10 Anime Dark Fantasy Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Minggu, 22 Mei 2022 - 09:10 WIB
loading...
10 Anime Dark Fantasy Terbaik yang Wajib Kamu Tonton
Anime dark fantasy membawa para penontonnya menikmati tontonan di dunia fantasi dengan tema gelap seperti horor, balas dendam, dan thriller yang menegangkan. (Foto: Anime Ukiyo)
A A A
Anime dark fantasy adalah genre mikro yang populer. Ada beberapa anime dari subgenre ini yang menjadi hit terbesar dalam beberapa tahun terakhir. Anime ini menonjolkan cerita dan visual yang mengagumkan. Penonton biasanya juga akan larut dalam emosi di dalamnya.

Dark fantasy dikarakterisasi oleh setting supranatural atau fantastikal. Setting ini dimulai dari fantasi abad pertengahan sampai realisme magis dengan tema lebih dewasa seperti elemen horor atau kekerasan intensif. Bagi mereka yang mencari setting fantasi dengan plot pertaruhan, adegan action berdarah-darah, dan momen emosional, dark fantasy adalah pilihan tepat.

Hingga saat ini, banyak anime jenis ini yang telah dirilis. Dengan banyaknya cerita yang bisa dipilih, tentu sulit menemukan yang terbaik. Mereka yang sedang mencari tontonan anime dark fantasy, rekomendasi berdasarkan penilaian IMDb ini bisa menjadi pertimbangan. Apa saja? Berikut anime dark fantasy terbaik yang wajib kalian tonton berdasarkan rating IMDb!



10. Angel's Egg — 7,7
10 Anime Dark Fantasy Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Di dunia surealis yang dipenuhi fenomena aneh seperti bola mengapung dengan patung dewi, tank militer besar, dan nelayan yang mengejar bayangan ikan, seorang gadis muda merawat sebutir telur yang sangat besar. Dia mencari makanan dan minuman dengan cara memulung. Suatu hari, dia bertemu pria misterius yang penasaran dengan siapa dia dan apa isi telur itu. Mereka kemudian memutuskan mengeksplorasi landskap yang hilang dan rusak itu bersama. Mereka saling mempertanyakan sifat keyakinan, tujuan dunia, dan asal usul kehidupan mereka.

OVA yang dirilis pada 1983 ini adalah anime ethereal, eksistensial, dan sebagian besar tidak bersuara. Anime ini adalah seni yang mengagumkan, masterpiece cerita visual dengan gambar tangan yang tetap menjadi salah satu animasi terindah yang pernah ada. Bergantung pada simbolisme dan kiasan, film itu tidak menarik semua orang. Tapi, OVA ini berharga untuk visualnya, tapi penggemar yang suka surreal akan suka anime ini.

9. Ninja Scroll — 7,9
10 Anime Dark Fantasy Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Jubei, seorang ninja yang sangat mahir, dipaksa membantai klan prajuritnya sendiri. Setelah membunuh teman-temannya, dia menjadi pembunuh bayaran keliling. Dalam perjalanannya, dia harus menghadapi organisasi ninja jahat seperti Setan Kimon, yang ingin menggulingkan pemerintahan Jepang. Setan itu tidak akan berhenti dan punya kekuatan memusnahkan seluruh desa. Hanya Jubei dan seorang mata-mata shogun bernama Dakuan yang bisa menghentikan mereka.

Film anime buatan 1993 ini adalah ikon film samurai dan anime paling berpengaruh sepanjang masa. Adegan action-nyalah yang membuat film ini benar-benar bersinar. Animasinya tetap mengagumkan dengan lini cerita sederhana yang membuat banyak ruang bagi visualnya untuk menonjol. Penggemar yang mencari anime dark fantasy 90-an bisa menonton cerita samurai ini.

8. Puella Magi Madoka Magica — 8,3
10 Anime Dark Fantasy Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Madoka Kaname dan Sayaka Miki adalah anak SMP biasa. Suatu hari, mereka bertemu Kyuubey, makhluk ajaib mirip kucing, dan Homura Akemi, seorang siswi pindahan. Kyuubey memberikan tawaran. Dia akan akan mewujudkan salah satu permintaan mereka dan masing-masing akan menjadi gadis sihir yang punya cukup kekuatan untuk memenuhi impian mereka. Tapi, Akemi meminta mereka untuk tidak menerima tawaran itu karena semuanya tidak seperti penampakannya.

Anime ini kondang karena mengubah genre mahou shoujo. Anime ini mengubah cerita yang biasanya imut menjadi mengerikan. Serial ini menjadi serial horor psikologis yang mengeksplorasi rasa bersalah, moralitas, dan tanggung jawab. Dunia Madoka adalah yang paling terlintas di benak ketika membayangkan dark fantasy.

7. The Promised Neverland — 8,4
10 Anime Dark Fantasy Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime ini berkisah tentang sebuah panti asuhan di tengah hutan, Grace Field House. Anak-anak di tempat itu hidup bahagia di bawah asuhan Isabella. Tapi, suatu hari, tiga anak penghuni panti itu menemukan rahasia dan tujuan jahat terhadap mereka. Mereka pun berusaha kabur dan membawa anak-anak lain dalam rencana kabur yang berisiko.

Awalnya, anime ini sepertinya tidak masuk kategori ‘dark’ fantasy. Tapi, kesuksesan twist-nya mencuri perhatian penggemar. Serial ini adalah thriller fantasi dengan banyak elemen horor. Anime ini pendek, tapi punya dampak. Situasi sulit dan berbahaya yang dihadapi protagonisnya untuk kabur ke tempat aman membuat penonton pun jadi tegang sampai akhir.

6. Princess Mononoke — 8,4
10 Anime Dark Fantasy Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Pada abad ke-14, harmoni yang dinikmati manusia, hewan, dan dewa mulai runtuh. Ashitaka, yang terinfeksi akibat serangan hewan, pergi mencari obat dari Shishigami, rusa mirip dewa. Saat dalam perjalanannya, dia melihat manusia mengacaukan bumi, yang membuat marah dewa serigala Moro dan teman manusianya, Putri Mononoke. Usaha Ashitaka untuk menjembatani perdamaian antara dia dan manusia hanya memicu konflik.

Anime buatan Studio Ghibli ini adalah satu film anime terpopuler sepanjang masa. Ini bukanlah hanya cerita tentang kejahatan modernisasi dan teknologi serta eksploitasi lingkungan, tapi anime ini juga tidak punya garis moral atau “penjahat” yang jelas. Film ini disuka atas lini ceritanya yang emosional, visual yang cantik dan kompleksitas ceritanya.

5. Fullmetal Alchemist — 8,5
10 Anime Dark Fantasy Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Usaha Edward dan Alphonse Elric untuk menghidupkan kembali ibu mereka dengan alkimia berakhir tragis. Alphonse kehilangan seluruh tubuhnya. Edward yang telah kehilangan satu kakinya harus merelakan satu tangannya untuk mengikat jiwa Alphonse. Setelah menjadi alkemis negara, kedua kakak beradik itu pergi mencari Batu Bertuah untuk memulihkan tubuh mereka.

Serial ini sering membayangi Fullmetal Alchemist: Brotherhood yang dirilis pada 2009. Namun, Fullmetal Alchemist sering dianggap lebih gelap dari Brotherhood. Serial ini mengambil atmosfir yang lebih suram dan sadis. Serial ini juga cenderung lebih pelan dan menarik busurnya lebih lama ketimbang Brotherhood.

4. Berserk — 8,7
10 Anime Dark Fantasy Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Guts, seorang mantan tentara bayaran, berniat balas dendam. Setelah mengalami masa kecil yang berat, dia merasa akhirnya menemukan orang yang dia hormati dan dipercaya. Tapi, semuanya hancur ketika orang ini mengambil apa pun yang penting bagi Guts demi kepentingannya sendiri. Dibidik untuk mati, Guts menjadi buronan makhluk jahat.

Serial ini punya kedalaman tema dan kompleksitas penulisan yang jarang diatribusikan kepada serial fantasi tentang pria besar dengan pedang. Daya tarik serial ini action-nya yang dikoreografikan dengan apik. Selain itu juga komitmen mutlak dan komitmen kuatnya untuk memberikan gambaran realistis dan kejam terkait bagaimana manusia akan bertindak dengan situasi yang sama dengan serial ini. Anime ini menyajikan adegan action yang brutal, kejam dan berdarah-darah.

3. Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba — 8,7
10 Anime Dark Fantasy Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Tanjiro Kamado harus menghadapi kenyataan pahit ketika mendapati ibu dan empat adiknya tewas dibantai iblis. Makhluk itu hanya menyisakan salah satu adiknya, Nezuko, yang telah diubahnya menjadi iblis. Bertekad balas dendam dan mengembalikan Nezuko menjadi manusia, Tanjiro akhirnya bergabung dengan Korps Pembasmi Iblis.

Tidak sulit melihat mengapa serial ini cepat populer. Anime dark fantasy ini punya animasi dan desain karakter yang eye catching untuk ceritanya yang sangat emosional dan membuat hati ikut menangis. Animasi serial ini adalah yang terbaik saat ini. Seiring berjalannya plot, Kimetsu no Yaiba hanya terus tumbuh lebih intensif. Anime ini akan banyak direkomendasikan buat mereka yang mencari cerita fantasi gelap.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2306 seconds (0.1#10.140)