10 Karakter Guru Terikonik di Sepanjang Sejarah Anime

Minggu, 16 Januari 2022 - 21:33 WIB
loading...
10 Karakter Guru Terikonik di Sepanjang Sejarah Anime
Guru di anime bisa jadi berbentuk manusia biasa atau alien. Cara mengajar mereka pun ada yang tidak wajar. Tapi, mereka menghasilkan murid yang bersinar. (Foto: CBR)
A A A
Sudah bukan rahasia lagi jika banyak anime yang berlatar belakang cerita sekolah. Mau itu SMP, SMA atau sekolah khusus, cerita tentang pendidikan selalu ada. Tak heran jika banyak karakter guru lahir dari sini.

Tidak semua guru di anime ini muncul dalam bentuk manusia normal. Ada yang berasal dari dunia lain atau bahkan alien. Mereka juga punya cara yang berbeda untuk mengajari murid-muridnya. Dari yang normal sampai yang aneh, semuanya dilakukan agar murid mereka bisa jadi lebih kuat dan cerdas.

Mau itu kekuatan fisik atau ilmu sebagai bekal para siswanya menghadapi dunia nyata, guru-guru ini jelas yang terbaik di antara semuanya. Lantas siapa saja guru paling ikonik di anime? Mengutip Game Rant, berikut daftarnya!



10. Igneel — Fairy Tail
10 Karakter Guru Terikonik di Sepanjang Sejarah Anime

Igneel mengajarkan Sihir Pembasmi Naga Api kepada Natsu Dragneel. Berkat Igneel, Natsu menjadi penyihir yang sangat kuat dan salah satu petarung terkuat di Fairy Tail. Waktunya bersama Natsu mungkin singkat, tapi gaya tarung Natsu memperlihatkan kalau pelajaran Igneel ini sukses. Banyak gerakan Natsu berdasar pada gerakan khas Igneel. Beberapa di antaranya bahkan nyaris sama. Meski kebersamaan mereka singkat, Natsu dan Igneel menyayangi satu sama lain.

9. Kisuke Urahara — Bleach
10 Karakter Guru Terikonik di Sepanjang Sejarah Anime

Mantan kapten Divisi 12 ini secara konsisten membantu Ichigo dan sekutunya. Dia membantu Ichigo membangkitkan horo-nya. Dia membuka toko kelontong yang menjual barang-barang Shinigami. Sementara secara umum dia adalah orang baik, dia kadang tampil sebagai antihero. Dia dianggap sebagai karakter tercerdas di serial ini. Banyak karakter seperti Kurotsuchi dan Aizen mengakuinya. Bahkan Yhwach takut padanya karena Kisuke tidak bisa diprediksi.

8. Izumi Curtis — Fullmetal Alchemist: Brotherhood
10 Karakter Guru Terikonik di Sepanjang Sejarah Anime

Izumi adalah ahli alkimia yang bisa menandingi kemampuan Roy Mustang dan Solf J Kimble. Dia adalah guru Edward dan Alphonse Elric. Dia mengajari Elric bersaudara ini tentang semuanya dari pertarungan tangan kosong sampai alkimia. Dengan ajaran Izumi dan kemampuan alamiahnya, Edward bisa menjadi ahli alkimia negara saat berusia 12 tahun. Bahkan, ketika mereka mulai besar dan lebih kuat, Edward dan Alphonse belajar banyak dari Izumi dan sangat menghormatinya. Izumi mungkin sangat keras terhadap mereka, tapi dia menyayangi mereka seperti anaknya sendiri.

7. Jin Kura-Kura — Dragon Ball
10 Karakter Guru Terikonik di Sepanjang Sejarah Anime

Jin Kura-Kura mengajari bagaimana cara bertarung kepada Goku dan Krillin. Dia juga mengajari mereka jurus khas yang dia ciptakan, yaitu Kamehameha. Jurus ini menjadi andalan Goku dan Petarung Z lainnya juga menggunakannya. Sekarang, Jin Kura-Kura mungkin tidak lagi banyak beraksi. Tapi, ajarannya adalah bagian dari fondasi bagi sebagian besar kemampuan Petarung Z. Meski sudah tambah tua, dia masih seorang petarung yang kuat. Bahkan, meski Goku dan Krillin memohon agar dia tidak memaksakan diri, Jin Kura-Kura memperlihatkan kalau dia masih bisa bertarung.

6. Kakashi Hatake — Naruto
10 Karakter Guru Terikonik di Sepanjang Sejarah Anime

Kakashi Hatake mungkin malas dan santai, tapi dia adalah guru yang cukup keras. Dia sudah mengajari banyak murid. Tapi, dia sering membuat muridnya gagal ketika mereka tidak bisa memperlihatkan kerja tim. Akibatnya, dia punya level kegagalan yang tinggi dan banyak yang takut menjadi muridnya. Naruto, Sakura dan Sasuke menjadi tim pertama yang lolos dari ujian Kakashi setelah belajar bekerja sama. Dia menciptakan jurus khasnya, Chidori. Dia mengajarkan jurus ini kepada Sasuke dan itu menjadi salah satu kemampuan yang paling sering dia gunakan. Banyak ninja mengidolakan Kakashi dan dia juga mendapatkan reputasi di antara ninja lain di luar Konoha. Kakashi menjadi Hokage Keenam Konoha setelah Perang Shinobi Besar Keempat.

5. Eikichi Onizuka — Great Teacher Onizuka
10 Karakter Guru Terikonik di Sepanjang Sejarah Anime

Seorang berandalan yang berubah menjadi guru. Itu mungkin perubahan karier yang aneh, tapi itulah yang dilakukan Eikichi Onizuka. Dia tidak menjadi guru untuk alasan yang tepat, tapi dia menemukan dia punya bakat mengajar. Onizuka punya cara unik dan tidak lazim untuk mengajar, tapi itu bekerja untuknya.

Dia melakukan yang terbaik untuk memastikan kalau dia tidak hanya mengajari muridnya tentang sekolah, tapi juga tentang kehidupan. Yang membuat anime ini sedikit berbeda adalah karena gurunya merupakan karakter utamanya. Onizuka mengusahakan yang terbaik untuk memastikan agar muridnya tidak mengikuti langkahnya. Dia hanya menginginkan yang terbaik untuk mereka.

4. Genkai — Yu Yu Hakusho
10 Karakter Guru Terikonik di Sepanjang Sejarah Anime

Dia mungkin kecil, tapi Genkai adalah wanita tua yang cukup keras. Setelah memenangkan turnamennya, Yusuke menjadi muridnya. Genkai pun tidak membuat Yusuke bisa tenang. Genkai mempertahankan cara pengajarannya yang kuno untuk membuat Yusuke jadi lebih kuat. Meskipun harus menjalani pelatihan dan kerja keras, Yusuke jadi sangat menghormatinya. Ini mengagumkan karena Yusuke dikenal tidak mau diperintah. Genkai terus mengajari Yusuke di sepanjang serial ini.

3. Shouta Aizawa alias Eraserhead — My Hero Academia
10 Karakter Guru Terikonik di Sepanjang Sejarah Anime

Aizawa jelas sibuk dengan kelasnya. Kalau bukan sikap antik murid-muridnya yang membuatnya sakit kepala, maka dia harus mengkhawatirkan para penjahat yang menyerang mereka. Aizawa tidak banyak basa basi saat menjelaskan apa pun atau membuatnya jadi mudah. Dia berharap kelasnya bisa disiplin. Dia sangat sadar kelas seperti apa yang dia hadapi dan seperti apa murid-muridnya. Aizawa akan membela mereka dari penjahat dan bahkan pahlawan lain serta warga kalau mereka menjelek-jelekkan mereka.

2. Jiraiya — Naruto
10 Karakter Guru Terikonik di Sepanjang Sejarah Anime

Jiraiya adalah guru bagi sejumlah ninja terbaik di Naruto. Dia adalah guru Minato Namikaze, ayah Naruto, yang juga seorang ninja terkuat. Jiraiya juga mengajari Nagot, Konan dan Yahiko. Tiga ninja ini kemudian menciptakan Akatsuki, salah satu grup pejahat terkuat dan terkejam di semesta Naruto. Naruto adalah murid terakhir Jiraiya dan dia banyak mengajarinya. Dari Rasengan hingga Sage Mode, banyak jurus Naruto yang berasal dari ajaran Jiraiya. Dia mungkin seperti guru khas anime yang agak mesum, tapi Jiraiya peduli pada muridnya dan akan melakukan apa pun untuk membantu mereka.



1. Koro-sensei — Assassination Classroom
10 Karakter Guru Terikonik di Sepanjang Sejarah Anime

Aneh kalau ada guru yang mendorong muridnya untuk membunuhnya. Tapi, Koro-sensei bukanlah guru biasa. Makhluk mirip alien ini menugasi muridnya dengan satu misi yang harus mereka lakukan di akhir tahun ajaran, yaitu membunuhnya atau dunia kiamat. Meskipun muridnya akan membunuhnya, Koro-sensei mengajari mereka dan membantu muridnya untuk meningkatkan nilai mereka. Semuanya jadi menghormatinya meski mereka tahu mereka harus membunuhnya. Koro-sensei jadi sangat peduli pada mereka dan mendorong mereka untuk menjadi lebih baik.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1385 seconds (0.1#10.140)