Ranking 9 Film dan Serial TV Marvel 2021 Menurut IMDb

Ranking 9 Film dan Serial TV Marvel 2021 Menurut IMDb
Sepanjang 2021, Marvel Studios merilis sekitar 4 film dan 5 serial televisi di Marvel Cinematic Universe. Dari 9 proyek itu, ada yang terbaik dan terjelek. (Foto: ScreenGrab/Disney+)
Sepanjang 2021, Marvel Studios telah merilis tak kurang dari 4 film dan 5 serial televisi di ranah Marvel Cinematic Universe (MCU). Serial-serial yang tayang di Disney+ itu adalah pengobat rindu untuk para penggemarnya setelah pada 2020 studio itu absen merilis film karena pandemi Covid-19. Dan, ini adalah kali pertama bagi MCU menggunakan TV sebagai format mereka.

Yang mengejutkan, serial-serial MCU itu tampil dengan baik. Beberapa di antaranya melampaui harapan dan bahkan penampilnya lebih baik dari film layar lebarnya. Para penggemar pun menyukai serial ini. Apalagi, serial ini punya kaitan erat dengan keberlanjutan cerita di film MCU.

Sampai saat ini, ada total 9 proyek MCU selama 2021. Serial Hawkeye menutup gelaran MCU tahun ini dengan episode finale yang sangat menarik. Dari 9 proyek itu, menurut IMDb, ada yang paling jelek sampai yang terbaik. Apa saja? Simak rangkuman berikut ini!

Baca Juga: 4 Tanda Keberadaan Spider-Man versi Miles Morales di Film Marvel

9. Black Widow — 6,7
Ranking 9 Film dan Serial TV Marvel 2021 Menurut IMDb

Black Widow adalah film yang telah lama dinantikan penggemar MCU. Ini menjadi satu-satunya film solo Natasha Romanoff sejak diperkenalkan di Iron Man 2 (2010). Natasha sudah tewas di Avengers: Endgame (2019). Sayang, penampilan film ini dianggap tidak maksimal. Di IMDb, ini adalah film MCU terburuk kedua setelah The Incredible Hulk (2008). Meski begitu, harus diingat kalau Black Widow punya tim hebat di film itu.

8. Eternals — 6,8
Ranking 9 Film dan Serial TV Marvel 2021 Menurut IMDb

Dengan respons kritis terhadap Eternals, agak mengejutkan jika film ini bukan yang berarting terendah. Angka 6,8 itu cukup tinggi untuk film yang mendapatkan banyak caci maki ini. Film ini juga menjadi film pertama MCU yang mendapatkan sertifikat busuk di Rotten Tomatoes. Namun, skor IMDb ini menunjukkan kalau penggemar masih suka film ini.

7. The Falcon and the Winter Soldier — 7,3
Ranking 9 Film dan Serial TV Marvel 2021 Menurut IMDb

Serial televisi kedua MCU ini menyenangkan tapi kacau. Serial ini dikritik karena terlalu berkhotbah dengan komentar sosialnya. Tapi, serial ini juga dipuji karena menghadapi masalah seperti diskriminasi ras. Hubungan Sam dengan tameng dan kemudian menjadi Captain America itu tidak terlalu masuk akal. Meski begitu, tiap episodenya penuh dengan aksi menarik khas film MCU. Serial ini juga memperkenalkan karakter baru yang sepertinya akan punya peranan penting di MCU.

6. What If...? — 7,5
Ranking 9 Film dan Serial TV Marvel 2021 Menurut IMDb

Serial What If…? membuat sejumlah karakter yang telah dikenal di MCU berganti posisi, dari T’Challa yang menjadi Star-Lord sampai Ultron yang menang, serial ini begitu sempurna dituangkan dalam bentuk animasi. Serial ini adalah satu-satunya proyek MCU yang bukan kanon dan tidak punya efek pada semesta mereka.

5. Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings — 7,5
Ranking 9 Film dan Serial TV Marvel 2021 Menurut IMDb

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings membuat penggemar merasa “pulang” ke rumah mereka di MCU. Seperti tiap pahlawan Marvel, Shang-Chi mungkin punya masalah dengan ayahnya, tapi di film ini, itu sangat unik. Film ini mengeksplorasi budaya dan mitologi China. Adegan seni bela dirinya adalah adegan tarung dengan koreografi terbaik di MCU. Ini adalah salah satu film terlucu di MCU yang tidak terlalu terlihat seperti komedi blak-blakan seperti Thor: Ragnarok atau Guardians of the Galaxy.

4. WandaVision — 8,0
Ranking 9 Film dan Serial TV Marvel 2021 Menurut IMDb

Serial perdana MCU tahun ini membuat penggemarnya jatuh cinta. Pendekatannya yang mirip Twilight Zone membuat serial ini jadi lebih sukses. Ironisnya, ketika serial ini mencoba jadi seperti film Marvel, dia gagal. Ceritanya nyaris Lynchian atau seperti film David Lynch yang punya banyak misteri tapi tidak menjawab separuh misterinya. Serial ini adalah tragedi mirip Shakespearean.

3. Hawkeye — 8,1
Ranking 9 Film dan Serial TV Marvel 2021 Menurut IMDb

Hawkeye menutup gelaran film dan serial televisi MCU tahun ini. Ini adalah satu-satunya proyek MCU tahun ini yang menampilkan anggota asli Avengers. Di serial ini, Clint Barton menyaksikan sejarahnya dan teman-temannya diceritakan di Broadway. Sikap angkuh Clint yang lucu membuat serial ini jadi lebih menarik. Apalagi, serial ini terjadi di dunia nyata, bukan dimensi lain. Serial ini adalah tentang Avenger yang sudah pensiun. Namun, serial ini lebih tentang Kate Bishop, ketimbang Clint. Kate adalah pengganti Clint sebagai Hawkeye di MCU. Yang paling menarik di serial ini adalah kemunculan Kingpin.

2. Loki — 8,3
Ranking 9 Film dan Serial TV Marvel 2021 Menurut IMDb

Loki punya banyak kejutan di serialnya. Di serial ini ditunjukkan Loki yang menjadi DB Cooper sampai varian-variannya yang aneh-aneh. Varian Loki terdiri dari Loki tua, kandidat presiden, sampai aligator. Serial ini unik tidak hanya dari cerita tapi juga penampakannya. Seninya juga menarik. Sejumlah latar bahkan terlihat seperti lukisan cat minyak. Loki adalah satu-satunya serial MCU yang terkonfirmasi bersambung ke season 2 dan berakhir dengan cliffhanger.

Baca Juga: Perkiraan Lineup 12 Anggota Tim Avengers 5 di Film Marvel

1. Spider-Man: No Way Home — 9,0
Ranking 9 Film dan Serial TV Marvel 2021 Menurut IMDb

Spider-Man: No Way Home adalah film MCU dengan rating tertinggi dan film terbaik ke-9 sepanjang masa menurut IMDb. Film ini juga menjadi film kedua dalam sejarah yang meraih pendapatan tertinggi di box office di akhir pekan pembukaannya. Film ini adalah film pertama MCU yang menyelami multiverse. Film ini penuh telur paskah dan kejutan besar. Film ini juga sangat diterima dengan positif. Di IMDb, film ini mungkin tidak akan selalu ada di angka 9,0 karena masih baru dan masih banyak yang belum menontonnya. Angka itu didapatkakn dari lebih dari 200.000 suara, jadi cukup mengesankan.


(alv)
Share: