10 Serial Anime dengan Agama Fiktif Terbaik Sejauh Ini

Minggu, 29 Mei 2022 - 05:05 WIB
loading...
10 Serial Anime dengan Agama Fiktif Terbaik Sejauh Ini
Sejumlah anime menciptakan agama fiktif, sementara yang lain menggabung agama dunia nyata. Agama fiktif terbaiknya sedalam dan seprovokatif agama dunia nyata. (Foto: Geek Under Grace)
A A A
Sejumlah anime menampilkan agama di serial mereka. Sejumlah agama itu ada di dunia nyata, tapi ada juga agama fiktif. Agama fiktif itu diciptakan berbeda satu sama lain. Sistemnya pun juga bermacam-macam dan tidak semua ditarik dari Shinto, keyakinan yang dianut sebagian besar masyarakat Jepang.

Agama-agama fiktif ini menyembah dewa endemik, orang, atau fenomena alam. Organisasi keagamaan dan spiritual anime itu bermacam-macam dan berbeda-beda sebagai struktur teologi sebenarnya. Ini berbeda berdasarakan sejarah, budaya, waktu manifestasi, dan bahkan faktor lingkungan.

Sementara agama fiktif ini prihatin dengan pertanyaan yang sama seperti agama dunia nyata, beberapa di antaranya punya bentuk yang tidak ortodoks dan tidak disangka. Satu-satunya yang membatasi organisasi keagamaan di anime adalah imajinasi kreatornya. Anime apa saja yang punya agama fiktif terbaik? Mengutip CBR, berikut ulasannya!



10. Future Diary
10 Serial Anime dengan Agama Fiktif Terbaik Sejauh Ini

Omekata atau Sekte Mata keramat di anime ini adalah organisasi yang didirikan orangtua Tsubaki Kasugano, pemilik Clairvoyance Diary. Omekata dibentuk di sekitar keyakinan kalau, meski penglihatannya buruk, Tsubaki punya kekuatan kewaskitaan. Sayangnya, organisasi itu dioperasikan seorang pemimpin yang kejam dan kasar. Dia memaksa jemaah Tsubaki membersihkan diri mereka dari dosa dengan memperkosa wanita itu. Pelecehan selama bertahu-tahun menjadikan Tsubaki menajdi orang yang sangat pahit, membenci, dan dendam terhadap pengikut Omekata dan seluruh dunia.

9. Fullmetal Alchemist
10 Serial Anime dengan Agama Fiktif Terbaik Sejauh Ini

Kawasan tenggara Amestris punya budaya asli sendiri yang dipersatukan di bawah agama Ishvalan. Tidak seperti sebagian besar agama anime konvensional, Ishvalan lebih mirip agama Timur Tengah. Sebagian besar agama anime terinspirasi sistem keyakinan asli Jepang, Shinto.

Budaya Ishvalan punya adat yang sangat bersatu dan tradisional di kepercayaan spiritual mereka. Hasilnya, budaya dan agama Ishvalan yang terasa sangat otentik dan realistik. Ini nyaris seperti struktur teologi nyata dengan adat dan peraturan yang jelas kokoh.

8. Mob Psycho 100
10 Serial Anime dengan Agama Fiktif Terbaik Sejauh Ini

Sebelum menjadi sekutu para pahlawan, roh jahat Dimple adalah pendiri organisasi sekte bernama (LOL). Agama aneh ini segera menyebar dan berhasil merekrut beberapa puluh anggota hanya dalam waktu satu bulan. Tujuan akhir Dimple adalah menjadi seorang dewa, jadi membantuk agama di sekitar dirinya sendiri sepertinya adalah langkah pertama logis atas misi besarnya bagi roh itu.

Anggota organisasi itu memakai topeng dengan wajah tersenyum. Itu memaksa para pemakainya tertawa tidak terkontrol. Sayangnya, kekuatan Mob mencegahnya jatuh dalam hex roh itu. Akibatnya, Mob pun bisa mempreteli sekte itu.

7. Death Note
10 Serial Anime dengan Agama Fiktif Terbaik Sejauh Ini

Setelah mendapatkan benda kerama maut yang membuatnya bisa membunuh siapa pun setelah tahu nama dan penampakannya, Light Yagami menyamar sebagai Kira. Dia kemudian memulai misinya untuk menyingkirkan dunia kriminal dan kejahatan. Sayang, Light kemudian mengembangkan god complex yang menyebabkannya terjun ke spiral kejahatan yang berusaha dia lucuti.

Tidak setiap orang di serial ini menentang Kira. Beberapa di antara mereka melihatnya sebagai dewa yang ditakdirkan untuk menyelamatkan dunia dari korupsi. Mereka lantas membentuk sebuah sekte setia Para Penyembah Kira.

6. Heaven Official's Blessing
10 Serial Anime dengan Agama Fiktif Terbaik Sejauh Ini

Tema anime China, donghua, sangat berbeda dengan anime Jepang. Lanskap spiritual dan kultural China punya pengaruh besar di media ini. Hasilnya, narasi yang beraneka ragam dan kompleks secara budaya.

Genre xianxia, yang biasanya merujuk pada cerita pertanian, adalah subgenre fantasi China yang dipengaruhi Taoisme dan mitologi China. Salah satu anime xianxia paling menggebrak, Heaven Official's Blessing, menyelam ke struktur agama genre ini. Serial ini menggambarkannya sebagai struktur birokratik unik dengan dewa berbeda mempunyai administrasi dan tugas sosial di dalam hierarki surga.

5. Gurren Lagann
10 Serial Anime dengan Agama Fiktif Terbaik Sejauh Ini

Episode 5 anime ini membawa para pahlawan serial ini ke desa bawah tanah bernama Adai. Tempat itu suram dan menakutkan di mana warganya menyembah Gunmen, mecha ikonik serial itu, sebagai dewa. Meski hidup dalam kondisi yang menyedihkan, warga Adai terus tinggal di bawah tanah dan bergantung pada dewa mereka yang tidak punya ampun.

Sayang, Adai tidak bisa menampung populasi yang lebih besar dari 50 orang. Ini memaksa para penyembah Gunmen memberlakukan langkah pengendalian populasi yang kejam. Kebijakan tidak manusiawi Adai itu disamarkan sebagai praktik keagamaan, yang membantu para manula untuk mendukung tradisi kejam yang menjaga desa itu tetap hidup.

4. Tatami Galaxy
10 Serial Anime dengan Agama Fiktif Terbaik Sejauh Ini

Lingkaran Softball yang digambarkan di busur cerita anime ini aneh. Ini adalah agama menarik yang membentuk sekitar sebuah merek produk alamiah. Ketika protagonis serial ini bergabung dengan klub ini di kampus, sepertinya mereka tidak berbahaya dan bahkan menyenangkan. Setiap anggota klub itu sangat baik dan ramah.

Tapi, protagonis itu lantas tahu tujuan akhir mereka. Klub itu mempromosikan produk makanan sehat perusahaan tertentu. Tapi, promosi itu dibalut dengan agama palsu untuk memberi kesan kepada putri pendiri perusahaan itu yang cantik.

3. Attack on Titan
10 Serial Anime dengan Agama Fiktif Terbaik Sejauh Ini

Sebagian besar orang Eldia di Paradis kehilangan ingatan mereka terhadap dunia luar. Mereka terjebak di pulau terpencil itu akibat keinginan Karl Fritz. Meski begitu, sejumlah Subjek Ymir masih menyadari sejarah sebenarnya dunia mereka. Gereja Tembok memandang tembok sebagai pelindung keramat ras manusia.

Mereka meyembah tembok itu sebagai dewa yang melindungi orang-orang dari para Titan. Meski begitu, sejumlah petinggi gereja tahu kalau tembok itu dibuat dari para Titan kolosal yang mengeras. Mereka tahu banyak rahasia dunia. Tapi, pengikut setia gereja itu masih bersedia mati demi keyakinan mereka.

2. Simoun
10 Serial Anime dengan Agama Fiktif Terbaik Sejauh Ini

Peristiwa ini terjadi di Daikuriku, planet mirip bumi di mana semua orang dilahirkan secara biologis sebagai perempuan. Negara paling maju secara teknologi adalah Simulacrum. Negara ini mengikuti agama menarik yang menyembah dewi yang tahu segalanya, baik hati, dan menyenangkan, Tempus Spatium.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2973 seconds (0.1#10.140)