Mengejutkan, Ini Selisih Nilai BTS dan UI dari Voting Juri GDA 2022

Selasa, 11 Januari 2022 - 09:13 WIB
loading...
Mengejutkan, Ini Selisih Nilai BTS dan UI dari Voting Juri GDA 2022
BTS dan IU sama-sama memenangkan piala utama daesang dalam Golden Disc Awards 2022. Foto/EDAM, BigHit Music
A A A
SEOUL - BTS dan IU bertarung di kategori yang sama, dan sama-sama memenangkan piala daesang dari kategori yang berbeda dalam Golden Disc Awards (GDA) 2022.

Dalam acara yang digelar pada Sabtu (8/1), BTS memenangkan daesang kategori Album of the Year untuk album BE. Sementara IU memenangkan Digital Song of the Year untuk lagu Celebrity.Perlu diketahui, GDA hanya memberikan dua piala daesang.

Saat pengumuman pemenang dilakukan, penyelenggara tidak memberikan hasil pemungutan suara yang dilakukan juri. Baru belakangan hasil voting tersebut dibeberkan di media Korea.

Baca Juga: 7 Istilah yang Lahir dari Nama Member BTS, Bisa Dipakai untuk Sehari-Hari!

Mengutip Kbizoom, hasil voting juri tersebut ternyata cukup mengejutkan dan menggambarkan pertarungan yang unik antara BTS dan UI. Dari kategori lagu digital, keduanya ternyata bersaing ketat, tapi untuk album justru sebaliknya.

Mengejutkan, Ini Selisih Nilai BTS dan UI dari Voting Juri GDA 2022

Foto: JTBC/GDA

Untuk kategori Digital Song of the Year, IU menang sangat tipis dari BTS dengan hanya selisih dua suara. Sang solois mendapat 22 suara dari 50 juri, sementara BTS mendapat 20. Adapun aespa ada di tempat ketiga, tapi jumlah suaranya tidak dipublikasikan.

Sedangkan untuk Album of the Year, BTS mendapatkan 36 suara dari 50 orang juri. Sementara IU lewat LILAC hanya mendapat 8 suara.

Pemenang GDA dipilih dengan 60% mengambil dari hasil penjualan dan 40% dari juri. Juri berasal dari jajaran eksekutif GDA, kritikus musik terkenal, para produser program musik, serta pelaku industri di perusahaan distributor album dan statistik musik.

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup dari Kasus Hinaan Jae DAY6 kepada Jamie

Kemenangan di GDA 2022 membuat BTS untuk kelima kalinya meraih piala yang sama selama lima tahun berturut-turut. Sementara tahun ini menjadi kemenangan IU yang ketiga kalinya untuk kategori yang sama, setelah menang lewat lagu Through the Night (GDA 2018) dan Blueming (GDA 2021).

Pada saat penyelenggaraan GDA 2022, IU hadir secara langsung, sementara BTS hanya muncul lewat video rekaman, baik saat bernyanyi maupun saat menyampaikan pidato kemenangan.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1778 seconds (0.1#10.140)