10 Tempat di One Piece yang Terinspirasi dari Lokasi Nyata

10 Tempat di One Piece yang Terinspirasi dari Lokasi Nyata
One Piece punya banyak tempat indah di sepanjang serialnya. Menariknya, sejumlah tempat indah ini ternyata terinspirasi dari lokasi nyata dari seluruh dunia. (Foto: YouTube)
One Piece punya banyak lokasi paling indah di sepanjang sejarah manga dan anime. Kru Topi Jerami mengajak pembaca dan penontonnya untuk menikmati pemandangan indah di tempat tersebut. Meskipun, lokasi ini juga menjadi tempat pertempuran paling seru mereka.

Sepanjang perjalanan mereka untuk mencari harta karun One Piece, Luffy dan teman-temannya sering menemui tempat-tempat indah dan menarik ini. Mereka juga berjumpa karakter yang aneh-aneh dan kuat. Luffy juga membuat hubungan baik dan bahkan mendapatkan kru baru di pulau dan kerajaan menarik ini.

Semuanya itu tercipta berkat kepiawaian Eiichiro Oda untuk membuat tempat fiktif ini. Sebagian tempat-tempat indah dan cantik ini dibuat berdasarkan kota dan tempat bersejarah di dunia. Jadi, tempat apa saja di One Piece yang terinspirasi lokasi nyata?

Baca Juga: Seperti Apa Awakening Buah Iblis Luffy di One Piece?

1. Kerajaan Rommel — London, Inggris
10 Tempat di One Piece yang Terinspirasi dari Lokasi Nyata

Kerajaan Rommel diperkenalkan di chapter 734 di manga dan episode 666 di anime. Kerajaan itu menjadi setting dongeng tentang seorang penyerang tidak dikenal yang bertanggung jawab atas pembunuhan orang-orang di seluruh kota. Penyerang itu akhirnya diketahui seorang pria bernama Hakuba.

Meski hanya sekilas, sangat jelas kalau kerajaan itu terinspirasi London. Terutama, dengan menara jam ikonik Big Ben. Dengan pembunuhan berantai yang dilakukan Jack the Ripper pada abad 19, sepertinya peristiwa historis itu juga menjadi inspirasi cerita ini.

2. Pulau Zou — Elephant Rock, Islandia
10 Tempat di One Piece yang Terinspirasi dari Lokasi Nyata

Pulau Zou mungkin adalah salah satu pulau paling unik di serial ini. Pulau Zou berada di atas punggung gajah raksasa bernama Zunesha yang mengarungi lautan dengan kaki-kakinya yang sangat panjang. Melindungi penduduknya dari mereka yang berusaha menyerang pulau itu, gajah itu punya hubungan unik dengan peradaban yang tinggal di atasnya.

Ide gajah membawa dunia di atas punggungnya bukanlah konsep baru dalam literature. Namun, Pulau Zou ini sangat terinspirasi Elephant Rock di Islandia. Punya skema warna yang sama, hijau dan abu-abu, dan juga mata mirip gua, bisa dipahami bagaimana ini bisa pas dengan petualangan mengarungi lautan Luffy dan krunya.

3. Terminal Abu-Abu Pulau Fajar — Smokey Mountain, Filipina
10 Tempat di One Piece yang Terinspirasi dari Lokasi Nyata

Pulau Fajar dikenal sebagai salah satu rumah bagi sejumlah karakter utama terbaik di serial ini. Pulau ini terdiri atas warga lokal yang berbeda. Tapi, Terminal Abu-Abu adalah rumah Sabo dan yang lain yang mencari pernak pernik dan harta karun di bawah gunungan sampah.

Tempat itu terinspirasi dari salah satu sumber paling kontroversial, yaitu Smokey Mountain. Tempat itu merupakan daerah kumuh di Manila, FIlipina. Gunung sampah dan barang-barang yang tidak diinginkan tertutupi asap akibat pembakaran kayu. Orang-orang di sana juga bekerja di tempat itu, dengan mencari barang-barang berharga.

