6 Serial Anime yang Produksinya Dibuat 2 Studio Berbeda

Minggu, 15 Mei 2022 - 15:29 WIB
loading...
6 Serial Anime yang Produksinya Dibuat 2 Studio Berbeda
Ada sejumlah anime yang dibuat dua studio berbeda. Tentu, ada pertimbangan mengapa mereka memilih cara seperti ini. Tapi, ini tidak mengurangi keseruannya. (Foto: YouTube)
A A A
Anime biasanya diproduksi satu studio. Tapi, ada kalanya sebuah anime merupakan hasil kolaborasi dua atau lebih studio. Ini memberikan pengalaman menarik saat menontonnya. Terutama, ketika studio yang berkolaborasi ini punya kesepakatan kerja sama yang unik.

Studio yang berkolaborasi ini pun bukan studio yang bisa dipandang sebelah mata. Sebutlah nama seperti MAPPA, Madhouse, Trigger, atau Wit Studio. Bahkan studio legendaris seperti Tezuka Production pun terbuka untuk kolaborasi ini.

Kolaborasi ini berbeda dengan anime yang pindah studio. Kolaborasi ini biasanya berjalan untuk satu musim dan digarap bareng. Sementara, umumnya, anime akan pindah studio jika dirasa kurang sreg atau masalah pendanaan. Jadi, anime apa saja yang digarap dua atau lebih studio untuk satu musim yang sama? Berikut ulasannya!



6. Star Wars: Visions
6 Serial Anime yang Produksinya Dibuat 2 Studio Berbeda

Disney sedang memperluas jangkuan mereka dengan menjajal dunia anime. Tidak tanggung-tanggung, mereka mendapuk 7 studio sekaligus untuk membuat anime pertama mereka, Star Wars: Visions. Yang menarik, masing-masing episode ini tidak terkait satu sama lain.

Ketujuh studio itu adalah Kamikaze Douga, Studio Colorido, Geno Studio, Studio Trigger, Kinema Citrus, Production I.G, dan Science SARU. Masing-masing studio itu diberi kesempatan untuk membuat cerita berdasarkan semesta Star Wars. Ini memberikan pengalaman menarik bagi penonton karena mereka disuguhi tontonan anime yang masing-masing episode menampilkan gaya animasi dari tiap-tiap studio.

5. Darling in the FranXX
6 Serial Anime yang Produksinya Dibuat 2 Studio Berbeda

Anime ini hasil kerja sama studio Trigger dan A-1 Pictures. Namun, saat digarap, A-1 Pictures berganti nama menjadi CloverWorks. Meski begitu, A-1 Pictures tetap mendapatkan kreditasi atas pembuatan anime ini. Anime ini dirilis pada 2018 dan bergenre mecha.

Di masa depan, manusia nyaris punah akibat monster besar bernama Klaxosaurs. Para penyintas mengungsi di kota benteng besar bernama Plantation. Anak-anak dilatih untuk menjadi pilot robot raksasa bernama FranXX—satu-satunya senjata untuk menghadapi Klaxosaurs. Hiro, seorang pilot FranXX, telah kehilangan motivasi dan kepercayaan diri setelah gagal tes. Dia kemudian bertemu cewek misterius bertanduk bernama Zero Two. Keduanya kemudian bermitra untuk mengalahkan Klaxosaurs.

4. Kids on the Slope
6 Serial Anime yang Produksinya Dibuat 2 Studio Berbeda

MAPPA telah menjadi salah satu studio animasi besar di Jepang. Namun, karya pertama mereka adalah sebuah kolaborasi dengan Tezuka Production. Kedua studio ini bekerja sama untuk membuat Kids on the Slope. Ini adalah kolaborasi pertama mereka sebelum kemudian menggarap Dororo pada 2018. Dororo diangkat dari manga berjudul sama karya Osamu Tezuka.

