10 Serial Anime yang jelas Terinspirasi dari Dragon Ball

Selasa, 22 Maret 2022 - 21:21 WIB
loading...
10 Serial Anime yang jelas Terinspirasi dari Dragon Ball
Serial Dragon Ball telah menginspirasi sejumlah anime populer lain. Banyak anime yang mengambil langsung trope yang didasarkan pada karya Akira Toriyama itu. (Foto: CBR)
A A A
Serial Dragon Ball karya Akira Toriyama bukan hanya disukai para penggemar anime. Para pencipta manga dan anime pun juga suka serial ini. Maka tidak heran kalau banyak serial lain yang terlihat nyata terinspirasi dari serial yang dimulai pada 1980-an itu.

Harus diakui, banyak trope shounen yang berasal langsung dari Dragon Ball Z. Bahkan, sebagian besar karakter utama di serial shounen juga berbasis pada Goku. Bahkan, cerita-cerita yang tidak mendasarkan karakter utamanya dari Goku akan menyisipkan segunung referensi atau karakter yang mengingatkan pada karakter dari Dragon Ball.

Puluhan tahun setelah episode terakhir Dragon Ball Z ditayangkan, serial itu mempertahankan relevansi identik di budaya anime. Ini adalah bukti betapa Dragon Ball adalah gebrakan di waktu tersebut. Lantas, anime apa saja yang terinspirasi dari Dragon Ball? Mengutip CBR, berikut ulasannya!



10. Naruto
10 Serial Anime yang jelas Terinspirasi dari Dragon Ball

Masashi Kishimoto mengakui kalau dia mulai mengerjakan manga Naruto karena Dragon Ball dan, secara khusus, Goku. Tidak sulit melihat pengaruhnya. Naruto dan Goku sama-sama tukang makan. Tentu saja, meskipun Naruto tidak mau melawan orang yang “kuat”, dia juga punya versi dirinya yang tersembunyi dan jahat dan dia bisa berubah menjadi seperti itu. Naruto mungkin satu-satunya karakter di anime yang punya transformasi lebih banyak dari Goku. Setidaknya, Naruto telah mengalami 9 kali perubahan.

9. One-Punch Man
10 Serial Anime yang jelas Terinspirasi dari Dragon Ball

Dragon Ball adalah tentang karakter yang ingin terus menghadapi orang yang lebih kuat. Jadi, tujuannya adalah pelatihan terus menerus agar lebih baik lagi melalui pertarungan. Sementara, Saitama adalah orang yang ingin menjadi begitu kuat sehingga dia lebih kuat ketimbang orang lain. Tapi, dia juga ingin menghadapi orang yang kuat. Kalau Goku, dia tiba-tiba menghadapi orang yang kuat. Di saat yang sama, musuh pertama Saitama adalah Vaccine Man, yang terlihat mirip Piccolo, kecuali dia punya warna berbeda.

8. Bleach
10 Serial Anime yang jelas Terinspirasi dari Dragon Ball

Penggemar Bleach tahu kalau Akira Toriyama menulis surat kepada Tite Kubo. Isi surat itu adalah mendorongnya untuk tetap menulis setelah Bleach awalnya tidak dipilih untuk diterbitkan. Tapi, di buku Dragon Ball Landmark, Kubo mengungkapkan bagaimana dia belajar dari Dragon Ball kalau penjahat itu harus kuat, menakutkan, dan keren. Penglihatan terhadap penjahat Bleach mengindikasikan hal itu. Maka, tidak mengherankan kalau Ichigo Kurosaki juga mengalami sejumlah transformasi yang memberikan kemampuan lebih besar.

7. Bobobo-Bo Bo-Bobo
10 Serial Anime yang jelas Terinspirasi dari Dragon Ball

Serial ini adalah parodi besar yang terinspirasi banyak hal. Setidaknya bukan hanya Fist of the North Star, tapi acuan Dragon Ball juga terlihat jelas. Banyak pertarungan yang ditarik langsung dari Dragon Ball Z. Ini termasuk fakta kalau karakter-karakternya dikenal berfusi bersama untuk menciptakan versi yang lebih kuat. Transformasi Don Patch sebagai Professional Patch jelas teriakan terhadap Super Saiyan.

6. One Piece
10 Serial Anime yang jelas Terinspirasi dari Dragon Ball

Pada titik ini, One Piece telah mengambil tempat Dragon Ball sebagai manga premier. Popularitasnya benar-benar gila. Kemampuan Eiichiro Oda untuk menjaga serial ini tetap berjalan sementara menjaga penggemar tetap setia itu mengagumkan. Jelas, semuanya terinspirasi sesuatu. Karakter utama One Piece, Luffy, sangat terinspirasi oleh Goku. Kenyataan kalau dia tukang makan dan dia mengalami tiga transformasi berbeda, sama seperti yang dialami Goku di akhir Dragon Ball Z.

5. School Rumble
10 Serial Anime yang jelas Terinspirasi dari Dragon Ball

Dragon Ball selalu bisa diperhitungkan sebagai referensi untuk komedi yang bagus. Di salah satu episode School Rumble, karakter utamanya, Harima, berubah menjadi Super Saiyan betulan untuk melawan musuhnya, Ouji Karasuma. Karena Harima adalah penulis manga, maka tidak mengejutkan untuk melihat referensi blak-blakan itu. Harima dan Karasuma terlibat pertarungan yang bahkan berisi aura energi. Tapi, pada akhirnya Harima-lah pemenangnya.

4. Gintama
10 Serial Anime yang jelas Terinspirasi dari Dragon Ball

Gintama adalah serial referensi terhadap anime lain yang juga berhasil menceritakan ceritanya sendiri yang mengagumkan. Tidak seperti serial lain, Gintama bahkan tidak berusaha menyembunyikan referensinya terhadap Dragon Ball. Gintoki bahkan benar-benar berusaha melakukan jurus Kamehameha, meski tidak berhasil. Mereka juga cosplay sebagai karakter Dragon Ball dengan Gintoki tampil sebagai Yamcha dengan penampilan Saga Saiyan-nya. Dia bahkan terempas oleh Saibaman palsu.

3. Assassination Classroom
10 Serial Anime yang jelas Terinspirasi dari Dragon Ball

Assassination Classroom tidak takut langsung masuk ke akar manga lelucon. Di awal serial ini, kelas itu diperkenalkan kepada Itona, anggota kelas yang punya koneksi ke Koro-sensei. Itona mengklaim kalau Koro-sensei adalah kakaknya, yang membuat kelas itu mulai memikirkan berbagai adegan anime klasik. Salah satunya adalah teriakan langsung ke awal Saga Saiyan, dengan Itona adalah Goku dan Koro-sensei adalah Raditz.

2. My Bride Is A Mermaid
10 Serial Anime yang jelas Terinspirasi dari Dragon Ball

Serial ini sebenarnya adalah parodi seperti One Punch Man. Tapi, itu adalah poin lainnya. Serial ini jelasnya punya referensi terhadap Dragon Ball. Misalnya, salah satu karakternya benar-benar mereferensi tidak hanya pada Dragon Ball, tapi juga Shenron. Serial ini juga menyelinapkan karakter dari Dragon Ball ke anime itu. Mereka berhasil mendapatkan Goku, Bezita, dan Trunks ke episode berbeda di serial itu.



1. Binbougami Ga!
10 Serial Anime yang jelas Terinspirasi dari Dragon Ball

Serial manga lucu-lucuan suka Dragon Ball. Ini tidak mengejutkan karena Akira Toriyama punya akar dalam menciptakan manga lucu-lucuan. Serial anime Binbougami Ga ini punya acuan konsisten terhadap anime itu. Serial ini tidak malu-malu menunjukkan referensinya terhadap Dragon Ball. Di pembukaan, Goku dan Bezita jelas terlihat. Ini artinya, mereka hadir di tiap episode. Kemudian, ada karakter Momou yang punya bentuk kekuatan yang pada prinsipnya adalah Super Saiyan.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2546 seconds (0.1#10.140)