10 Nama Karakter Attack on Titan yang Punya Makna Tersembunyi

Minggu, 27 Februari 2022 - 05:05 WIB
loading...
10 Nama Karakter Attack on Titan yang Punya Makna Tersembunyi
Attack on Titan punya banyak karakter dengan nama menarik. Penciptanya, Hajime Isayama, ternyata punya alasan memilih nama itu sehingga pas dengan karakternya. (Foto: Gojinshi)
A A A
Attack on Titan telah menggoyang lanskap anime sejak episode pertamanya tayang pada April 2013. Hampir semua aspek di serial ini sangat mencekam dan memang layak mendapatkan pujian. Karakter yang ada di serial ini semuanya punya tujuan jelas dan kokoh sejak awal.

Eren ingin menyingkirkan semua Titan, Armin ingin melihat dunia di luar tembok, dan Mikasa akan melakukan apa pun untuk menjaga Eren tetap selamat. Bahkan, karakter yang bukan karakter utama pun punya tujuan sejak awal. Pencipta serial ini, Hajime Isayama, dengan hati-hati menulis semua karakter itu sehingga menjadi karakter yang lengkap dan utuh.

Isayama pun memilih nama karakter itu tidak asal-asalan. Sejumlah nama karakter yang dia pilih ternyata punya arti yang mendalam dan pas dengan kepribadian mereka. Seperti apa? Mengutip CBR, berikut ulasannya!



10. Levi
10 Nama Karakter Attack on Titan yang Punya Makna Tersembunyi

Tak dimungkiri, Levi telah menjadi salah satu karakter paling populer di Attack on Titan. Dia juga menjadi salah satu cowok terpopuler di sejarah anime sejak debut. Namanya berasal dari bahasa Ibrani yang berarti “terikat” atau “bergabung”.

Meski awalnya arti itu tidak pas dengan karakternya, kalau dilihat dari skuadnya, maka itu akan jadi pas. Kepercayaan dan tekad mereka pada Levi, dan juga bagaimana mereka meneladaninya, adalah benang yang menyatukan Pasukan Pengintai. Ini membuatnya menjadi tautan yang menyatukan mereka semua.

9. Hange
10 Nama Karakter Attack on Titan yang Punya Makna Tersembunyi

Acara dan merchandise resmi di Jepang menggunakan nama karakter hasil terjemahan bahasa Inggris dari Kodansha. Nama Hange selalu diterjemahkan sebagain Hans Zoe. Hans adalah singkatan dari Johannes, varian John dari Jerman yang berarti “Tuhan sangat bermurah hati”.

Zoe adalah nama Yunani yang berarti “hidup”. Tapi, nama itu tidak dipilih atas arti-arti tersebut. Isayama mengatakan, dia suka nama Hange/Hans Zoe karena terdengar aneh, yang pas dengan kepribadian karakter itu.

8. Eren
10 Nama Karakter Attack on Titan yang Punya Makna Tersembunyi

Nama Eren berasal dari bahasa Turki dan punya sejumlah arti berbeda. Arti sebenarnya adalah “dia yang maju” atau “dia yang mencapai kedewasaan dan kebijaksanaan keramat”. Yang pertama pas dengan dia karena dia selalu maju dengan idenya apa pun risikonya.

Namanya juga bisa diartikan sebagai “malaikat” atau “manusia suci”. Isayama mengatakan, alasan dia memilih Eren sebagai nama karakter utamanya di serial itu karena itu terdengar feminin. Dia percaya, itu akan membuat penggemar lebih mudah mengingatnya.

7. Mikasa
10 Nama Karakter Attack on Titan yang Punya Makna Tersembunyi

Mikasa punya satu dari banyak arti nama yang langsung. Namanya berasal dari sebuah kapal perang. Kapal perang itu dipakai di Angkatan Laut Kekaisaran Jepang dan menjadi unggulan di era Perang Rusia-Jepang. Itu pas bagi Mikasa, salah satu lulusan terkuat dan tersukses di Pasukan Latihan ke-104.

Menurut Isayama, dia menamai Mikasa seperti nama kapal perang itu karena keyakinan takhayul yang dia percaya. Dia percaya kalau serial dengan karakter cewek bernama seperti kapal perang itu akan sukses. Dan, baginya, serial ini memang menjadi salah satu anime terpopuler.

6. Jean
10 Nama Karakter Attack on Titan yang Punya Makna Tersembunyi

Jean adalah variasi John dalam bahasa Prancis. Nama itu berarti “Tuhan sangat murah hati”. Namun, nama Jean tidak dipilih karena artinya. Menurut Isayama, dia memilih nama Jean karena itu memberinya rasa sebagai perwakilan orang biasa. Melihat bagaimana dia berkembang menjadi seorang pemimpin hebat yang menilai teman-temannya dengan baik, ini adalah nama yang pas untuknya.

5. Armin
10 Nama Karakter Attack on Titan yang Punya Makna Tersembunyi

Nama Armin punya dua arti yang berbeda. Dalam bahasa Jerman, kata itu berarti “menyeluruh”. Kata itu juga bisa berarti “tentara”. Yang terakhir ini sepertinya lebih pas karena Armin bertekad membuktikan dirinya dan mendapatkant tempatnya sebagai tentara bersama teman-temannya.

Namun, ada alasan bagi Isayama memilih nama Armin Arlert. Alasannya sebenarnya cukup sederhana. Isayama mengatakan, dia memilih nama itu karena memulai nama dengan dua huruf yang sama membuatnya lebih mudah diingat.

4. Reiner
10 Nama Karakter Attack on Titan yang Punya Makna Tersembunyi

Nama Reiner berasal dari Nordik Kuno. Nama itu diterjemahkan sebagai “Prajurit Pembimbing”. Ini sebenarnya pas dan cukup ironis bagi dia. Dia adalah salah satu prajurit militer Marley yang diperkirakan akan mengikuti semua perintah atasannya tanpa pertanyaan.

Bagian pembimbing pada namanya itu ironis. Dia berakhir dalam kemarahan mental luar biasa akibat dualitas antara siapa sejatinya dirinya dan aksi yang terpaksa dia lakukan sebagai seorang prajurit. Dalam bahasa Jerman, Braun berarti cokelat yang sepertinya tidak punya kaitan apa pun dengan karakternya.

3. Bertholdt
10 Nama Karakter Attack on Titan yang Punya Makna Tersembunyi

Nama Bertholdt berasal dari kata Jerman Kuno. Kata itu berarti “kekuatan yang bersinar.” Hampir sama seperti Reiner, ini adalah arti yang sangat ironik bagi namanya.

Awalnya Bertholdt adalah karakter pemalu dan insecure. Dia jauh dari kata yang mempresentasikan kekuatan. Bahkan setelah perubahan drastis kepribadiannya di mana dia mungkin dilihat “kuat,” semua rasa bersinar jelas meninggalkan karakter ini ketika dia menjadi orang yang dingin dan terpisah.

2. Annie
10 Nama Karakter Attack on Titan yang Punya Makna Tersembunyi

Nama belakang Annie, Leonhart, berasal dari kata Leon dalam bahasa Spanyol dan Hart dalam bahasa Belanda. Jika dikombinasikan, kata itu secara harafiah berarti Lionheart atau hati singa. Biasanya, nama ini diberikan kepada orang yang merupakan prajurit hebat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5099 seconds (0.1#10.140)
pixels