Film Titik Balik Ramadhan, Menjadi Ahli Papan Atas saat Ramadan

Jum'at, 25 Februari 2022 - 14:10 WIB
loading...
Film Titik Balik Ramadhan, Menjadi Ahli Papan Atas saat Ramadan
Film pendek Titik Balik Ramadhan menceritakan perubahan sikap seseorang setelah terpapar unggahan media sosial. Foto/Genflix
A A A
JAKARTA - Ramadan tahun ini akan segera datang dalam kurun waktu kurang dari 40 hari lagi. Gegap gempita kerinduan sudah mulai menggaung dari yang begitu menanti-nanti kedatangannya.

Namun, tidak sedikit pula yang menanggapi secara datar saja.

Andra (Andra Wafi Syakir), tokoh utama dalam film pendek berdurasi 14 menit ini, merupakan salah satu pengguna media sosial yang tergerak hatinya. Titik balik dialami Andra saat melihat feed di linimasa Instagram yang mengingatkan bahwa hari itu merupakan 100 hari menuju Ramadan 2021.

Itulah kekuatan media sosial! Belum lagi kala dia ikut menyimak video kajian yang didapat temannya tentang persiapan Ramadan. Serangkaian kalimat begitu mengena di benaknya:

“Sekarang kita tanya, deh, diri kita. Ramadan depan mata kita. Kira-kira, kita ahli tahajud papan atas, bukan? Kita ahli Al-Qur'an papan atas, bukan? Kita ahli puasa papan atas, bukan? Kita ahli infak dan sedekah papan atas, bukan?”

Film Titik Balik Ramadhan, Menjadi Ahli Papan Atas saat Ramadan

Foto: Genflix

Kitab “Lathaaiful Ma’arif” halaman 232 menceritakan tentang perilaku para sahabat Nabi saw. dalam menyambut Ramadan:

”Mereka (para sahabat) berdo’a kepada Allah selama enam bulan agar mereka dapat menjumpai bulan Ramadan.”

Maka, tidak berlebihan memang jika Andra kemudian ingin menyambut Ramadan sejak 100 hari sebelumnya. Hanya saja, dia bingung harus memulainya. Premis sederhana ini terjawab dengan didapatnya sebuah jurnal Ramadan dari Syafiq (Syafiq Ahmad Ramadhani), salah satu temannya.

Baca Juga: Film Pendek Psycholoner, Bahayanya Menjadi Penyendiri

Meski idenya sederhana, tetapi film ini digarap dengan pengambilan gambar yang bagus dari sisi kualitas maupun alurnya. Akting dan dialog para tokohnya mengalir begitu alami. Semuanya menjadi perpaduan yang indah dalam mengemas cerita bernuansa melankolis ini.

Film Titik Balik Ramadhan, Menjadi Ahli Papan Atas saat Ramadan

Foto: Genflix

Lagu Peace Be Upon Youmilik Maher Zain yang mengiringi perjalanan Andra menyambut Ramadan terasa sangat pas membangun suasana. Penonton bisa melihat Andra bangun dan tidur lebih awal, berwudu, menegakkan salat, berzikir, membaca Al-Qur'an, berpuasa sunah, dan lain-lain.

Hingga film berakhir, kita dibuat betah mengikuti tiap langkah Andra mengamalkan satu demi satu ibadah di atas, meski panjangnya hingga empat menit. Berbeda dengan adegan saat Andra berangkat kerjapada awal film, terasa terlalu panjang karena hanya menampilkan rutinitas keseharian yang tidak istimewa.

Baca Juga: 7 Alasan Unik Idol K-Pop Ikut Audisi dan Memilih Agensi

Salut dengan hasil karya Syafiq Ahmad Ramadhani sebagai sutradara dalam film ini. Walau belum beruntung dalam Lomba Film Pendek Festival Ramadhan Net TV Tahun 2021, Titik Balik Ramadhan tetap layak diapresiasi sebagai tontonan yang cantik dan inspiratif.

Farida Pane (Semarang)
Penikmat film dan anggota komunitas ISP Community
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2252 seconds (0.1#10.140)