Kids on the Slopemengisahkan tentang Kaoru Nishimi, seorang siswa kelas 1 SMA yang cerdas tapi introvert. Kaoru sering berpindah sekolah karena karier ayahnya. Akibatnya, dia jarang punya teman yang bertahan lama. Dia kemudin bertemu Sentaro Kawabuchi saat pindah ke Sasebo. Meski berandalan, Sentaro suka jazz dan itu membuat Kaoru mempelajari musik itu. Keduanya kemudian jading dekatm berkat music jazz itu.

3. Godzilla Singular Point
6 Serial Anime yang Produksinya Dibuat 2 Studio Berbeda

Anime yang dirilis secara global pada 24 Juni 2021 ini diproduksi dua studio, yaitu Bones dan Orange. Kedua studio ini menyatukan gambar tangan dan animasi komputer yang jadi menarik. Anime ini disutradarai Atsushi Takahashi dan desain karakternya dibuat kreator Blue Exorcist, Kazue Kato. Mantan animator Studio Ghibli, Eiji Yamamori, menangani desain monsternya.

Anime ini berkisah tentang Yun Arikawa yang menginvestigasi apa yang terjadi di sebuah rumah gaya Barat yang dikira ditinggalkan. Mei Kamino menginvestigasi sinyal misterius yang diterima dari Misakioku, bekas gedung pemerintahan Tsuguno. Meski tidak saling kenal dan mengunjungi tempat berbeda, mereka mendengar lagu yang sama. Saat bertemu, mereka terseret ke pertempuran yang melampaui imajinasi yang melibatkan seluruh dunia.

2. takt.op.Destiny
6 Serial Anime yang Produksinya Dibuat 2 Studio Berbeda

Anime ini adalah hasil kerja sama dua studio animasi legendaris Jepang, yaitu MAPPA dan Madhouse. Tidak ada yang bakal meragukan hasil karya kedua studio itu tentunya. MAPPA meroket dengan anime-anime seperti Jujutsu Kaisen, Attack on Titan season 4, Dororo, Kakegurui, Terror in Resonance, dan lain-lain. Saat ini, mereka sedang menyiapkan Chainsaw Man, yang merupakan anime yang paling dinantikan.

Madhouse juga tak kalah tenar. Studio ini bertanggung jawab atas anime seperti Hunter x Hunter, Monster, Death Note, One Punch Man, dan lain-lain. Kolaborasi MAPPA dan Madhouse, takt.op. Destiny, berkisah tentang meteor hitam yang jatuh ke bumi dan melepas monster bernama D2. Monster ini bisa membuat dunia tanpa music atau suara. Tapi, ada sekelompok cewek yang melawan D2 dengan kekuatan musik benama Musicart. Mereka dipimpin oleh Konduktor.



1. Spy x Family
6 Serial Anime yang Produksinya Dibuat 2 Studio Berbeda

Anime ini dikerjakan dua studio berbeda, yaitu Wit Studio dan CloverWorks. Dalam kerja sama ini, Wit Studios membuat episode dengan angka ganjil, misalnya episode 1, 3, 5, dan seterusnya. Sedangkan, CloverWorks mengerjakan episode angka genap, seperti episode 2, 4, 6, dan seterusnya. Jadi, episode 1 serial diproduksi Wit, dan episode selanjutnya diproduksi CloverWorks. Menarik untuk melihat apakah ada perbedaan di antara dua produksi ini di serial itu.

Wit Studios adalah salah satu studio animasi terkenal di Jepang. Penggemar anime mungkin mengenali mereka dari serial Attack on Titan season 1—3 sebelum season 4-nya digarap MAPPA. CloverWorks adalah studio di balik anime kondang seperti The Promised Neverland dan My Dress-Up Darling.

Spy x Family berkisah tentang seorang agen mata-mata berkode nama Twilight yang harus mendekati seorang pejabat partai politik. Misinya hanya bisa tercapai kalau dia punya istri dan anak. Jadi, sebelum menjalankan misi, Twilight harus mencari istri dan anak palsu.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)