10 Hubungan Keluarga Terbaik dalam Film Encanto

Selasa, 01 Maret 2022 - 15:30 WIB
loading...
10 Hubungan Keluarga Terbaik dalam Film Encanto
Film animasi Encanto menggambarkan hubungan antar-anggota keluarga yang unik dan dinamis. Foto/Walt Disney Studios Motion Pictures
A A A
JAKARTA - Elemen terpenting dalam film Encanto bukanlah persoalan tentang sihir, melainkan hubungan antarkarakter yang indah dan menarik untuk disimak.

Layaknya sebuah film dengan judul yang secara harfiah berarti 'keajaiban', film animasi dari Disney ini mengisahkan tentang keajaiban dalam ketidaksempurnaan dan mencari kesempatan kedua untuk menjalani hidup. Film ini menggambarkan keluarga Madrigal yang berjuang saat kehilangan kekuatan ajaib mereka.

Tokoh protagonis, Mirabel, mencoba untuk menemukan penyebab hilangnya kekuatan mereka. Masalah ini juga memberikan trauma antargenerasi keluarga Madrigal. Nah, berikut ini hubungan antarkarakter yang sangat menarik dalam film Encanto.

1. Alma yang Mempertahankan Keluarganya, tapi Malah Membuat Keajaiban Runtuh

10 Hubungan Keluarga Terbaik dalam Film Encanto

Foto: Walt Disney Studios Motion Pictures

Pemimpin keluarga Madrigal, Abuela Alma, menjadi alasan Encanto didirikan—dan mengapa rumah tersebut menjadi runtuh. Alma mengalami trauma berat saat menyaksikan suaminya Pedro meninggal, dan terobsesi melindungi rumah barunya.

Ini juga yang membuat ia akhirnya memberi terlalu banyak tekanan terhadap anak dan cucunya. Anggota keluarga yang lebih muda diberitahu sejak masih kecil bahwa mereka perlu membuat keluarganya bangga. Akibatnya, mereka merasa tidak mampu, tidak aman, dan tersesat jika mereka tidak sanggup untuk memenuhi harapan Alma yang sering kali tidak masuk akal.

Inilah yang menyebabkan hubungan beracun (toxic relationship), dengan penggambaran yang sangat menarik dan mengangkat tema yang tidak sering ditampilkan dalam film animasi.

2. Bruno Sangat Mencintai Keluarganya, Lebih Kuat Dibanding Kebencian Mereka Terhadap Bruno

10 Hubungan Keluarga Terbaik dalam Film Encanto

Foto: Walt Disney Studios Motion Pictures

Tokoh Tio Bruno diperkenalkan dalam film lewat lagu We Don't Talk About Bruno. Ia tampaknya menjadi sosok misterius yang tidak menyenangkan dan kekuatannya sering kali membayangi kehidupan semua orang di sekitarnya.

Namun pada kenyataannya, ia adalah karakter tragis yang dikucilkan karena bakatnya. Ia memiliki kemampuan melihat masa depan, tapi penglihatannya sering menampilkan hasil negatif.

Hal itu membuat orang-orang Encanto melihat keberadaannya sebagai pertanda buruk. Setelah menerima penglihatan Mirabel, Bruno memilih untuk mengasingkan diri ke dinding Casita dan tidak ingin Mirabel menjadi orang buangan juga.

Tapi, cinta Bruno kepada keluarganya tetap bertahan meskipun mereka cenderung mengabaikan keberadaannya. Ia terus mendambakan kedekatan dengan mereka sehingga ia selalu berada di tembok sebelah dapur. Tembok ini memisahkan Bruno dari keluarganya. Gambaran Ini sangat menyayat hati dan memilukan.

3. Isabela Menemukan Kebebasan setelah Mengatasi Persaingan dengan Mirabel

10 Hubungan Keluarga Terbaik dalam Film Encanto

Foto: Walt Disney Studios Motion Pictures

Persaingan saudara kandung merupakan hal yang alami dalam sebuah keluarga. Hal ini akan makin terasa ketika satu anak diperlakukan istimewa dibanding yang lain. Mirabel lahir tanpa keajaiban kekuatan sihir dan membuat Abuela Alma tidak menyukainya.

Sementara itu, kakak perempuan tertuanya, Isabela merupakan anak emas di dalam keluarga. Keanggunan dan kecantikannya membuat semua orang memujinya.

Untuk menyelamatkan keajaiban keluarga, Mirabel mendekati saudara perempuannya. Tak disangka, dari sini Mirabel mengetahui bahwa Isabela merasa terjebak oleh citranya, mirip seperti Mirabel yang tidak dikaruniai keajaiban.

Percakapan mereka membuat Isabela mendapat pencerahan dan memahami potensi dirinya yang sebenarnya.

4. Casita Berinteraksi dengan Beberapa Anggota Terpilih

10 Hubungan Keluarga Terbaik dalam Film Encanto

Foto: Walt Disney Studios Motion Pictures

Salah satu elemen paling menarik dalam Encanto adalah tempat tinggal keluarga Madrigal, yang dikenal sebagai Casita. Casita dapat berkomunikasi dengan keluarga, meskipun lebih menunjukkan preferensi yang lebih jelas untuk Mirabel dan Abuela.

Para kreator membuat elemen penting seperti papan dan ubin lantai untuk mendesain bentuk bahasa Casita secara praktis. Ini cukup menarik dan telah membuat beberapa penonton berteori bahwa rumah hidup itu sebenarnya menyimpan jiwa Abuelo Pedro. Hilangnya keajaiban sihir Casita terasa seperti kematian anggota keluarga.

Baca Juga: 3 Alasan Kesuksesan Spider-Man Bisa Jadi Ancaman untuk MCU

5. Felix Selalu Menghibur Istrinya ketika Sedang Temperamental

10 Hubungan Keluarga Terbaik dalam Film Encanto

Foto: Walt Disney Studios Motion Pictures

Putri Abuela, Pepa, memiliki salah satu kekuatan ajaib yang paling kuat dan berpotensi berbahaya dalam film tersebut. Ia mampu mengendalikan cuaca dengan emosinya yang tidak selalu baik karena temperamennya bisa menyebabkan badai.

Untungnya, Pepa tidak sendirian. Suami Pepa, Felix, selalu berada di sisinya dan punya kepribadian untuk selalu mendukung istrinya. Semangat dan kegembiraan Felix tidak pernah gagal untuk selalu menghibur dan menenangkan Pepa ketika ia sedang merasa cemas.

6. Kekuatan Luisa Membuat Hubungan Erat dengan Saudara Perempuannya

10 Hubungan Keluarga Terbaik dalam Film Encanto

Foto: Walt Disney Studios Motion Pictures

Tidak seperti kakak perempuannya Isabela, Luisa tidak memiliki masalah dengan Mirabel. Hubungannya dengan Mirabel tidak memiliki permusuhan apa pun. Hal ini sangat menarik apalagi mengingat peran Luisa dalam keluarganya.

Kekuatan supernya menempatkannya pada posisi yang tidak menyenangkan sebagai 'batu karang' keluarga, memiliki kekuatan seperti The Hulk. Ia mengaku sering merasa seperti dihancurkan oleh tekanan dari segala hal yang harus ia lakukan.

Isabela mungkin merasa cemburu pada Mirabel karena tidak harus menanggung beban seperti dirinya. Namun Luisa tidak menunjukkan dendam apa pun terhadap saudara perempuannya, Bruno, atau siapa pun.

Dukungan dari Luisa sangat berarti bagi Mirabel, dan ia menjadi salah satu dari sedikit orang yang benar-benar membantunya dalam mencari penyebab runtuhnya keajaiban keluarga.

