9 Film yang harus Ditonton sebelum Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Rabu, 04 Mei 2022 - 09:39 WIB
loading...
9 Film yang harus Ditonton sebelum Doctor Strange in the Multiverse of Madness
Sembari menanti Doctor Strange in the Multiverse of Madness tayang, ada sejumlah film yang bisa ditonton untuk menyegarkan memori atau mengenal karakternya. (Foto: Marvel)
A A A
Tinggal satu hari lagi, Doctor Strange in the Multiverse of Madness akan tayang di bioskop di Indonesia. Penggemar pun sudah sangat mengantisipasi kehadiran film ini. Tidak heran karena film ini adalah salah satu yang paling diantisipasi tahun ini.

Bagi penggemar lama Doctor Strange, tentu mudah mengenali plot atau cerita dan karakter yang bakal tampil di film ini. Tapi, bagi orang yang baru pertama akan menonton Doctor Strange, karakter di film ini bisa jadi membingungkan bagi mereka. Terutama dengan penampilan sejumlah karakter dari show lain di Marvel Cinematic Universe (MCU).

Meskipun nilai skor Doctor Strange in the Multiverse of Madness di Rotten Tomatoes agak mengecewakan—tidak mencapai 80%, tapi itu tidak mengurangi antusiasme penggemar. Jadi, sembari menunggu film ini tayang pada Kamis (5/5), ada baiknya nonton dulu film-film ini untuk menyegarkan ingatan. Film apa saja yang harus ditonton sebelum Doctor Strange in the Multiverse of Madness? Berikut daftarnya!



1. Captain America: The First Avenger
9 Film yang harus Ditonton sebelum Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Mungkin ini adalah pilihan yang aneh. Tapi, Doctor Strange in the Multiverse of Madness akan menampilkan sosok Peggy Carter dalam balutan kostum Captain Britain. Peggy Carter yang diperankan Hayley Atwell diperkenalkan di Captain America: The First Avenger. Di film ini, Peggy masih menjabat sebagai agen SSR yang membantu program Serum Tentara Super. Dia kemudian menjadi teman dekat Steven Rogers yang selalu memberikan dukungan kepada superhero pertama di jagat MCU—berdasarkan lini masa, bukan tanggal perilisan—itu.

2. Avengers: Age of Ultron
9 Film yang harus Ditonton sebelum Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Film ini untuk kali pertama memperkenalkan sosok Wanda Maximoff yang diperankan Elizabeth Olsen. Dia diperkenalkan bersama saudara kembarnya, Pietro Maximoff (Aaron-Taylor Johnson). Keduanya merupakan subyek eksperimen Batu Pikiran. Akibat eksperime itu, Wanda mendapatkan kemampuan super seperti telekinesis, manipulasi energi dan telepati. Setelah bekerja untuk Ultron, Wanda akhirnya pindah kubu ke Avengers. Meski begitu, Wanda masih punya sisi jahat. Tapi, yang jelas, dari awal, Wanda sangat loyal dan protektif terhadap keluarganya.

3. Doctor Strange
9 Film yang harus Ditonton sebelum Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Film ini mengisahkan tentang asal usul Stephen Strange (Benedict Cumberbatch) yang kemudian menjadi penyihir hebat seperti yang dikenal saat ini. Strange awalnya adalah dokter bedah yang harus kehilangan kemampuan di tangannya karena kecelakaan mobil. Dia kemudian pergi ke Kamar-Taj dan bertemu Ancient One. Di sana, dia belajar ilmu mistis dengan harapan bisa menyembuhkan tangannya, tapi malah menjadi penyihir hebat. Dari sinilah awal perjalanan Doctor Strange di MCU dimulai. Karakter seperti Wong (Benedict Wong), Christine Palmer (Rachel McAdams), dan Baron Mordo (Chiwetel Ejiofor) yang diperkenalkan di film ini akan kembali tampil di Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

4. Avengers: Infinity War
9 Film yang harus Ditonton sebelum Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Film ini menandai pertemuan awal Strange dengan semesta MCU yang lebih luas. Sebelumnya, Strange telah bertemu Thor dan Loki secara singkat di Ragnarok. Tapi, baru di film inilah Strange menunjukkan kekuatan besar sekaligus menjadi bagian dari usaha Avengers untuk melawan Thanos. Strange memainkan peranan besar di pertempuran di Titan di mana penyihir itu mampu melihat semua kemungkinan di masa depan terkait semua skenario untuk mengalahkan Thanos.

Dari sejuta lebih kemungkinan itu, Strange hanya melihat satu peluang bagi Avengers untuk menang. Dia pun mengambil keputusan yang sangat berani. Keputusan Strange ini berdampak pada masa depan MCU selamanya. Sementara, film ini juga menjadi tonggak di mana Wanda jadi patah hati setelah Thanos membunuh kekasihnya, Vision. Kesedihan Wanda yang tak berkesudahan ini mempengaruhi apa yang akan terjadi di masa depan MCU.

5. Avengers: Endgame
9 Film yang harus Ditonton sebelum Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Baik Strange maupun Wanda hanya tampil sekilas di film ini. Mereka baru tampil setelah Hulk sukses menjentikkan jari dan membatalkan apa yang dilakukan Thanos di Infinity War. Di film ini, Doctor Strange bahkan hanya mengucapkan dua kalimat. Yang pertama kepada Wong dan yang kedua kepada Iron Man. Namun, interaksi antara Strange dan Iron Man mengubah MCU selamanya. Di sisi lain, Wanda yang masih diliputi duka akibat kematian Vision meluapkan amarahnya kepada Thanos. Kekuatan Wanda terlihat sangat luar biasa di film ini. Dia bahkan nyaris membunuh Thanos seorang diri sebelum Mad Titan itu mengambil keputusan yang lumayan berani. Endgame menandai pertemuan pertama Strange dan Wanda. Entah mereka ada interaksi atau tidak.

