Perbedaan Film Makmum dan Makmum 2, Termasuk Makna di Balik Ceritanya

Senin, 24 Januari 2022 - 16:54 WIB
loading...
Perbedaan Film Makmum dan Makmum 2, Termasuk Makna di Balik Ceritanya
Film horor Makmum dan sekuelnya, Makmum 2 Sukses mengumpulkan lebih dari satu juta penonton. Foto/Instagram @deecompany_official
A A A
JAKARTA - Berawal dari film pendek karya Riza Pahlevi, film horor Makmum 2 berhasil menembus hingga lebih dari 1,5 juta penonton, terbanyak sepanjang masa pandemi COVID-19, sejauh ini.

Keberhasilan itu tidak terlepas dari film sebelumnya, yaitu Makmum. Pada film pertama, dikisahkan bahwa Rini (Titi Kamal) dan rekan-rekannya sering mendapati ada makhluk gaib yang disebut Makmum yang sering muncul saat mereka salat.

Sementara dalam Makmum 2, Rini berduka karena suaminya meninggal. Tak berapa lama, anaknya hilang, dan ditemukan tak sadarkan diri di tengah hutan.

Walau mempunyai judul yang sama, kedua film ini punya beberapa perbedaan. Berikut ini ulasannya. Jangan lupa. tulisan ini mengandung spoiler.

1. Latar Tempat

Perbedaan Film Makmum dan Makmum 2, Termasuk Makna di Balik Ceritanya

Foto: Instagram @deecompany_official

Pada Makmum, latar tempat peristiwanya adalah di sebuah asrama. Rini dikisahkan berkunjung ke asmara tersebut dalam rangka memenuhi undangan dari mantan kepala asmara yang sedang sakit, Bu Kinanti. Kinanti merasa Rini memenuhi kualifikasi untuk menggantikan Rosa, kepala asmara baru yang disiplin dan keras.

Rosa tidak mengizinkan tiga penghuni asrama yaitu Nurul, Putri, dan Nisa untuk menikmati liburannya karena nilai mereka tidak memenuhi standar. Karena hal itu, ketiganya terperangkap di asrama sehingga mereka mengalami beberapa gangguan gaib setiap kali menjalankan ibadah salat malam. Rosa menganggap gangguan tersebut hanyalah bualan saja, sedangkan Rini justru tertarik untuk menyelidikinya.

Sementara dalam sekuelnya, Makmum 2, latarnya adalah sebuah desa yang sangat jauh dari jangkauan internet. Rini kembali ke desanya karena mendengar kabar bahwa bibinya telah meninggal dunia. Dengan membawa Hafiz anak semata wayangnya, Rini menempuh jarak yang sangat panjang serta waktu yang cukup lama untuk sampai ke desanya.

Kejadian aneh mulai terjadi saat melayat. Hafiz dan kedua temannya hilang entah ke mana. Ini membuat seluruh warga desa mencari mereka hingga ke tengah hutan. Setelah melakukan pencarian, Hafiz dan kedua temannya ditemukan tidak sadarkan diri dengan keadaan tertidur di atas batu besar. Semenjak kejadian tersebut, Rini mengalami gangguan gaib secara terus menerus, baik siang hari maupun malam hari.

2. Gangguan Makhluk Halus

Perbedaan Film Makmum dan Makmum 2, Termasuk Makna di Balik Ceritanya

Foto: Instagram @deecompany_official

Makmum memperlihatkan gangguan makhluk halus ketika melaksanakan ibadah salat malam, hingga mengalami kerasukan yang cukup seram. Mereka yang mengalami kerasukan akan dikendalikan tubuhnya oleh Makmum, entah memutar kepala atau bahkan kayang.

Baca Juga: 5 Superhero Terlemah Marvel yang Jadi Anggota Avengers

Sedangkan pada Makmum 2, gangguan yang dialami semakin banyak. Tidak hanya saat salat malam saja, Makmum juga akan menampakkan diri pada siang hari untuk memberi sebuah petunjuk. Dalam film ini, Makmum menyamar sebagai Rini untuk mengelabui orang yang melanggar aturan desa.

Rini juga diperlihatkan kerasukan oleh Makmum sebagai peringatan bahwa warga desa telah melewati batas, dengan melempar salah satu warga ke luar rumah.

3. Makna Cerita

Perbedaan Film Makmum dan Makmum 2, Termasuk Makna di Balik Ceritanya

Foto: Instagram @deecompany_official

Cerita Makmumbermakna mengingatkan banyak orang agar beribadah dengan khusyuk, tanpa teralihkan oleh apa pun di sekitarnya. Selalu memercayai Tuhan dan menguatkan iman juga merupakan makna dalam film ini.

Sementara Makmum 2mengingatkan banyak orang agar menjaga aturan yang sudah dibuat. Pesan lainnya adalah agar berhati-hati dalam mengambil keputusan dan memikirkan dampaknya. Pesan soal menjaga lingkungan hidup juga diselipkan dalam film ini.

Baca Juga: Daftar Film Horor Tayang 2022 yang Siap Bikin Kamu Takut!

Secara garis besar, dua film ini memberi pesan bahwa makhluk halus tidak akan pernah pergi dari hadapan kita hingga akhir hayat. Untuk itu, takut kepadanya adalah suatu hal yang lumrah.

Namun, jangan jadikan ketakutan itu sebagai alasan untuk menghindarinya. Teruslah kuatkan iman dan selalu panjatkan doa agar terhindar dari kejahatan makhluk halus tersebut.

Siti Nurhasanah
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta
Instagram: @sitiina_
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)