Diduga Jahat, Iron Man di Doctor Strange 2 Bukanlah Tony Stark

Selasa, 01 Maret 2022 - 03:03 WIB
loading...
Diduga Jahat, Iron Man di Doctor Strange 2 Bukanlah Tony Stark
Sebuah teori menyebutkan, Iron Man yang diduga akan muncul di Doctor Strange in the Multiverse of Madness bukanlah Tony Stark, tapi kerabatnya yang jahat. (Foto: Heroic Hollywood)
A A A
Rumor cameo di Doctor Strange in the Multiverse of Madness belum mereda. Salah satu cameo yang paling sering dimunculkan adalah varian Tony Stark alias Iron Man. Karakter ini santer dikabarkan diperankan Tom Cruise. Dia akan tampil sebagai salah satu anggota Illuminati.

Namun, sebuah teori mengatakan, Iron Man yang akan tampil di sekuel Doctor Strange itu bukanlah Tony Stark. Meski begitu, dia masih merupakan anggota Stark. Dengan demikian, karakter itu tetap punya koneksi kuat dengan warisan Tony.

Banyak orang menduga Iron Man akan tampil di Doctor Strange 2 dengan Marvel meng-casting Tom Cruise sebagai Iron Man. Karena Tom adalah pilihan awal studio itu untuk memerankan Iron Man, ada rasa kalau Marvel bisa membuat Stark versi Tom ini dari dunia berbeda di multiverse. Sejumlah orang mengatakan, Iron Man muncul di trailer terbaru Doctor Strange 2 dalam wujud sosok dibungkus api yang menyerang Wanda Maximoff.

Karena wajah sosok itu tidak terlihat, maka tidak bisa dipastikan siapa sosok ini. Selain Iron Man, sosok itu juga diduga sebagai Captain Marvel, Monica Rambeau hingga Human Torch dari Fantastic Four. Jawabannya hanya akan didapatkan ketika film itu tayang pada 6 Mei mendatang.

Yang jelas, Tony Stark versi Robert Downey Jr. sudah mati di Marvel Cinematic Universe (MCU). Namun, konsep multiverse bisa dengan mudah membuat Doctor Strange 2 menciptakan perwujudan baru atas superhero yang sudah ada, entah bagaimana status mereka. Dengan demikian, ada kemungkinan kalau Iron Man akan bergabung dengan Stephen Strange menyelamatkan multiverse. Namun, sekali lagi, Iron Man di film ini bukanlah Tony Stark. Siapa dia? Mengutip Screen Rant, simak penjelasan atas teori tersebut!



1. Iron Man 2020 di komik Marvel
Diduga Jahat, Iron Man di Doctor Strange 2 Bukanlah Tony Stark

Pada 1984, Marvel menerbitkan miniseri tentang superhero android mereka, Machine Man, dan ber-setting di masa depan alternatif. Salah satu penjahat yang diciptakan untuk melawan Machine Man adalah Iron Man 202. Di lini masa itu, Iron Man 2020 adalah Arno Stark. Dia merupakan kerabat yang masih puya hubungan darah dengan Tony dan mengambil alih Stark Industries setelah Tony tewas.

Setelah menjadi Iron Man baru, Arno mengoperasikan tentara bayaran kejam dan sering dipakai sebagai penjahat. Kemudian, Marvel mengeluarkan Iron Man 2002 dari lini masa Machine Man dan mulai menggunakannya di cerita karakter lain. Lewat perjalanan menembus waktu, Arno bentrok dengan Spider-Man, West Coast Avengers, Death’s Head dan lain-lain. Dia juga menjadi minion Kang the Conqueror.

Sebuah revisi pada 2010-an membuat Arno sebagai karkater di lini masa utama. Kemudian ditegaskan kalau Iron Man 2020 versi ini adalah adik rahasia Tony yang sudah lama menghilang. Seperti versi aslinya, Arno juga berevolusi menjadi penjahat dan punya zirah Iron Man-nya sendiri. Perbedaan utamanya adalah ceritanya diceritakan di masa sekarang, dengan Tony masih menjadi superhero aktif. Konflik mereka berakhir dengan Iron Man dipaksa mengalahkan Arno.

