7 Anime yang Terasa seperti Sinetron saat Ditonton

7 Anime yang Terasa seperti Sinetron saat Ditonton
Sinetron selalu ada di platform hiburan mana pun. Anime pun tidak kebal dari tipe ini. Sejumlah serial di anime punya ciri khas sinetron dan orang menikmatinya. (Foto: Gameshifu)
Istilah sinetron kerap mengacu pada tontonan yang melodramatik atau sangat bergantung pada histrionik dan plot twist gila. Sinetron ini bisa terjadi di platform mana pun. Bahkan, di anime , ada sejumlah ceritanya yang punya ciri khas kuat sinetron ini.

Anime sinetron ini biasanya terjadi di cerita cinta. Ceritanya bisa terlalu dramatis. Tapi, anime semacam ini tetap punya penonton yang selalu setia menantikan setiap episode barunya.

Seperti sinetron, anime jenis ini juga punya klise khas tontonan itu. Apalagi kalau bukan cinta segitiga dan juga koma. Memang, ada sejumlah anime yang menikmati kelebihan melodramatis. Apa saja anime sinetron ini? Mengutip CBR, berikut ulasannya!

Baca Juga: 5 Anime Crossover Terbaik yang Sangat Layak Ditonton

7. School Days
7 Anime yang Terasa seperti Sinetron saat Ditonton

Saat ini, anime ini hanya benar-benar diingat karena gore-nya dan perahu yang menyensor finale aslinya. Sehingga, banyak yang terjadi di anime ketimbang apa yang dilihat mata. Nyatanya, cinta segitiga antara Makoto, Sekai, dan Kotonoha adalah dekonstruksi suram formula harem.

Seperti melodrama yang bagus, anime ini dimulai dengan Makoto yang mendekati Sekai dan Kotonoha. Tapi, sisi manipulasi Makoto secara perlahan-lahan masuk. Kebohongannya mendorong kedua cewek itu masuk mendalam ke akhir yang tragis. Anime ini berakhir dengan pembunuhan. Siapa pun yang ingin menonton sinetron khas yang mendorong ke sisi tergelapnya harus memberikan anime yang mempolarisasikan ini peluang.

6. Domestic Girlfriend
7 Anime yang Terasa seperti Sinetron saat Ditonton

Anime ini sering dibandingkan dengan telenovela sampah. Dan, anime ini jelas bisa mendapatkan reputasi itu. Kalau cinta segitiga antara Natsuo, Rui, dan gurunya, Hina, belum cukup, ketiga orang itu akhirnya menjadi keluarga. Itu semua terjadi berkat ayah Natsuo yang menikahi ibu Hina dan Rui.

Sementara segala sesuatu tentang premisnya dibuat-buat dan sejumlah skenario cabulnya transparan, anime ini memperlakukan konflik romantisnya dengan serius. Apa yang awalnya adalah sinetron cabul lucu pelan-pelan menjadi pandangan serius terhadap hubungan yang sangat tabu. Resolusi anime ini jelas mempolarisasi penonton.

5. White Album 2
7 Anime yang Terasa seperti Sinetron saat Ditonton

Serial ini jelas adalah sekuel. Tapi, yang baru akan menontonnya tidak perlu mencari season pertamanya. Adaptasi novel visual underrated ini mempertahankan pengikut bahkan sampai hari ini karena penggambaran realitas menyakitkan cinta segitiga. Terutama, cinta antara Haruki dan dua teman sebandnya, Kazusa dan Setsuna.

Setelah tampil sempurna di festival sekolah dan menyelmatkan Light Music Club dari pembubaran, emosi mereka pun membuncah. Haruki terpecah di antara kasih sayang Kazusa dan Setsuna untuknya. Kebohongan dan patah hati terjadi. Anime ini hanya mengadaptasi busur pertama novelnya. Tapi ini sudah lebih cukup untuk menjadikannya anime sinetron yang bagus.

4. Rumbling Hearts
7 Anime yang Terasa seperti Sinetron saat Ditonton

Selain amnesia, salah satu klise sinetron terpopuler adalah koma. Inilah cerita anime ini. Hubungan Takayuki dan Haruka terhenti mendadak setelah Haruka koma akibat kecelakaan mobil. Haruka terbangun tiga tahun kemudian. Dia lantas tahu kalau pacarnya sudah move on dengan sahabatnya, Mitsuki.

Selama perjalanan 14 episode, Takayuki harus memilih antara cinta masa lalunya atau yang sekarang. Apa pun pilihannya akan mengubah hidup semua orang selamanya. Anime in memperlakukan drama dan ketegangannya dengan serius. Inilah yang membuatnya menonjil di antara anime romance yang mendominasi era 2000-an.

3. Scum's Wish
7 Anime yang Terasa seperti Sinetron saat Ditonton

Biasanya, sinetron akan fokus pada cinta segitiga yang melibatkan tiga karakter. Anime ini menaikkan permainan dengan memberikan pasangan utamanya, Hanabi dan Mugi, banyak prospek romantis. Yang lebih buruk, semua orang berusaha mendapatkan cinta dan perhatian kedua orang itu, meskipun ada masalah yang belum terselesaikan dan trauma masa lalu.

Yang membuat lebih rumit lagi adalah Hanabi dan Mugi bahkan tidak bersama secara resmi. Mereka adalah friend with benefit (fwb) yang mulai saling cinta tapi membantah perasaan itu. Menyebut konflik romansa di serial ini rumit itu menyepelekan. Tapi, semuanya dibungkus dengan rapi oleh akhir serial ini yang pahit manis.

2. Orange
7 Anime yang Terasa seperti Sinetron saat Ditonton

Semua orang menyesali apa yang mereka perbuat atau tidak lakukan. Beberapa puluh tahun setelah lulus SMA, Naho punya banyak penyesalan sehingga dia menulis surat kepada dirinya sendiri. Dia menyusun sakit hati dan tragedi yang seharusnya bisa dihindari. Twist-nya, surat Naho itu benar-benar sampai ke dirinya yang lebih muda. Dia pun melakukan apa saja untuk menyelamatkan masa depannya.

Anime ini memenuhi semacam fantasi kekuatan yang unik di sinetron, yaitu kelegaan emosional. Melalui Naho, penonton bisa menghidupkan kembali masa-masa remaja mereka sementara membatalkan kesalahan yang akan membebani mereka selama bertahun-tahun. Premis dan twist serial ini mungkin agak fantastikal, tapi dramanya sangat relatable.

Baca Juga: 7 Karakter Anime yang Cengengnya Kebangetan, Juaranya Ketebak!

1. CLANNAD
7 Anime yang Terasa seperti Sinetron saat Ditonton

Tidak ada anime melodramatik sesempurna CLANNAD. Tidak hanya dianggap sebagai adaptasi novel dengan visual yang baik, anime ini juga dianggap sebagai anime terbaik yang prenah dibuat. Di anime ini, Tomoya menemukan ketertarikan baru dalam hidup saat dia beteman dengan Nagisa dan membantunya membentuk klub drama.

Yang berikutnya terjadi bukan hanya Tomoya dan Nagisa jadi saling suka. Tapi, Tomoya juga membuka dirinya dengan cara yang tidak pernah dia pikirkan. Selain endingnya yang membingungkan dan emosional, yang membuat CLANNAD sangat disukai adalah cerita teman menjadi kekasih yang tidak terlupakan.


(alv)
Share: