5 Pelajaran Hidup dari Kasus Hinaan Jae DAY6 kepada Jamie

Senin, 10 Januari 2022 - 11:09 WIB
loading...
5 Pelajaran Hidup dari Kasus Hinaan Jae DAY6 kepada Jamie
Jae DAY6 mengucapkan kalimat lelucon kepada Jamie yang dianggap sebagai sebuah bentuk penghinaan. Foto/JYP Entertainment
A A A
JAKARTA - Jae DAY6 alias eaJ kembali jadi perbincangan, kali ini gara-gara kalimat tidak simpatik yang diucapkannya kepada solois perempuan Jamie, yang selama ini dianggap sebagai teman baiknya.

Kejadian ini bermula saat Jae melakukan siaran langsung di aplikasi streaming Twitch pada Minggu (9/1). Dalam siaran itu, penyanyi yang baru saja keluar dari agensi JYP Entertainment itu menyebut Jamie dengan istilah "thot".

"Oke, karena sekarang aku sudah tidak di K-pop lagi, jadi aku bisa bilang ini. Kenapa Jamie sekarang berusaha jadi kayak thot? Ya, aku beneran ngomong ini, kasih tahu dia! Kasih tahu dia!," kata Jae sambil setelah itu tertawa terbahak-bahak.

Menurut urbandictionary.com, thot adalah istilah untuk menyebut "perempuan yang menggunakan tubuhnya untuk menarik perhatian para pria. Istilah ini sering dipakai untuk menyebut para streamer perempuan di Twitch yang menggunakan taktik tersebut".

Baca Juga: Jae dan JYP Beri Pernyataan Berbeda soal Keluar dari DAY6, Ini Sederet Masalah yang Pernah Terjadi

Netizen yang mendengar ini lantas menyebarkan cuplikan ucapan Jae tersebut ke media sosial, dan Jamie pun meresponsnya dengan rasa kecewa mendalam karena ia menganggap Jae sebagai temannya. "Aku benci ketika perempuan menjadi subyek humor pria..," tulisnya di akun Twitter-nya.

Jae lantas meminta maaf lewat akun Twitter-nya, dengan mengatakan bahwa ia tidak bermaksud mengatakan hal buruk tersebut, dan yang ia maksud sebenarnya adalah "baddie". Istilah ini kurang lebih sama dengan "keren" atau "badass".

Meski begitu, netizen menganggap Jae hanya berkilah karena dia fasih berbahasa Inggris, besar dan kuliah di Amerika Serikat, dan pasti paham dengan perbedaan istilah gaul tersebut.

Nah, dari kasus ini, ada beberapa hal yang bisa diambil sebagai pelajaran hidup yang bisa menjadi panduan dalam hubungan sosialmu dengan orang lain.

1. Jangan Berlebihan Memuja Idol


5 Pelajaran Hidup dari Kasus Hinaan Jae DAY6 kepada Jamie

Foto: JYP Entertainment

Setelah kejadian ini, banyak penggemar Jae yang merasa kecewa dengan perilakunya. Sebagian mengatakan bahwa mereka rindu pada Jae DAY6, bukan eaJ (nama saat ia melakukan proyek solo). Sementara netizen lainnya mengatakan bahwa Jae DAY6 sudah mati karena ia adalah karakter buatan agensi.

Perkataan ini ada benarnya, karena banyak penggemar yang tidak bisa membedakan antara sosok idol atau selebritas di depan kamera dan di luar kamera.

Sering terjadi, idol yang dipuja adalah karakter atau persona yang diciptakan oleh agensi, bukan karakter asli dari sosok yang bersangkutan. Inilah yang membuat para penggemar jadi menuntut sang idol untuk berlaku sempurna layaknya malaikat. Saat akhirnya sang idol melakukan perbuatan buruk, rasa kecewa langsung membuncah.

Jadi, sangat penting untuk menyukai idol dalam takaran yang sewajarnya alias harus realistis. Jangan berekspektasi berlebihan pada manusia, apalagi pada selebritas yang hidupnya juga penuh tekanan.


2. Tahu Batasan dalam Bercanda, meskipun kepada Teman Dekat

5 Pelajaran Hidup dari Kasus Hinaan Jae DAY6 kepada Jamie

Foto: Getty Images

Jae dan Jamie saling mengenal secara pribadi dan sering disebut berteman dekat karena mereka dulunya berada dalam satu agensi. Ada kemungkinan, Jae merasa bahwa sebagai teman dekat Jamie, perempuan itu bisa menerima leluconnya. Namun kenyataannya tidak begitu.

Karena itulah, sangat penting untuk mengetahui batasan dalam bercanda atau melempar humor, termasuk pada teman dekat atau sahabat. Seringkali karena sudah terbiasa bercanda, kita lepas kontrol dan mengatakan hal-hal buruk tentang teman kita.

Sang teman bisa saja meresponsnya dengan ikut tertawa, tapi tidak pernah ada yang tahu perasaan dia yang sebenarnya saat mendengar lelucon buruk tentangnya diucapkan di depan orang banyak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)