6. WandaVision
9 Film yang harus Ditonton sebelum Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Rasa duka dan amarah yang menyelimuti Wanda membuatnya menciptakan sebuah realitas alternatif di West View. Serial ini menceritakan bagaimana Wanda menyandera warga komunitas itu untuk menjadi bagian dari sebuah komedi situasi (sitcom). Di sitcom itu, Wanda dan Vision menikah dan punya anak. Namun, kebahagiaan semu Wanda itu terganggu dengan kehadiran Agatha Harkness, seorang penyihir hitam. Dia membuat Wanda menghadapi sihir kacau. Wanda kemudian berubah menjadi Scarlet Witch.

Di akhir serial ini, Wanda mulai bisa menerima kepergian Vision. Dia lantas menyepi di sebuah rumah terpencil dan mempelajari sihir dari Darkhold. Selama berada di tempat itu, Wanda sering mendengar suara anak-anaknya. Serial ini akan punya peranan penting di Doctor Strange in the Multiverse of Madness karena Wanda diduga menjadi penjahat di film ini.

7. Loki
9 Film yang harus Ditonton sebelum Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Tidak ada show lain di MCU yang bisa menjelaskan seperti apa multiverse sebaik Loki. Serial ini memperlihatkan bagaimana cara kerja multiverse dan akibatnya ketika lini masa itu diganggu. Loki dikabarkan akan tampil di Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Dia juga disebut sebagai orang yang paling bertanggung jawab atas kacaunya multiverse di Spiderman: No Way Home dan sekuel Doctor Strange ini.

8. What If….?
9 Film yang harus Ditonton sebelum Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Kalian tidak harus menonton semua episode di serial ini. Tapi, setidaknya ada dua episode yang wajib kalian tonton sebelum Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Kedua episode itu adalah episode 1 dan episode 4.

Episode 1 serial ini, What If... Captain Carter Were the First Avenger?, memperkenalkan Peggy Carter sebagai Captain Carter. Diceritakan, di semesta alternatif, Steve Rogers gagal mendapatkan serum tentara super. Alih-alih mencobanya lagi, Peggy akhirnya maju untuk mendapatkan serum itu. Dia pun berubah menjadi Captain Carter.

Episode 4, What If... Doctor Strange Lost His Heart Instead of His Hands?, mengisahkan tentang Stephen Strange dari semesta lain yang patah hati setelah Christine Palmer tewas dalam kecelakaan. Putus asa dan merana, Strange bertekad untuk menghidupkan lagi kekasihnya itu. Dia kemudian belajar seni mistis dengan menyerap makhluk antardimensional. Dia pun berubah menjadi Supreme Strange atau Evil Strange yang jahat. Keinginannya menghidupkan Christine jadi bumerang. Strange malah menghancurkan semestanya.

Untuk kali pertama, Captain Carter akan tampil di Multiverse of Madness dalam bentuk live-action dengan Hayley Carter sebagai pemerannya. Sementara Evil Strange juga akan tampil dengan bentuk live-action di film ini. Trailer telah memperlihatkan penampakannya.

Jika kalian masih punya waktu, episode 5 serial ini juga bisa ditonton. What If... Zombies!? memperlihatkan Wanda dalam bentuk zombie. Di trailer Doctor Strange in the Multiverse of Madness, Strange dan Wand terlihat berubah menjadi zombie.



9. Spider-Man: No Way Home
9 Film yang harus Ditonton sebelum Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Doctor Strange in the Multiverse of Madness disebut menjadi konsekuensi atas perbuatan Strange di Spider-Man: No Way Home. Di film itu, setelah identitasnya dibongkar Mysterio, Peter Parker menemui Strange untuk meminta bantuan agar semua orang melupakan kalau dia adalah Spider-Man. Strange bersedia membantu meski ditentang Wong. Ketika sedang mengucap mantra, Peter terus menganggunya.

Mantra itu rusak, multiverse pecah. Akibatnya, musuh Spider-Man dari dunia lain masuk lini masa utama MCU. Strange berusaha memperingatkan Peter, tapi Peter malah mengunci Strange di dunia cermin. Kekacauan terjadi. Beruntung Peter mendapat bantuan dari 2 Spider-Man lain yang berasal dari semesta berbeda. Di akhir film itu, Peter meminta Strange menyelesaikan mantranya. Semua orang melupakan Peter. Petualangan Strange berlanjut ke Multiverse of Madness.

Worth Mentioning:
Trilogi X-Men
9 Film yang harus Ditonton sebelum Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Untuk kali pertama, MCU akan menampilkan sosok Profesor X dari serial X-Men di awal 2000-an di Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Karakter itu diperankan Patrick Stewart. Di sekuel Doctor Strange, Profesor X akan menjadi bagian dari Illuminati, kelompok rahasia yang terdiri atas para superhero yang bertugas melindungi multiverse. Bagi mereka yang ingin tahu siapakah Profesor X di film Marvel, bisa mencoba menonton trilogi awal X-Men. Berbeda dengan MCU, trilogi X-Men ini tidak punya kontinuitas yang konsisten.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2306 seconds (0.1#10.140)