Perbedaan Film Makmum dan Makmum 2, Termasuk Makna di Balik Ceritanya

Perbedaan Film Makmum dan Makmum 2, Termasuk Makna di Balik Ceritanya
Film horor Makmum dan sekuelnya, Makmum 2 Sukses mengumpulkan lebih dari satu juta penonton. Foto/Instagram @deecompanyofficial
JAKARTA - Berawal dari film pendek karya Riza Pahlevi, film horor Makmum 2 berhasil menembus hingga lebih dari 1,5 juta penonton, terbanyak sepanjang masa pandemi COVID-19, sejauh ini.

Keberhasilan itu tidak terlepas dari film sebelumnya, yaitu Makmum. Pada film pertama, dikisahkan bahwa Rini (Titi Kamal) dan rekan-rekannya sering mendapati ada makhluk gaib yang disebut Makmum yang sering muncul saat mereka salat.

Sementara dalam Makmum 2, Rini berduka karena suaminya meninggal. Tak berapa lama, anaknya hilang, dan ditemukan tak sadarkan diri di tengah hutan.

Walau mempunyai judul yang sama, kedua film ini punya beberapa perbedaan. Berikut ini ulasannya. Jangan lupa. tulisan ini mengandung spoiler.

1. Latar Tempat

Perbedaan Film Makmum dan Makmum 2, Termasuk Makna di Balik Ceritanya

Foto: Instagram @deecompany_official



Pada Makmum, latar tempat peristiwanya adalah di sebuah asrama. Rini dikisahkan berkunjung ke asmara tersebut dalam rangka memenuhi undangan dari mantan kepala asmara yang sedang sakit, Bu Kinanti. Kinanti merasa Rini memenuhi kualifikasi untuk menggantikan Rosa, kepala asmara baru yang disiplin dan keras.

Rosa tidak mengizinkan tiga penghuni asrama yaitu Nurul, Putri, dan Nisa untuk menikmati liburannya karena nilai mereka tidak memenuhi standar. Karena hal itu, ketiganya terperangkap di asrama sehingga mereka mengalami beberapa gangguan gaib setiap kali menjalankan ibadah salat malam. Rosa menganggap gangguan tersebut hanyalah bualan saja, sedangkan Rini justru tertarik untuk menyelidikinya.

Sementara dalam sekuelnya, Makmum 2, latarnya adalah sebuah desa yang sangat jauh dari jangkauan internet. Rini kembali ke desanya karena mendengar kabar bahwa bibinya telah meninggal dunia. Dengan membawa Hafiz anak semata wayangnya, Rini menempuh jarak yang sangat panjang serta waktu yang cukup lama untuk sampai ke desanya.
halaman ke-1
Share: