingga kini, kasus tersebut belum ada titik terang, dan Lia masih aktif dalam grup yang berencana comeback pada Juli mendatang ini.

3. Wonho Monsta X

5 Idol K-Pop yang Kariernya Nyaris Hancur karena Kontroversi

Foto: Naver/Dispatch

Pada 2019, Wonho dituduh oleh teman sekamarnya dulu, yaitu Jung Da-eun, bahwa ia tidak membayar utang dan menggunakan ganja saat masa trainee mereka tahun 2013. Tak cuma itu, mantan pacar Da-eun, yaitu Han Seo-hee yang terkenal dengan banyak kontroversi, juga mengatakan bahwa Wonho adalah siswa bermasalah yang sampai dibawa ke pusat pembinaan anak-anak yang biasanya terkena kasus kriminal.

Tuduhan lainnya adalah Wonho menyetir tanpa SIM. Gara-gara rentetan kasus tersebut, ia akhirnya keluar dari Monsta X. Namun setelah penyelidikan selama lima bulan, Wonho dibebaskan dari segala tuduhan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4275 seconds (0.1#10.140)