10 Makanan Paling Ikonik Jepang yang Tampil di Anime

Selasa, 04 Januari 2022 - 19:19 WIB
loading...
10 Makanan Paling Ikonik Jepang yang Tampil di Anime
Anime acap kali menampilkan makanan-makanan ikonik Jepang yang menjadi favorit karakter mereka. Kehadiran makanan ini pun turut meningkatkan popularitasnya. (Foto: Reddit)
A A A
Anime sering kali menjadi media paling efektif untuk memperkenalkan budaya Jepang. Bukan hanya adat istiadat, tapi juga makanan mereka. Kini, makanan khas Jepang pun kian terkenal berkat meningkatnya popularitas anime di dunia.

Para karakter kondang anime sering kali terlihat menyantap makanan-makanan ini. Bahkan, beberapa di antara makanan ini adalah favorit para karakter tersebut. Mereka juga terlihat sangat menikmati makanan itu.

Para penggemar yang penasaran dengan makanan-makanan tersebut pun biasanya segera mencarinya atau bahkan membuatnya sendiri. Hingga kini, makanan-makanan ini masih sering muncul di berbagai anime dan kian meningkatkan popularitasnya. Apa saja makanan terikonik Jepang yang muncul di anime? Mengutip Game Rant, berikut rangkumannya!



10. Nikuman
10 Makanan Paling Ikonik Jepang yang Tampil di Anime

Nikuman adalah bakpao isi babi cincang. Bakpao ini biasanya dikukus di wadah bambu dan disajikan dalam kondisi masih hangat. Nikuman adalah camilan gurih dan makanan comfort saat malam-malam yang dingin. Di Jepang, makanan ini bisa ditemukan di supermarket, festival atau jajanan jalanan (street food). Sekarang, variasi Nikuman ini sudah banyak. Ada Anman (isi selai kacang merah), Kareeman (isi kari), atau yang diisi sayuran. Makanan ini sering terlihat disantap Shoyo Hinata dari Haikyuu!!, Usagi dari Sailor Moon dan Chihiro dari Spirited Away.

9. Pocky
10 Makanan Paling Ikonik Jepang yang Tampil di Anime

Camilan biskuit berlumur cokelat ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Snack asli Jepang ini dengan mudah ditemukan di minimarket. Pocky punya berbagai variasi dari stroberi, matcha green tea, pisang cokelat, cookies and cream, dan lain-lain. Camilan ini pun sering kali muncul di banyak anime seperti Ga-Rei: Zero.

Di anime ini, Yomi dan Kagura memainkan Pocky Game. Di permainan ini, dua orang menggigit masing-masing ujung Pocky dan memakannya sampai di tengah. Siapa pun yang bisa sampai di bagian tengah biskuit itu adalah pemenangnya. Permainan ini sering berakhir dengan sebuah ciuman. Permainan ini seperti permainan putaran botol versi Jepang. Snack ini disukai karena enak dan simpel.

8. Omurice
10 Makanan Paling Ikonik Jepang yang Tampil di Anime

Omurice adalah omelet yang diisi nasi goreng, sayuran dan daging ayam. Di atas omelet ini biasanya diberi topping saus dan disajikan dengan sayuran. Makanan ini bisa dinikmati kapan saja. Omurice juga merupakan makanan ikonik yang sering terlihat di anime. Di Attack on Titan, makanan itu adalah kenangan terindah di masa kecil Jean. Makanan itu bahkan membantunya menang saat bertanding masak melawan Sasha.

7. Kotak Bento
10 Makanan Paling Ikonik Jepang yang Tampil di Anime

Kotak Bento adalah sebuah ikon di anime. Kotak ini biasanya dipenuhi makanan khas rumahan, seperti nasi, ayam atau ikan, dan berbagai sayuran. Kotak ini menawarkan kebebasan bagi orang untuk membawa apa pun yang ingin mereka makan. Di anime, Kotak Bento ini biasanya terlihat pada karakter yang menyantap makan siang di sekolah. Karakter di Sailor Moon dan Cardcaptor Sakura sering terlihat menyantap makanan dari kotak ini. Selain itu, para karyawan membawa kotak ini untuk makan siang. Karakter anime yang suka bepergian seperti Pokemon atau Inuyasha juga membawa kotak ini.

6. Takoyaki
10 Makanan Paling Ikonik Jepang yang Tampil di Anime

Takoyaki adalah jajanan jalanan populer di Jepang. Di Indonesia, makanan ini pun sudah banyak bermunculan di kaki lima. Takoyaki biasanya dinikmati dengan mayones Jepang atau saus Takoyaki dengan berbagai macam garnish. Camilan gurih dan kenyal ini dinikmati banyak karakter anime, tapi yang paling banyak berasal dari My Hero Academia. Fat Gum dan Tamaki adalah karakter yang sering terlihat makan camilan ini. Tamaki bahkan punya Quirk di mana dia bisa memanifestasi apa pun yang dia makan dan masih dia cerna. Dalam sebuah pertempurannya, dia bisa mengubah jari-jarinya menjadi tentakel gurita karena sebelumnya dia makan Takoyaki.

5. Mitarashi Dango
10 Makanan Paling Ikonik Jepang yang Tampil di Anime

Dango punya berbagai macam varian. Tapi, yang paling populer adalah Mitarashi Dango. Dango biasanya terdiri atas 4—5 bola tepung beras yang dilumuri saus manis setelah dibakar. Bola Dango disajikan seperti sate dengan tusuk dari bambu dan biasanya dimakan saat musim semi. Camilan lezat, manis dan kenyal ini biasanya dipasangkan dengan teh atau dimakan sebagi pencuci mulut. Karakter-karakter dari Naruto, Sailor Moon, Clannad, Fruit Baskets, Demon Slayer dan lain-lain suka makanan ini.

4. Katsudon
10 Makanan Paling Ikonik Jepang yang Tampil di Anime

Katsudon adalah rice bowl ala Jepang yang disajikan dengan irisan daging babi. Daging babinya dilumuri tepung dan digoreng sebelum diletakkan di atas nasi, omelet dan bawang tumis. Makanan ini paling terlihat di Yuri!! On Ice di mana Yuri Katsuki memakan semangkuk makanan ini tiap kali dia menang kompetisi skating. Katsudon juga merupakan makanan favorit Izuku Midoriya alias Deku dari My Hero Academia.

3. Taiyaki
10 Makanan Paling Ikonik Jepang yang Tampil di Anime

Taiyaki adalah kue berbentuk ikan yang berisi pasta kacang merah. Ada rasa lain yang juga tersedia, seperti cokelat, krim custard, dan sakura—untuk musim panas. Yang suka gurih, ada juga taiyaki keju. Makanan ini muncul di Boruto, Kannon, dan lain-lain. Namun, yang paling gampang diingat adalah di episode 14 season 2 My Hero Academia. Deku dilatih Gran Torino, salah satu guru dan teman All Might. Gran Torino bukan hanya suka makanan ini, tapi, dia menggunakannya untuk menjelaskan pelajaran berharga kepada Deku.

2. Onigiri
10 Makanan Paling Ikonik Jepang yang Tampil di Anime

Onigiri adalah bola nasi berbentuk segitiga berisi sayur atau daging yang dibungkus nori. Makanan ini populer di Jepang karena mudah dan murah. Apalagi, onigiri bisa menjadi camilan orang yang selalu terburu-buru. Onigiri adalah makanan paling umum yang ditemui di anime. Makanan ini terlihat di Demon Slayer, Sailor Moon, Pokemon, Fruits Basket, dan lain-lain.



1. Ramen

10 Makanan Paling Ikonik Jepang yang Tampil di Anime

Makanan paling umum dan terikonik yang terlihat di anime adalah semangkuk ramen. Ini adalah makanan favorit bagi banyak karakter populer di anime. Naruto, misalnya. Dia suka makan miso chashu ramen di kedai Ramen Ichiraku. Goku dan Beerus dan Dragon Ball juga suka makanan ini. Sementara, Senku dari Dr Stone sangat menyukai ramen sampai dia bahkan berhasil menciptakannya di era batu.

Ramen biasanya disajikan di dalam mangkuk dengan isian berupa mi, kuah daging, daun bawang, irisan daging ayam atau babi, dan telur rebus yang dibelah. Makanan ini bisa dibuat sendiri di rumah dan orang pun bebas menambahkan apa saja di dalamnya. Orang kadang menambahkan naruto (pasta ikan yang dikukus) dan lain-lain.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1066 seconds (0.1#10.140)