5 Anime yang Berhasil Memecahkan Rekor Dunia

Senin, 16 Mei 2022 - 21:21 WIB
loading...
5 Anime yang Berhasil Memecahkan Rekor Dunia
Ada sejumlah anime, baik yang populer atau tidak, telah memecahkan rekor dunia. Dari anime termahal, paling diminati, sampai yang meraih Oscar, semua ada. (Foto: CinemaBlend)
A A A
Saat ini, anime sudah mendunia. Orang pun sebenarnya tidak perlu malu untuk mengakui kalau mereka suka anime. Ada banyak tontonan anime berkualitas yang bisa menjadi bahasan dan terngiang selalu di benak para penontonnya. Meskipun, masih banyak anggapan kalau anime adalah hiburan untuk anak kecil karena berbentuk animasi.

Kualitas anime masa kini tidak perlu diragukan lagi. Buktinya, sejumlah anime yang diproduksi di Jepang telah berhasil memecahkan rekor dunia. Bahkan, ada yang sampai sekarang masih memegang rekor itu.

Ada banyak faktor yang menentukan bagaimana sebuah anime itu bisa memecahkan rekor. Ada yang dari biaya produksi, jumlah episode bahkan rating. Anime apa saja yang berhasil memecahkan rekor? Simak ulasannya berikut ini!



1. Steamboy — Film Anime Termahal
5 Anime yang Berhasil Memecahkan Rekor Dunia

Anime buatan Katsuhiro Otomo ini berhasil meraih gelar film anime termahal. Rekor itu sebelumnya pernah diduduki oleh anime Akira dan Kiki’s Delivery Service. Steamboy yang dibuat pada 2004 itu menelan biaya produksi sebesar Rp325 miliar.

Film anime dikenal menelan biaya produksi yang tidak murah. Sayangnya, Steamboy kurang mendapat tanggapan baik dari penontonnya sehingga tidak dapat balik modal. Selain itu, tidak banyak yang mengenal anime ini.

2. Detective Conan — Anime dengan Penyanyi Soundtrack Terbanyak
5 Anime yang Berhasil Memecahkan Rekor Dunia

Soundtrack anime biasanya dikenal para pencintanya. Sejumlah lagu dari anime bahkan ada yang menjadi hit. Ada juga yang menjadi trademark anime tersebut. Satu anime pun sering punya banyak soundtrack, termasuk Detective Conan.

Yang menarik, selama 22 tahun tayang, soundtrack anime ini dinyanyikan Mai Kuraki. Dia memecahkan rekor menjadi penyanyi soundtrack terbanyak yang dinyanyikan penyanyi yang sama untuk sebuah serial animasi. Selama 17 tahun, total, Mai telah menyanyikan 21 lagu untuk Detective Conan. Dia ditahbiskan sebagai pemecah rekor itu pada 25 Juli 2017.

3. One Punch Man — Serial Anime Paling Diminati
5 Anime yang Berhasil Memecahkan Rekor Dunia

One Punch Man adalah anime seinen yang merupakan parodi dari trope pahlawan shounen. Anime ini berawal dari web komik yang sederhana dan berkembang hingga berhasil memikat pencinta anime, terutama dari usia dewasa. Anime ini kocak dan dipenuhi aksi pertarungan seru.

Pada 2010, One Punch Man memecahkan rekor sebagai anime terpopuler. Pada 2019, anime ini meraih predikat serial anime TV paling laris dengan rating 2.990 ekpresi permintaan per kapita. Penggemar sedang menantikan season 3 anime ini.

4. Spirited Away — Anime pertama yang memenangkan Oscar
5 Anime yang Berhasil Memecahkan Rekor Dunia

Academy Awards atau Oscar adalah penghargaan paling bergengsi di dunia perfilman dunia. Salah satu kategori yang sering menjadi bahasan adalah kategori film animasi terbaik. Kategori ini biasanya didominasi Disney.

Namun, pada 2003, dominasi Disney runtuh. Di tahun itu, film anime Spirited Away dari Studio Ghibli berhasil meraih Oscar untuk kategori film animasi terbaik. Film itu berhasil mengalahkan Ice Age dan Lilo & Stitch. Hingga saat ini, Spirited Away adalah anime pertama dan satu-satunya yang pernah meraih Oscar.



5. Sazae-san — Serial Anime Terpanjang di Televisi
5 Anime yang Berhasil Memecahkan Rekor Dunia

Pada 2013, Sazae-san ditahbiskan sebagai serial anime terpanjang di dunia. Sejak tayang pada 1969, anime ini sudah punya 2.250 episode. Anime ini juga telah mempunyai 7.000 cerita pendek.

Sazae-san mungkin tidak terlalu populer di luar Jepang. Selama ini, anime populer seperti Doraemon, Detective Conan, dan One Piece dikenal punya lebih dari 1.000 episode. Tapi, rekor mereka masih belum bisa menyamai catatan Sazae-san.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3107 seconds (0.1#10.140)