7. Antonio Berempati pada Mirabel Saat Ia Menerima Keajaiban

10 Hubungan Keluarga Terbaik dalam Film Encanto

Foto: Walt Disney Studios Motion Pictures

Saat awal film dimulai, anggota keluarga termuda, Antonio, menerima kekuatan-kekuatan ajaib. Pada saat Mirabel masih kecil, ia gagal karena tidak mendapatkan keajaiban.Sebagian dari dirinya, tidak ingin Antonio menerima keajaian sama sekali agar bisa tinggal bersama dengan Mirabel di kamar bayi.

Saat Antonio akan menerima keajaiban, ia menyadari keresahan Mirabel dan memintanya agar ia mendapatkan dukungan emosional selama upacara penerimaan keajaiban.

8. Julieta dan Agustin Menawarkan Dukungan tanpa Syarat kepada Mirabel

10 Hubungan Keluarga Terbaik dalam Film Encanto

Foto: Walt Disney Studios Motion Pictures

Banyak karakter dalam Encanto yang memandang rendah Mirabel karena ia tidak memiliki kekuatan ajaib. Namun kedua orang tuanya tidak merasa begitu. Julieta dan Agustin sangat mencintai Mirabel.

Julieta selalu menunjukkan bahwa Mirabel benar-benar istimewa dengan caranya sendiri. Sementara itu, Agustin selalu berempati kepada Mirabel.

Setelah menikah dan berkeluarga, Agustin juga tidak memiliki kekuatan ajaib dan terkadang merasa seperti orang asing. Hal ini tidak membuatnya enggan protektif terhadap putrinya. Saat ia mengetahui tentang penglihatan Bruno, ia buru-buru menyuruh Mirabel untuk menyembunyikannya, apa pun yang terjadi.

9. Pedro dan Alma memiliki Kisah Cinta yang Indah dan Tragis

10 Hubungan Keluarga Terbaik dalam Film Encanto

Foto: Walt Disney Studios Motion Pictures

Abuela Alma mungkin bukan karakter yang paling disukai dari film ini dan pengaruhnya tidak diragukan lagi meninggalkan trauma pada anggota keluarga yang lebih muda. Namun kisah tragisnya membawa beban yang sama besarnya. Bagian akhir Encanto menampilkan hubungan Alma dan Pedro sedikit lebih rinci.

Sebuah kilas balik masa lalu Alma dan Pedro diputar bersama dengan lagu Dos Oruguitasyang dinyanyikan oleh Sebastián Yatra. Sangat menyedihkan melihat pasangan muda menemukan kebahagiaan bersama, lalu tak lama kehilangan rumahnya.

Pengorbanan terakhir Pedro dan kesedihan Alma karena kehilangan Pedro memperkuat hubungan mereka,. Ini menjadi salah satu hubungan terbaik yang digambarkan dalam film, bahkan saat Pedro tidak lagi hidup.

Baca Juga: Juvenile Justice, 6 Alasan Kamu Wajib Nonton Drama Korea Terbaru Netflix Ini

10. Bruno dan Mirabel Bekerja Sama untuk Menyelamatkan Keajaiban Keluarga

10 Hubungan Keluarga Terbaik dalam Film Encanto

Foto: Walt Disney Studios Motion Pictures

Bertahun-tahun setelah hilangnya Bruno, Mirabel menemukannya dan bersama-sama menyelamatkan keajaiban keluarga. Kedua karakter tersebut sangat terikat satu sama lain karena pengalaman bersama mereka dan keinginan untuk melindungi keluarga.

Meskipun awalnya tidak berhasil, keinginan Bruno untuk menjaga Mirabel tetap sama kuatnya. Ia bahkan berani menghadapi Alma, sesuatu yang tidak pernah berani ia lakukan sebelumnya.

Mungkin hubungan ini menjadi ikatan antara dua "domba hitam" dalam keluarga yang benar-benar membimbing Madrigal untuk memperbaiki semuanya. Meskipun Bruno dan Mirabel masih punya luka karena mendapatkan perlakuan buruk, mereka saling menemukan perlindungan dari satu sama lain.

Riva Destira Ramadhani
Kontributor GenSINDO
Universitas Negeri Jakarta
Instagram: @destiraawr
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2392 seconds (0.1#10.140)