Ini 7 Hewan yang Susah Mati, Penasaran?

Selasa, 23 Juni 2020 - 12:08 WIB
loading...
Ini 7 Hewan yang Susah Mati, Penasaran?
Cacing pipih alias flatworm jadi salah satu hewan yang sanggup hidup lama. Foto/echinoblog.blogspot.com
A A A
JAKARTA - Keabadian hanya ada di dunia mitos dan fiksi ilmiah, tapi tujuh hewan ini seenggaknya mendekati mitos tersbeut.

Mereka emang gak hidup abadi, tapi mereka lebih lama menemui ajalnya alias bisa hidup lama banget. Penasaran apa saja hewan yang susah mati? Yuk, simak, dikutip dari Reader's Digest.

1. UBUR-UBUR BISA MENUNDA PENUAAN

Ini 7 Hewan yang Susah Mati, Penasaran?

Foto: immortal-jellyfish.com

Ubur-ubur kecil bernama Turritopsis doohmii adalah ubur-ubur yang bisa menipu kematian. Gimana gak? Menurut National Geographic, mereka bisa memutarbalikkan proses penuaan dengan cara yang mudah.

Kalau ubur-ubur sakit atau terluka, mereka bisa "kembali muda" dengan cara mengubah sel-sel mereka menjadi sel-sel muda, dan tumbuh lagi menjadi ubur-ubur dewasa. Bener-bener susah mati!

2. LOBSTER YANG TERUS TUMBUH

Ini 7 Hewan yang Susah Mati, Penasaran?

Foto:smithsonianmag.com

Terdapat perdebatan di antara komunitas peneliti, akankah hewan penguasa samudera merah ini hidup abadi atau gak. Soalnya, kebanyakan lobster mati karena penyakit, bukan karena udah tua.

Lobster akan terus berkembang biak walau gak bareng pasangan yang sama. Diperkirakan di Pantai Newfound, lobster di sana berusia 140 tahun, tapi sebagian besar jantan emang cuma hidup sampai 30 tahun, sedangkan betina hidup rata-rata 54 tahun. Nah, kalo kamu pernah makan lobster yang berukuran jumbo, berarti lobster itu sudah tua, lho.

3. KURA-KURA YANG KERAS DAN KEBAL

Ini 7 Hewan yang Susah Mati, Penasaran?

Foto:thought.co.com

Kura-kura emang dikenal sebagai hewan purba yang bisa bertahan hidup hingga berabad-abad. Peneliti menemukan organ tubuh dari kura-kura yang gak rusak seiring waktu. Menurut The New York Times, kura-kura akan bertahan hidup dengan cangkang kerasnya untuk berlindung dari predator dan serangan penyakit. Memang, sih, cangkang dari kura-kura sangat kebal dan kuat sekaligus antipecah.

4. CACING PIPIH YANG PINTAR MEREGENERASI

Ini 7 Hewan yang Susah Mati, Penasaran?

Foto:echinoblog.blogspot.com

Cacing ini bisa disebut juga flatworm yaitu cacing pipih. Kalau terancam oleh predator, dia bisa memanjang atau memotong menjadi dua bagian dan menjadi makhluk hidup yang baru. Dengan kata lain, cacing ini gak akan mati karena mereka terus berkembang biak sekaligus mempertahankan kelangsungan hidup. Menurut peneliti di University of Nottingham cacing ini bisa menipu kematian dengan tanpa batas!

5. PAUS TANGGUH DAN KUAT

Ini 7 Hewan yang Susah Mati, Penasaran?

Foto:hakamagazine.com

Meskipun paus bukanlah hewan yang hidup abadi, tetapi Paus Bowhead adalah mamalia tertua yang masih hidup. Menurut Popular Science, beberapa spesies paus bisa hidup hingga 70 tahun, Bowhead tertua bahkan mencapai 211 tahun, lho.

6. BAKTERI YANG TAHAN SENGATAN RADIASI
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)