Founding Titan Eren dan 8 Titan Lain di Attack on Titan

Selasa, 11 Januari 2022 - 21:46 WIB
loading...
Founding Titan Eren dan 8 Titan Lain di Attack on Titan
Founding Titan Eren mungkin Titan terkuat yang ada di Attack on Titan. Tapi, 8 Titan lain di serial ini pun tak kalah punya kemampuan yang bisa menandinginya. (Foto: Craffic)
A A A
Attack on Titan punya sejumlah titan atau raksasa yang mengacau bumi. Founding Titan Eren dianggap sebagai teman Pasukan Pengintai dan menjadi gacoan mereka saat bertempur melawan Titan lain dan pasukan Marley. Namun, Founding Titan bukanlah satu-satunya titan kuat yang muncul di serial ini.

Setidaknya, ada 9 titan yang mengacau di Attack on Titan. Titan ini muncul dari legenda Ymir Fritz. Ketika masih kecil, Ymir kontak dengan makhluk tak dikenal. Makhluk itu membuatnya bisa berubah menjadi Titan pertama.

Orang Eldia menganggap Ymir sebagai Dewi. Kekuatannya sungguh luar bisa sampai dia dia mengolah tanah itu, membangun jembatan dan jalan. Narasi seorang Dewi Titan berubah setelah runtuhnya Kekaisaran Eldia. Dibebaskan dari kekuasaan Eldia, orang Marley membangun kerajaan baru, Marley.

Menurut orang Marley, Ymir membuat kesepakatan dengan Iblis Bumi demi mendapatkan kekuatan Titannya. Dengan kemampuan Titan itu, Ymir bisa membantu Eldia mengalahkan dan memperbudak Marley. Dua legenda Ymir Fritz ini memang berbeda secara signifikan, tapi ada satu elemen dari cerita itu yang tidak pernah berubah.

Setelah 13 tahun menguasai kekuatan Titan, Ymir meninggal dunia. Setelah kematiannya, jiwa Ymir terbagi menjadi 9 bagian. Bagian-bagian itulah yang menjadi 9 Titan, yang masing-masing punya kemampuan unik. Siapa saja 9 Titan itu? Mengutip Game Rant, berikut ulasannya!



1. Founding Titan
Founding Titan Eren dan 8 Titan Lain di Attack on Titan

Titan pertama dari 9 Titan di Attack on Titan adalah Founding Titan atau Titan Perintis. Titan ini dianggap sebagai yang terkuat, Titan pengendali. Salah satu pemegang Titan ini adalah Karl Fritz. Dia menggunakan kekuatan ini untuk membangun tiga tembok yang melindungi manusia di Pulau Paradis.

Dengan menggunakan jutaan subyeknya sebagai Titan, Karl menciptakan tembok Titan yang siap meratakan bumi kalau diperlukan. Kalau itu tidak cukup, Founding Titan juga bisa mengubah ingatan keturunan Ymir. Ini memberikan kekuatan bagi Karl untuk membersihkan ingatan semua orang Eldia di dalam tembok. Kekuatan ini bisa digunakan dalam bentuk Titan dan manusia. Ini membuat Titan ini luar biasa.

Masalah dengan Founding Titan adalah hanya mereka yang punya darah bangsawan—keluarga Fritz/Reiss—yang bisa menggunakan kekuatannya. Kalau ada orang di luar keluarga itu yang akan mewarisi Founding Titan, maka dia hanyalah kontak dengan orang berdarah bangsawan. Ini terlihat ketika Eren Jaeger tanpa diketahui menggunakan kekuatan Founding Titan dengan Titan Murni Dina Fritz. Setelah memukul tangan Dina, Eren memerintahkan Titan di sekitar mereka untuk memangsa tubuhnya.

2. Colossal Titan dan Armored Titan
Founding Titan Eren dan 8 Titan Lain di Attack on Titan

Pewaris baru Titan ini adalah Bertholdt Hoover—Colossal Titan—dan Reuner Braun—Armoured Titan. Keduanya adalah tentara Marley yang ingin merebut Founding Titan dan menghancurkan mereka yang ada di dalam tembok. Terkait kemampuan dua Titan ini, baik Bertholdt dan Reiner menggunakan potensi penuh mereka.

Bertholdt telah menguasai kemampuan transformasi cepat dengan menggunakan banyak uap yang diproduksi Colossal Titan. Di beberapa kali kesemaptan, Bertholdt menggunakan uap dari Titannya untuk mengalihkan perhatian tentara atau melemparkan mereka ke tembok. Yang paling penting adalah ukuran Colossal Titan. Menjulang lebih tinggi dari tembok, Colossal Titan punya kekuatan untuk meremehkan hampir semua Titan.
Founding Titan Eren dan 8 Titan Lain di Attack on Titan

Di sisi lain, Armored Titan ditutupi zirah berplat. Ini membuat Reiner bisa menembus gerbang tembok Maria. Dengan plat berzirah kuat itu, hampir mustahil menembus kulit Armored Titan. Setiap lokasi yang terbuka bisa ditutupi dengan kemampuan pengerasan. Meskipu seperti Colossal Titan, Armored Titan tidak bisa bergerak cepat karena plat di tubuhnya. Meski begitu, Reiner bisa bertahan saat melawan Titan Penyerang Eren.

3. Cart Titan dan Jaw Titan
Founding Titan Eren dan 8 Titan Lain di Attack on Titan

Dua Titan ini mungkin kekuatannya tidak sebanding dengan yang lain. Tapi, kecepatan dan daya tahannya tidak tertandingi. Cart Titan alias Titan Kereta adalah Titan berkaki empat yang membuat tubuhnya bisa mengangkut suplai dan punya kecepatan tinggi. Kecepatan ini dipamerkan Titan Kereta Pieck saat dia menyelamatkan Zeke dari Levi. Selain itu, pemilik Cart Titan bisa bertahan dalam bentuk Titan mereka dalam waktu lama. Pieck berada di bentuk Titannya selama dua bulan. Ini mengakibatkan Pieck berjalan dengan dua kaki dan tangannya. Dia pun butuh kruk untuk berjalan.
Founding Titan Eren dan 8 Titan Lain di Attack on Titan

Yang punya kecepatan yang sama adalah Jaw Titan atau Titan Rahang, yang paling kecil di antara 9 Titan. Jaw Titan punya kecepatan dan kelincahan yang luar biasa. Lokasi seperti hutan dan kota adalah tempat terbaik bagi Jaw Titan untuk bertempur dan memperlihatkan mobilitasnya. Kemampuan utama Jaw Titan adalah gigitan mereka yang luar biasa. Ymir menggunakannya untuk menggigit tengkuk Pure Titan lebih dari sekali.

4. War Hammer Titan dan Female Titan
Founding Titan Eren dan 8 Titan Lain di Attack on Titan

War Hammer Titan (Titan Palu Perang) sudah dipunyai keluarga Tybur sejak Raja Fritz meninggalkan Kekaisaran Eldia. Sejak saat itu, Titan ini sudah digunakan untuk membantu Kekaisaran Marley. Titan ini unik karena kemampuannya menggunakan pengerasan untuk membuat senjata atau menembakkan paku keras dari tanah. Titan ini juga bisa dikenalikan secara jarak jauh. Dengan menggunakan kabel yang terkoneksi ke tubuh dalam kristal penggunanya, Titan ini bisa beroperasi tanpa penggunanya di leher.
Founding Titan Eren dan 8 Titan Lain di Attack on Titan

Female Titan atau Titan Wanita juga punya kemampuan aneh. Seperti Founding Titan, Female Titan bisa menarik Titan ke lokasinya, tapi dia tidak mengendalikan mereka. Ketika mereka tiba, Pure Titan akan menyantap tubuh Female Titan. Annie Leonhart menggunakan teknik ini untuk kabur dari para pandu. Female Titan juga bisa mengeraskan bagian berbeda dari tubuhnya, yang membuatnya bisa melakukan serangan strategis atau melindungi tengkuk leher.



5. Beast Titan dan Attack Titan
Founding Titan Eren dan 8 Titan Lain di Attack on Titan

Beast Titan mendekati kekuatan Founding Titan untuk mengendalikan dan mencipakan titan baru. Zeke Jaeger, pemegang Beast Titan saat ini, melakukannya di sepanjang serial ini. Beast Titan Zeke ini juga memperlihatkan pengerasan dan lemparan kuat. Sesuatu yang dipakai Zeke ketika menyerang pasukan adalah sebongkah batu yang berserakan di seluruh tempat.
Founding Titan Eren dan 8 Titan Lain di Attack on Titan

Dengan kekuatan seperti itu di Beast Titan dan yang lain, bisa diasumsikan kalau Attack Titan juga kuat. Nyatanya, Attack Titan tidak punya kemampuan khusus seperti yang lain. Sesuatu yang dilihat penggemar dari semua pewaris Attack Titan adalah dorongan mereka untuk bertempur dan tidak pernah menyerah. Mungkin kemampuan Attack Titan bukanlah fisik, tapi mental. Seperti dorongan Eren untuk kabur dari tembok, Attack Titan menolak menyerah.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7662 seconds (0.1#10.140)