4. Dressrosa — Park Guell, Spanyol
10 Tempat di One Piece yang Terinspirasi dari Lokasi Nyata

Dressrosa adalah pulau puncak di mana Perompak Topi Jerami melawan pemimpinnya yang tiran dan jahat, Donquixote Doflamingo. Tempat ini penuh dengan bangunannya yang berwarna, warganya yang terdiri atas orang dan mainan hidup. Mengejutkan kalau ternyata tempat ini di bawah kekuasaan penguasanya yang kejam.

Dressrosa terinpsirasi Park Guell di Barcelona, Spanyol. Taman ini memiliki taman yang rimbun, desain mosaik, dan arsitektur yang dirancang oleh Antoni Gaudi, salah satu orang di balik Modernisme. Perpaduan ini menciptakan salah satu tempat yang paling mencolok secara visual di seluruh Spanyol. Lokasi ini menjadi tempat yang tepat bagi pertarungan Luffy dan Doflamingo di salah satu episode paling seru.

5. Mary Geoise — Chateau De Chambord, Prancis
10 Tempat di One Piece yang Terinspirasi dari Lokasi Nyata

Ibu kota fiktif ini terletak di Grand Line. Di sinilah, Pemerintah Dunia berkumpul untuk membahas aksi banyak perompak dan usaha mereka untuk menghentikan mereka. Meski estetika marmer dan bersihnya, ini adalah tempat sejumlah karakter paling mengganggu dan juga bekas rumah Doflamingo.

Tempat ini terinspirasi dari Chateau de Chamboard. Bangunan itu adalah salah satu kediaman paling terkenal dan banyak dikunjungi di Prancis. Lokasi yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO ini menampilkan arsitektur dari masa Renaissance Prancis. Tempat ini dimiliki sejumlah raja Prancis.

6. Amazon Lily — Kuil Gantung, China
10 Tempat di One Piece yang Terinspirasi dari Lokasi Nyata

Setelah dilempar dari cakrawala oleh pukulan kuat Kuma, Luffy mendarng di pulau yang hanya dihuni wanita. Terlebih wanita-wanita ini ternyata adalah prajurit paling berbahaya di One Piece. Tanpa krunya, Luffy awalnya mendapatkan masa sulit sendirian.

Tapi, setidaknya, dia bisa menghabiskan waktu untuk berkeliling sambil melihat pemandangan indah. Kuil dan arsitektur yang dibandung ke dinding jurang terjal Amazon Lily dibuat berdasarkan kuil di Provinsi Shanxi, China. Kuil itu dibangun pada abad ke-6 dan menjadi tempat bagi mereka yang belajar sejumlah filosofi tradisional China.

7. Kerajaan Alabasta — Mesir
10 Tempat di One Piece yang Terinspirasi dari Lokasi Nyata

Selama petualangan awal Luffy, dia tiba di Kerajaan Alabasta, salah satu busur awal terbesar di One Piece. Di busur ini, dia mendapatkan dua anggota baru Topi Jerami, yaitu Chopper dan Nico Robin. Dia juga kembali bertemu kakaknya, Ace. Mereka akhirnya bentrok dengan salah satu antagonis terbesar di serial itu, yaitu Crocodile, gembong kriminal yang punya kemampuan mengendalikan dan memanipulasi pasir.

Meski banyak kota yang ada di kerajaan fiktif ini, semuanya terinspirasi banyak landmark di Mesir. Dari pyramid kuno ikoniknya hingga tepian sungai Nil, semuanya ada. Lokasi ini dan kekaisaran kriminal Crocodile membantu membuat episode-episode terbaik serial ini.

8. Water 7 — Venice, Italia
10 Tempat di One Piece yang Terinspirasi dari Lokasi Nyata

Kota Water 7 dikenal dengan kanal-kanal yang digunakan warga untuk berkeliling. Ini juga dikenal sebagai tempat penggalangan kapal. Water 7 adalah lokasi kunci bagi Topi Jerami untuk memperbaiki kapal mereka, Going Merry, agar bisa beroperasi lagi.

Dari kanal hingga gaya kapal untuk transportasi, bukan kejutan kalau Venice menjadi inspirasi tempat ini. Dibangun di atas serangkaian pulau, tempat ini adalah kota yang paling disukai dan dikunjungi di Italia. Venice telah menjadi sumber inspirasi bagi banyak serial televisi dan film.
halaman ke-1
Share: