Coda Film Terbaik Oscar 2022, Ini 6 Fakta Menariknya

Coda Film Terbaik Oscar 2022, Ini 6 Fakta Menariknya
Film Coda bercerita tentang keluarga tuli dengan satu anak yang memiliki indera pendengaran lebih baik dari anggota lainnya. Foto/Apple TV+
JAKARTA - Film Coda memenangkan piala Film Terbaik (Best Picture) Oscar 2022 . Ini adalah film remake dari karya sinema Prancis.

Berikut fakta-fakta menarik seputar film yang mengungkap keluarga tuli di Amerika garapan sutrada Inggris Sian Heder.


1. Remake Film Prancis

Coda adalah remake film Prancis tahun 2014 yang berjudul La Famille Bélier, bercerita tentang Ruby Rossi (Emilia Jones), seorang CODA (child of deaf adults) atau anggota keluarga yang tidak mengalami disabilitas di tengah keluarga tuli. Ruby menjadi satu-satunya anggota keluarga yang memiliki indera pendengaran baik dibanding keluarganya yang lain.

2. Aktor Pendukung Menjadi Aktor Pria Tuli Pertama Peraih Oscar

Pemeran pendukung film ini, yaitu Troy Kotsur sebagai ayah Ruby mencetak sejarah dengan menjadi aktor pria tuli pertama yang memenangkan piala Oscar.

Sebelum Kotsur, ada aktris Marlee Matlin yang menjadi orang tuli pertama yang memenangkan Oscar pada 1988. Marlee juga bermain dalam film Coda sebagai ibu Ruby.

Baca Juga: Will Smith Tampar Chris Rock di Oscar 2022 Hebohkan Jagad Maya


3. Pujian untuk Penggambaran Kaum Disabilitas

USA Today melaporkan bahwa film ini mendapat respons positif dari komunitas tuli karena penggambaran positifnya yang menunjukkan kau, disabilitas sebagai orang-orang mandiri, berkebalikan dengan penggambaran stereotip dalam film-film lainnya, yang umumnya diperlihatkan sebagai sosok yang lemah dan selalu butuh bantuan orang "normal" lainnya.


4. Kejutan untuk Film Terbaik

Kemenangan Coda menjadi salah satu kejutan dalam Oscar 2022 karena sebelumnya film seperti Drive My Car, Licorice Pizza, The Power of the Dog, dan Dunediramalkan akan membawa pulang piala utama tersebut.

Namun pilihan Oscar - yang belakangan sering dijadikan sebagai bagian dari pernyataan politik industri film dunia - bisa dibilang sebagai bagian dari dukungan terhadap komunitas disabiitas yang hingga kini masih jadi korban diskriminasi dalam berbagai bidang.


5. Cerita tentang Mencari Keseimbangahn Hidup

Sebagai satu-satunya anggota keluarga yang bisa mendengar, Rosy harus menyeimbangkan hidupnya antara mengurus bisnis keluarganya dalam bidang penangkapan ikan, juga berjuang untuk mencari jalan hidupnya sendiri. Film ini masuk kategori coming of age atau perjalanan hidup remaja menuju kedewasaannya.

Baca Juga: 4 Film Pemenang Oscar 2022 yang Perlu Kamu Tonton


6. Emilia Jones Beken sebagai Bintang Serial Netflix

Pemeran Ruby, Emilia, sudah memenangkan piala aktris terbaik dalam BAFTA Awards untuk perannya dalam film ini. Sebelumnya, ia beken sebagai Kinsey Locke dama serial Netflix Locke & Key (2020),

Ia juga bermain dalam serial Doctor Who (2013), Utopia (2013–2014), Brimstone (2016), Ghostland (2018), danHorrible Histories (2019).


(ita)
Share: