Asal Usul dan Kekuatan Anggota Illuminati MCU di Doctor Strange 2

Selasa, 10 Mei 2022 - 08:01 WIB
loading...
Asal Usul dan Kekuatan Anggota Illuminati MCU di Doctor Strange 2
Doctor Strange in the Multiverse of Madness memperkenalkan Illuminati, kelompok superhero di semesta lain. Namun, kelompok ini berbeda dengan yang di komik. (Foto: YouTube/Marvel)
A A A
Doctor Strange in the Multiverse of Madness memperkenalkan Illuminati dari Earth-838. Kehadiran mereka sudah diindikasikan di trailer film itu dan membuat penggemar terus menantikannya. Hanya, anggota grup ini berbeda dengan Illuminati yang dikenal di komik Marvel.

Peringatan: Artikel ini mengandung spoiler Doctor Strange in the Multiverse of Madness! Kalian sudah diperingatkan!

Marvel Cinematic Universe (MCU) mengubah keanggotaan Illuminati di Earth-838 ini. Tidak ada Iron Man, Namor, dan Doctor Strange di sana. Mereka menggantinya dengan varian Captain Marvel, Captain America dan Mordo. Meski begitu, Doctor Strange in the Multiverse of Madness menandai pengakuan keberadaan Reed Richards dan Profesor Charles Xavier di MCU.

Lini masa utama MCU terjadi di Earth-616. Sementara Illuminati ini adalah versi Earth-838, versi Earth-616 belum terkuak. Illuminati Earth-838 mengkhawatirkan keberadaan Doctor Strange yang telah merusak tatanan multiverse. Siapa saja anggota Illuminati Earth-838? Berikut ulasannya!



1. Reed Richards/Mister Fantastic — John Krasinski
Asal Usul dan Kekuatan Anggota Illuminati MCU di Doctor Strange 2

Reed Richards adalah pemimpin Fantastic Four dengan julukan Mister Fantastic. Reed adalah ilmuwan cerdas dan bisa merentangkan tubuhnya semau dia. Ini membuatnya sangat elastis dan lunak. Reed juga bisa berubah bentuk dan kebal terhadap listrik. Mr. Fantastic merupakan salah satu anggota Illuminati di komik.

Di dua film Fantastic Four sebelumnya, pada 2005 dan 2007, Mr. Fantastic diperankan Ioan Gruffud. Di reboot gagal franchise itu yang dirilis pada 2015, karakter ini diperankan Miles Teller. Di Doctor Strange in the Multiverse, Mr. Fantastic diperankan John Krasinski. MCU sedang mengembangkan film Fantastic Four yang disutradarai Jon Watts—sutradara trilogi Spider-Man MCU. Belum diketahui apakah Krasinski akan memerankan tokoh ini di film tersebut.

2. Maria Rambau/Captain Marvel — Lashana Lynch
Asal Usul dan Kekuatan Anggota Illuminati MCU di Doctor Strange 2

Di Earth-838, Maria Rambeau menjadi Captain Marvel dan bergabung dengan Illuminati. Sebagai Captain Marvel, Maria mengklon kekuatan Carol Danvers. Dia bisa terbang, menembakkan ledakan energi, dan punya kekuatan serta ketahanan manusia super. Di Earth-616, Maria punya seorang anak, Monica. Meskipun, anak ini tidak disinggung di Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Sebelumnya, Maria tampil di Captain Marvel dan merupakan sahabat Carol. Dia juga pendiri Divisi Observasi dan Respons Senjata Hidup (SWORD) sebelum dia meninggal dunia karena kanker beberapa tahun setelah jentikan jari Thanos. Baik di Captain Marvel maupun di Doctor Strange in the Multiverse of Madness, Maria diperankan Lashana Lynch.

3. Peggy Carter/Captain Carter — Hayley Atwell
Asal Usul dan Kekuatan Anggota Illuminati MCU di Doctor Strange 2

Peggy Carter dari Earth-838 adalah versi live-action karakter yang muncul di serial What If….? Dia secara suka rela disuntik Serum Tentara Super setelah dia diserang dan tidak lagi bisa disuntik. Peggy kemudian menjadi Captain Carter, membantu mengakhiri Hydra sebelum masuk lubang cacing yang mengirimkannya ke 70 tahun kemudian di masa depan. Captain Carter punya kekuatan yang sama dengan Captain America, termasuk kekuatan manusia super, stamina, penyembuhan cepat, kelincahan, dan refleks.

Tameng vibrarium Captain Carter juga bisa menyebabkan hampir kerusakan apa pun. Peggy sudah ada di MCU selama beberapa lama, sejak Captain America: The First Avenger (2011) dan telahn tampil hingga Avengers: Endgame. Sejak awal, Peggy diperankan Hayley Atwell.

4. Black Bolt — Anson Mount
Asal Usul dan Kekuatan Anggota Illuminati MCU di Doctor Strange 2

Blackagar Boltagon alias Black Bolt adalah seorang Inhuman, ras manusia yang ditingkatkan yang secara genetis telah diubah. Dia juga anggota keluarga kerajaan Inhuman. Kekuatan utama Black Bolt adalah suara hipesoniknya yang bisa membunuh orang dan menyebabkan banyak kerusakan. Dia juga punya kekuatan manusia super, bisa terbang, dan memanipulasi partikel.

Black Bolt pertama dan terakhir kali dilihat di serial Inhumans yang tidak bertahan lama dan jadi bulan-bulanan kritik. Dia diperankan Anson Mount. Aktor yang sama memerankan Black Bolt di Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Itulah kali pertama karakter ini masuk MCU.

5. Karl Mordo — Chiwetel Ejiofor
Asal Usul dan Kekuatan Anggota Illuminati MCU di Doctor Strange 2

Karl Mordo adalah Penyihir Agung Earth-838. Dia merupakan pelindung Sanctum New York. Sebelum menjadi Penyihir Agung, dia adalah teman Doctor Strange. Kekuatan sihir dan mantra Mordo sangat hebat. Dia juga mahir bela diri. Mordo sebelumnya tampil di Doctor Strange dan diperankan Chiwetel Ejiofor.

6. Profesor Charles Xavier — Patrick Stewart
Asal Usul dan Kekuatan Anggota Illuminati MCU di Doctor Strange 2

Profesor Charles Xavier adalah mutan, seseorang yang punya gen-X yang memberikannya kemampuan khusus. Profesor X punya kemampuan telepati dan telekinesis yang kuat. Dia bisa membaca pikiran orang dan memanipulasi mereka secara mental. Doctor Strange in the Multiverse of Madness menandai debut MCU Profesor X. Sebelumnya, dia telah tampil di film seri X-Men di Fox. Profesor X diperankan Patrick Stewart.

7. Asal usul Illuminati di MCU
Asal Usul dan Kekuatan Anggota Illuminati MCU di Doctor Strange 2

Di komik, Illuminati dibentuk setelah Perang Kree-Skrull, perang antarbintang di antara dua makhluk dunia lain yang berdampak pada bumi. Iron Man-lah yang menyadari kalau superhero lain di bumi tahu hal-hal yang bisa mereka bagi dengannya dan yang lain demi mencegah perang yang menyebabkan kerusakan lebih jauh. Sehingga Illuminati dibentuk dengan dasar masyarakat rahasia superhero yang saling berbagi informasi dan membuat keputusan untuk melakukan apa terkait masalah dan konflik tertentu yang muncul. Illuminati didirikan Iron Man, Profesor Charles Xavier, Mister Fantastic, Black Bolt, Namor, dan Doctor Strange. Selain mereka, ada superhero lain yang bergabung, termasuk Black Panther, Beast, dan Captain Britain.

Di Doctor Strange in the Multiverse of Madness, pendiri Illuminati di Earth-838 berbeda dengan yang di komik. Di dunia itu, tidak ada Iron Man. Selain itu, grup itu sepertinya tidak dibentuk karena perang antargalaksi dan sudah ada sebelum Thanos tiba untuk membuat kekacauan.

Doctor Strange 2 juga tidak mengungkapkan mengapa dan kapan Illuminati dibentuk, yang berbeda dari alasan di komik karena peristiwa itu belum terjadi di MCU. Di film, tidak jelas apakah Illuminati ini adalah formasi asli atau sudah dirotasi. Di komik, Captain Marvel dan Mordo tidak pernah menjadi anggotanya. Di film, Mordo menggantikan Doctor Strange setelah Strange jadi jahat dan memutuskan menggunakan Darkhold yang menciptakan ketidakstabilan di multiverse.



8. Kekuatan Illuminati MCU
Asal Usul dan Kekuatan Anggota Illuminati MCU di Doctor Strange 2

Illuminati ini sepertinya cukup kuat di Earth-838. Mereka membuat banyak keputusan yang mempengaruhi semua orang, memanipulasi informasi—seperti yang mereka lakukan terhadap kematian Doctor Strange dengan mengubah ceritanya sehingga dia digambarkan sebagai pahlawan. Secara fisik, mereka sangat kuat dan mereka telah melawan Thanos serta musuh lain secara bersama-sama. Dengan pengetahuan dan kemapuan fisik mereka yang dikombinasikan, tidak ada yang tidak bisa mereka capai.

Tapi, meskipun sangat kuat, mereka tidak bisa menandingi sihir Scarlet Witch. Sihir Scarlet Witch bisa memanipulasi realitas dan banyak elemen hanya dengan satu kibasan tangannya. Dengan mempertimbangkan betapa cepatnya Scarlet Witch melumpuhkan Illuminati di Doctor Strange in the Multiverse of Madness, sepertinya kekuatan grup superhero itu terbatas ketika dihadapkan dengan antagonis yang bisa melakukan apa pun dan akan melakukan apa pun demi mencapai tujuannya.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1921 seconds (0.1#10.140)