2. Iron Man di Doctor Strange 2 adalah Arno Stark
Diduga Jahat, Iron Man di Doctor Strange 2 Bukanlah Tony Stark

Melihat penampakan atas apa yang diduga sebagai Iron Man di Doctor Strange 2, karakter itu sepertinya mengenakan variasi zirah Iron Man Superior. Ada implikasi besar kalau kostum khusus ini benar-benar dipakai karakter tersebut di film itu. Pertama-tama, harus dicatat kalau kostum Iron Man Superior—atau zirah Endo Sym—sangatlah canggih, bahkan lebih canggih dari kostujm lain Tony.

Berdasarkan kemampuannya di trailer Doctor Strange 2, sepertinya itu adalah kostum tersebut. Bagaimana kostum itu bersinar adalah indikasi kalau kostum itu sangatlah kuat. Sinar itu juga memperkuat tautan ke lini cerita Iron Man Superior.

Arno Stark tidak punya koneksi ke Iron Man Superior di komik Marvel. Tapi, akan masuk akal bagi Marvel untuk menautkan keduanya bagi intepretasi karakter itu di MCU. Di komik, Iron Man Superior adalah Tony Stark versi jahat terbalik yang tercipta akibat mantra salah.

Alih-alih menampilkan Tony Stark versi jahat, Marvel bisa dengan mudah memberikan peran Iron Man Superior itu kepada Arno. Bukan hanya itu, tapi dengan elemen masa depan kostum itu akan pas dengan apa yang diharapkan penggemar dari Arno Stark versi MCU. Sebagai karakter yang aslinya dilihat sebagai Iron Man dari masa depan, akan pas bagi perlengkapannya untuk lebih unggul dan melampaui apa yang bisa diakses Tony Stark di film Iron Man dan Avengers.

3. Kehadiran Arno Stark bakal menghindari masalah recasting Iron Man
Diduga Jahat, Iron Man di Doctor Strange 2 Bukanlah Tony Stark

Dengan menggunakan Arno Stark sebagai Iron Man multiverse, MCU membantu Doctor Strange 2 menghindari kecaman dari penggemar kalau mereka me-recast Tony. Dengan pertimbangan kalau Robert Downey Jr. dianggap sebagai perwujudan definitif karakter itu, maka akan menjadi tantangan signifikan bagi Marvel untuk meng-casting ulang karakter tersebut. Karena penggambarannya yang dirayakan di mana-mana, usaha apa pun untuk mengganti peran itu dengan orang lain akan menghadapi kritik keras.

Tidak masalah apakah karakter itu Tom Cruise atau lainnya, kritikan akan datang. Tentu saja, kehadiran karakter itu di Doctor Strange 2 mungkin hanya akan menjadi cameo sekali waktu—tapi, itu tidak akan benar-benar menghentikan kontroversi. Mungkin, cara terbaik bagi Doctor Strange 2 untuk menampilkan Iron Man multiverse adalah dengan menciptakan versi mereka sendiri dan sama sekali tidak menggunakan Tony Stark. Arno akan menjadi solusi sempurna pada masalah ini.



4. Peran Arno Stark di Doctor Strange 2
Diduga Jahat, Iron Man di Doctor Strange 2 Bukanlah Tony Stark

Ada banyak arah yang bisa diambil Marvel terhadap Arno jika mereka membawa Iron Man 2020 ke MCU. Salah satu opsinya sudah terindikasi di cameo mengejutkan Professor X. Di komik, Xavier dan Iron Man adalah anggota Illuminati, organisasi rahasia yang beroperasi di balik layar untuk menghentikan ancaman skala besar. Professor X digambarkan sebagai perwakilan dewan misterius yang menempatkan Doctor Strange di persidangan. Ini mengindikasikan kalau MCU mengadaptasi Illuminati.

Kehadiran mereka juga bisa menjelaskan mengapa Iron Man versi Arno Stark turut tampil. Kalau versi MCU-nya ini sama seperti versi komik, maka dia adalah satu di antara anggota Illuminati yang menentang Strange. Trailer Doctor Strange 2 memberikan kesan kalau Xavier adalah suara kelompok itu. Di situ, Arno bisa lebih antagonis—bukan penjahat sepenuhnya. Di titik tertentu di film ini, Arno bisa berhadapan dengan Strange.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2594 seconds (0.1#10.140)