Tips Kelola Keuangan untuk Mahasiswa, Siapkan 5 Pos Penting Ini

Sabtu, 16 April 2022 - 10:00 WIB
loading...
Tips Kelola Keuangan untuk Mahasiswa, Siapkan 5 Pos Penting Ini
Mahasiswa mungkin belum memiliki penghasilan sendiri, tapi tetap harus punya perencanaan keuangan. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Apakah kamu sudah mulai mengelola keuanganmu dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran, bahkan menyisihkan pemasukan uangmu untuk menabung?

Kalau kamu sedang melakukan hal tersebut, berarti kamu sedang berada dalam proses perencanaan keuangan alias financial planning.Ini adalah proses untuk mencapai tujuan hidup lewat pengelolaan keuangan secara terintegrasi dan terencana.

Biasanya, mahasiswa kurang memperhatikan pentingnya perencanaan keuangan karena merasa belum punya banyak tanggung jawab atau tanggungan hidup. Namun, sebaiknya perencanaan ini dilakukan sedini mungkin agar bisa mencapai tujuan yang kita inginkan dan terhindar dari kekurangan dana untuk kebutuhan rutin.

Mahasiswi semester 2 dari Politeknik LP3I, Nafis Qotrunnada, merasakan sulitnya merencanakan keuangannya. “Lumayan sulit, ya, karena yang saya rasakan sebagai mahasiswa, banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi. Seperti sandang, pangan, dan papannya,” paparnya.

Tips Kelola Keuangan untuk Mahasiswa, Siapkan 5 Pos Penting Ini

Foto: Shutterstock

Ia juga menambahkan bahwa menggunakan uang tanpa dipikirkan secara matang merupakan kebiasaan buruknya yang perlu diperbaiki.

Dalam webinar yang diselenggarakan oleh GenBI Komsat Unsri bertajuk Financial Planning: Strategi Perencanaan Keuangan untuk Generasi Milenial yang diadakan pada 2021, certified financial planner Dwi Wulandari mengatakan bahwa perlu adanya kecerdasan dalam menghasilkan, mengalokasikan, mengembangkan, serta melindungi uang yang dimiliki.

“Carilah circle yang cerdas. Sekecil apa pun bisnisnya, catat pengeluarannya, pisahkan uangnya,” tambah Wulan ketika membahas tips yang tepat untuk milenial, juga mahasiswa, dalam perencanaan keuangannya.

Sebagai mahasiswa, pemasukan yang dimiliki pasti berbeda. Ada yang berkuliah sambil bekerja dengan pemasukan tetap maupun tidak tetap. Ada juga yang masih diberikan uang saku oleh orang tua, bahkan ada yang sudah punya tanggungan, seperti membayar indekos dengan uang sendiri, pangan, dan lainnya.

Harus Sabar, Tak Bisa Sekejap Ada Hasilnya

Meski begitu, pengelolaan keuangan yang tepat pasti akan mempengaruhi kehidupan kita sebagai mahasiswa. Walaupun kelihatannya sepele, pengelolaan keuangan bukanlah proses yang dapat kita lihat hasilnya dalam sekejap.

Justru ini merupakan proses berkelanjutan yang akan kita lakukan seumur hidup. Dalam proses tersebut, kita perlu menikmatinya hingga dapat membiasakan diri kita mengelola keuangan sampai ke depannya.

Tips Kelola Keuangan untuk Mahasiswa, Siapkan 5 Pos Penting Ini

Foto: Shutterstock

Nafis sempat menambahkan bahwa ia sudah mulai melakukan perencanaan keuangan. “Cara yang saya lakukan, biasanya saya membedakan uang yang akan saya gunakan untuk kebutuhan pangan dan uang untuk ditabung. Untuk uang yang ditabung, saya akan menaruh semua uangnya di bank,” ujarnya.

Baca Juga: 5 Derita Mahasiswa Semester 5, Jangan Menyerah Ini Solusinya!

Selain Nafis, salah satu mahasiswi semester 2 Universitas STIAMI Tangerang, yaitu Salsabila juga sudah mulai mengelola dan punya perencanaan keuangan. “Saya membuat tabel keuangan, supaya bisa mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap saat,” ujarnya.

Selain pemasukan, pengeluaran setiap mahasiswa pasti berbeda juga. Untuk pengeluaran, Wulan menyarankan merangkainya menjadi lima pos pengeluaran yang dapat diaplikasikan oleh mahasiswa jika memungkinkan.

“Pengeluaran sosial minimal 2,5%, menabung dan berinvestasi minimal 10%, cicilan utang maksimal 30%, kebutuhan rutin maksimal 60%, pengeluaran lifestyle maksimal 20%,” katanya.

Tips Kelola Keuangan untuk Mahasiswa, Siapkan 5 Pos Penting Ini

Foto: Shutterstock

Bisa dipastikan bahwa pengeluaran tidak akan lebih banyak dari pemasukan. Serta pengeluaran untuk kebutuhan gaya hidup atau keinginan pribadi disarankan tidak lebih banyak dari pengeluaran kebutuhan rutin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1455 seconds (0.1#10.140)