10 Busur Cerita Terpanjang di Sejarah Manga One Piece

10 Busur Cerita Terpanjang di Sejarah Manga One Piece
Manga One Piece punya sejumlah busur cerita terpanjang selama perjalannya. Saat ini, manga itu sedang berada di busur yang paling panjang di antara lainnya. (Foto: Game Rant)
One Piece adalah salah satu manga terpanjang di dunia. Sejak diluncurkan di Weekly Shonen Jump Shueisha pada 1997, manga ini sampai sekarang sudah masuk ke chapter 1.037. Sementara animenya juga baru saja masuk episode 1.000.

Manganya sudah punya tak kurang dari 31 busur cerita. One Piecesampai saat ini belum menunjukkan tanda-tanda berakhir dalam waktu dekat. Meski dikatakan sudah mendekati akhir, tapi, One Piece masih punya sekitar 4 busur cerita lagi.

Selama hampir 25 tahun berjalan, manga ini telah mengukuhkan sejumlah busur cerita terpanjang. Meskipun panjangnya busur cerita ini terasa mengintimidasi, tapi Eiichiro Oda dengan baik menceritakan semuanya. Saat ini, manga ini sedang berada di busur cerita yang sepertinya akan memecahkan rekor sebagai busur cerita terpanjangnya. Jadi apa saja busur cerita terpanjang One Piece? Simak ulasannya!

Baca Juga: Seberapa Dekat One Piece dengan Akhir Perjalanan Ceritanya?

10. Punk Hazard — 46 Chapter
10 Busur Cerita Terpanjang di Sejarah Manga One Piece

Busur cerita ini terjadi setelah lompatan waktu 2 tahun di One Piece. Busur ini dimulai di chapter 654 dan berakhir di chapter 699. Busur ini mengisahkan Perompak Topi Jerami mengunjungi pulau pertama mereka di Dunia Baru meski awalnya tidak ingin pergi ke sana. Busur ini membangun pertarungan melawan Kaido. Luffy bergabung dengan Trafalgar Law untuk meruntuhkan Doflamingo demi mengacaukan bisnis SMILE Kaido.

9. Thriller Bark — 48 Chapter
10 Busur Cerita Terpanjang di Sejarah Manga One Piece

Busur ini berjalan dari chapter 442—489. Di busur ini, Perompak Topi Jerami terjebak di Segitiga Floria dan masuk ke kapal besar bernama Thriller Bark. Luffy menghadapi Gecko Moria di busur ini. Perompak Topi Jerami juga harus menyatukan pasukan untuk melawan Zombie Benua Puller, Oars.

8. Pulau Manusia Ikan — 51 Chapter
10 Busur Cerita Terpanjang di Sejarah Manga One Piece

Dimulai di chapter 603, busur ini berakhir di chapter 653. Pulau Manusia Ikan adalah busur yang dibangun sejak awal One Piece. Setelah peristiwa di Water 7, Topi Jerami diberitahu kalau tujuan mereka berikutnya adalah Pulau Manusia Ikan. Tapi, ada yang terjadi dan mereka tidak bisa tiba di pulau itu tepat waktu. Setelah berkumpul lagi di Kepulauan Sabaody, mereka akhirnya pergi ke pula itu dan melawan Hordy Jones.

7. Water 7 — 53 Chapter
10 Busur Cerita Terpanjang di Sejarah Manga One Piece

Busur ini berawal di chapter 322 dan berakhir di chapter 374. Busur ini adalah yang kedua di Saga Water 7 dan terkait ke busur Enies Lobby. Di busur ini, Luffy dan krunya tiba di Kota Air untuk menemukan seorang tukang kapal dan membetulkan Going Merry sebelum pergi. Integritas para kru perompak ini diuji di busur ini. Musuh baru dalam bentuk CP-9 pun muncul.

6. Enies Lobby — 56 Chapter
10 Busur Cerita Terpanjang di Sejarah Manga One Piece

Enies Lobby dimulai tepat setelah akhir Water 7, yaitu dari chapter 375—430. Busur ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik di One Piece. Di sini, Luffy dan krunya pergi ke Enies Lobby untuk menyelamatkan Nico Robin. Busur ini menampilkan sejumlah pertarungan terbaik One Piece dan menyajikan masa lalu Robin.

5. Alabasta — 63 Chapter
10 Busur Cerita Terpanjang di Sejarah Manga One Piece

Busur ini dimulai di chapter 155 dan berakhir di chapter 217. Busur ini menyajikan salah satu perang terbesar di One Piece ketika Kerajaan Alabasta jatuh ke kekacauan akibat kurangnya hujan. Crocodile, salah satu dari 7 Panglima Perang di Lautan, adalah dalang di balik seluruh kekacauan itu. Luffy dan krunya melakukan apa pun untuk mengalahkannya dan memulihkan perdamaian di negara itu.

4. Skypiea — 66 Chapter
10 Busur Cerita Terpanjang di Sejarah Manga One Piece

Setelah busur Alabasta, One Piece masuk ke Saga Pulau Langit. Bagian utamanya masuk busur Skypiea, yang berjalan dari chapter 237—302. Busur ini dengan sempurna apakah One Piece itu dengan Luffy dan krunya berpetualang di langit, menemukan Kota Emas, yang dikenal sebagai Shandora. Mereka juga bersimpangan dengan Dewa Enel, mengalahkan mereka dan mengakhiri perselisihan selama berabad-abad antara orang Skypiea dan Shandora.

3. Whole Cake Island — 78 Chapter
10 Busur Cerita Terpanjang di Sejarah Manga One Piece

Busur yang berlangsung dari chapter 825—902 ini mengisahkan Perompak Topi Jerami yang pergin ke Totland, negara salah satu Yonko, Big Mom, untuk mengambil kemali Sanji. Tujuan kru itu menyelamatkan Sanji berubah menjadi membantunya menyelamatkan keluarganya dari Big Mom. Busur ini menyajikan pertarungan hebat antara Luffy dan Katakuri.

2. Dressrosa — 102 Chapter
10 Busur Cerita Terpanjang di Sejarah Manga One Piece

Berawal di chapter 700 dan berakhir di chapter 801, Dressrosa adalah busur terpanjang kedua di One Piece sejauh ini. Busur ini mengisahkan Perompak Topi Jerami, Trafalgar Law dan Kin’emon pergi ke Dressrosa untuk menghadapi Doflamingo dan menghancurkan pabriik Smile. Busur ini menjadi setup lebih besar bagi Saga 4 Yonko. Setelah kejatuhan Doflamigo di tangan Luffy, Armada Besar Topi Jerami juga terbentuk.

Baca Juga: 5 Lini Cerita yang Harus Dinanti begitu Wano Selesai di One Piece

1. Wano — 128+ Chapter
10 Busur Cerita Terpanjang di Sejarah Manga One Piece

Busur cerita Wano dimulai di chapter 909 dan sampai sekarang masih berjalan. Hingga saat ini, Wano telah berjalan sampai 128 chapter dan belum diketahui kapan berakhir. Kabar menyebut, busur ini akan selesai pada tahun ini. Busur ini mengisahkan aliansi ninja-perompak-Mink-samurai yang melawan Kaido dan Big Mom demi membebaskan Wano. Chapter terakhirnya, 1.037, sudah memperlihatkan tanda-tanda berakhirnya pertempuran antara Luffy dan Kaido. Chapter 1.038 akan dirilis minggu depan. Wano adalah busur cerita paling panjang di One Piece hingga saat ini.


(alv)
Share: