Muka Makin Buluk padahal di Rumah Terus? Mungkin Kamu Mengalami Ini

Senin, 22 Juni 2020 - 14:25 WIB
loading...
Muka Makin Buluk padahal di Rumah Terus? Mungkin Kamu Mengalami Ini
Muka buluk bisa disebabkan banyak hal, mulai dari stres sampai kekurangan cairan. Foto/Pixabay
A A A
JAKARTA - Bukannya nambah cantik atau ganteng dan glowing saat masa karantina diri di rumah, banyak orang yang mengeluhkan wajahnya menjadi buluk.

Kata buluk termasuk kata sifat, dalam KBBI artinya kotor karena debu, jelek (tentang makanan), lusuh, dan berjamur.

Kata buluk biasa kita pakai dalam percakapan sehari-hari sebagai istilah untuk kondisi wajah yang kotor, gak segar, berjerawat, dan beruntusan. ( )

Nah, kenapa banyak yang merasa mukanya buluk, padahal saat karantina gak melakukan aktivitas di luar ruangan atau kegiatan yang kotor-kotoran atau panas-panasan bersama debu-debu jalanan? Jawabannya bisa jadi karena hal-hal berikut ini.

1. STRES

Muka Makin Buluk padahal di Rumah Terus? Mungkin Kamu Mengalami Ini

Foto: Pixabay

Kebiasaan baru membuat kita mesti beradaptasi. Nah, banyak orang yang merasa stres saat mencoba beradaptasi dengan kondisi ini. Gimana gak? Kita biasanya aktif di luar rumah, lalu tiba-tiba mesti diam di rumah. Belum lagi kalau banyak membaca atau mendengar berita buruk, makin merangsang otak untuk memproduksi hormon yang mengaktifkan kelenjar minyak di kulit.

Stres menjadi salah satu penyebab wajah kamu menjadi gak segar alias buluk. Stres juga bisa membuat kamu jadi kelihatan cepat tua, kelihatan lelah, dan akhirnya bisa menimbulkan jerawat.

2. MALAS PAKAI PRODUK PERAWATAN WAJAH

Muka Makin Buluk padahal di Rumah Terus? Mungkin Kamu Mengalami Ini

Foto: Pixabay

Biasanya kamu rajin pakai skincare, tapi semenjak di rumah aja jadi malas menggunakannya karena berpikir gak ke mana-mana atau gak kena sinar matahari, jadi muka kamu bakal aman-aman aja. Padahal itu salah besar!

Walaupun kamu di rumah, wajah dan badan tetap harus dirawat, mulai dari membersihkan wajah sampai memakai produk lain sebagai pelembap atau untuk menutrisi kulit. Memang, gak perlu pake skincare seheboh kalo mau ke luar rumah, tapi tetap aja, kamu mesti pakai skincare.

3. KEKURANGAN CAIRAN

Muka Makin Buluk padahal di Rumah Terus? Mungkin Kamu Mengalami Ini

Foto: Pixabay

Kekurangan cairan bisa jadi penyebab kulit kamu menjadi gak segar. Faktanya, di dalam tubuh manusia sekitar 60% dari berat badannya adalah cairan, maka gak heran kalo kita dianjurkan untuk minum minimal 8-10 gelas sehari. Kalau kita kekurangan cairan dalam tubuh, kulit akan kekeringan dan kusam. Kulit kering di wajah juga bisa menimbulkan produksi minyak berlebih, maka dari itu kamu jangan sampai dehidrasi.

Kamu bisa ikuti tahapan ini supaya kebutuhan cairan kamu tetap terpenuhi. Pertama, minum satu gelas saat bangun tidur, sebelum mandi, sebelum makan (pagi, siang, malam), saat merasa lelah atau haus, sebelum/saat atau sehabis berolahraga, dan sebelum tidur. ( )

Kalo kamu merasa minum delapan gelas sehari masing kurang, disesuaikan aja dengan kebutuhan tubuh dan aktivitas kamu yang mungkin juga berat.

Mega Siska Aryanti
Kontributor GenSINDO
Universitas Mercu Buana
Instagram: @egegamega
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3795 seconds (0.1#10.140)