4 Tanda Keberadaan Spider-Man versi Miles Morales di Film Marvel

4 Tanda Keberadaan Spider-Man versi Miles Morales di Film Marvel
Penampilan Spider-Man versi Miles Morales di Marvel Cinematic Universe (MCU) tinggal menunggu waktu. Sampai saat ini, sudah ada pertanda keberadaannya di MCU. (Foto: Digital Spy)
Di jagat komik Marvel, Peter Parker bukanlah satu-satunya orang yang memegang titel Spider-Man . Di semesta Ultimate Marvel, Miles Morales menggantikan posisi Peter sebagai Spider-Man pada 2011. Sejak saat itu, Miles menjadi sangat populer.

Peringatan: Artikel ini mengandung spoiler film Spider-Man: No Way Home! Kalian sudah diperingatkan!

Dalam 10 tahun, Miles sudah tampil di banyak komik, film animasi, dan video game. Penggemar pun berharap bisa melihatnya di Marvel Cinematic Universe (MCU) suatu hari nanti. Harapan itu akan terwujud dengan sejumlah film MCU yang mengindikasikan keberadaan Miles di jagat sinematik tersebut.

Di Ultimate Spider-Man, Peter Parker sepertinya tewas dalam pertempuran akhirnya dengan Green Goblin. Setelah itu, Miles menggantikannya sebagai manusia laba-laba. Seperti Peter, Miles juga digigit laba-laba uji coba Oscorp. Dia pun punya kekuatan yang sama seperti Peter dengan dua tambahan kekuatan baru, yaitu menjadi kasat mata dan mengirimkan gelombang kejut bioelektik dari tangannya.

Di jagat film, Miles sudah diperkenalkan lewat film animasi Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018). Sampai saat ini, film ini dianggap sebagai yang terbaik di antara semua film Spider-Man. Dia akan kembali tampil di Spider-Man: Across the Spider-Verse (Part One) tahun depan.

Namun, dengan konklusi di Spider-Man: No Way Home, ada peluang kalau dia akan tampil di MCU dalam waktu dekat. Lantas apa saja tanda keberadaan Miles di MCU? Mengutip Screen Rant, berikut ulasannya!

Baca Juga: 10 Momen yang Bikin Mewek di Spider-Man: No Way Home

1. Referensi di Spider-Man: Homecoming
4 Tanda Keberadaan Spider-Man versi Miles Morales di Film Marvel

Keberadaan Miles sudah lama diindikasikan di MCU. Yang pertama muncul di Spider-Man: Homecoming. Di film itu, Aaron Davis (Donald Glover) adalah rekan Mac Gargan dan pembeli potensial persenjataan alien Adrian Toomes (Michael Keaton). Aaron membantu Spider-Man menelusuri Gargan. Dia mengaku kalau dia tidak ingin senjata seperti itu membahayakan keponakannya.

Aaron adalah karakter di Ultimate Comics: Spider-Man. Dia lebih dikenal dengan alter ego jahatnya, yaitu The Prowler. Aaron juga merupakan paman Miles. Ini membuat dialognya di Homecoming sebagai referensi tak langsung terhadap Miles.

Meskipun adegan itu tidak mengungkapkan usianya, Miles versi MCU ini mungkin masih kecil di Homecoming. Avengers: Endgame menciptakan lompatan waktu 5 tahun. Jadi, Miles versi MCU ini sekarang mungkin sudah mendekati usia saat dia mendapatkan kekuatan super di Ultimate Comics: Spider-Man. Dengan melibatkan Aaron, MCU juga telah memperkenalkan karakter pendukung kunci bagi Miles. Ini menunjukkan kalau franchise ini secara pelan dan berurutan membangun perwujudan pengganti Peter Parker itu.

2. Ucapan Kevin Feige
4 Tanda Keberadaan Spider-Man versi Miles Morales di Film Marvel

Bos Marvel Studios Kevin Feige telah mengonfirmasi kalau Miles Morales ada di MCU. Di saat perilisan Homecoming, Kevin ditanyai seputar keberadaan Miles di MCU di sebuah wawancara. Meski tidak mengonfirmasi film Spider-Man versi Miles, dia menjelaskan kalau referensi itu dimaksudkan untuk mengungkapkan keberadaan Miles di MCU.

Ketika Spider-Man MCU diumumkan pada 2015, Kevin mengatakan, dia ingin manusia laba-laba pertama MCU itu adalah Peter Parker versi baru. Meski begitu, dia adalah penggemar Miles. Dia mengatakan, dia akan mempertahankan peluang bagi Miles untuk tampil di MCU nanti setelah Peter.

3. Komentar Amy Pascal
4 Tanda Keberadaan Spider-Man versi Miles Morales di Film Marvel

Amy Pascal dari Sony Pictures telah memproduseri banyak film Spider-Man. Baru-baru ini, dalam sebuah wawancara, dia mengungkapkan adanya rencana untuk penampilan live-action Miles. Menurut Amy, Miles akan diperkenalkan di film live-action begitu ceritanya dibuat sebagai pembukaan untuknya.

Sekarang, trilogi baru Spider-Man yang dibangun setelah Spider-Man: No Way Home telah dikonfirmasi. MCU secara pelan-pelan akan memulai membangun panggung untuk perkenalan Miles. Tom Holland, pemeran Peter Parker versi MCU, telah mengungkapkan dukungannya bagi Miles versi live-action. Dia berharap Miles akan menggantikannnya.

Jika MCU mengikuti komik, Peter Parker akan mati setelah Miles digigit laba-laba. Kemungkinan lainnya adalah Peter akan menjadi mentor Miles di film terakhirnya. Dia akan mengambil peran Tony Stark di Homecoming dan membawa busur cerita karakter itu di saat dia mempersiapkan Miles untuk kehidupan sebagai superhero.

Baca Juga: 10 Hal yang Terungkap di Film Spider-Man: No Way Home

4. Referensi di Spider-Man: No Way Home
4 Tanda Keberadaan Spider-Man versi Miles Morales di Film Marvel

No Way Home memasukkan tambahan referensi tentang Miles Morales di MCU. Setelah kekuatannya dinetralkan Spider-Man versi Andrew Garfield, Max Dillon alias Electro (Jamie Foxx) bertanya-tanya apakah ada Spider-Man berkulit hitam di multiverse. Sementara Spider-Man versi Andrew ini tidak akan tahu, mereka berdua berada di realitas di mana Miles berada. Dia kemungkinan akan menggantikan Peter Parker sebagai Spider-Man suatu hari nanti.

Dengan pentingnya multiverse di Fase 4 MCU, mungkin ada varian Miles Morales juga, termasuk versi animasi. Dengan komentar dari Kevin Feige, Amy Pascal dan Tom Holland, transisi pelan-pelan dari Peter Parker ke Miles Morales mungkin akan menjadi kunci bagi film Spider-Man yang akan datang. No Way Home dianggap sebagai akhir sebuah franchise dan mungkin itu berarti serial film Spider-Man selanjutnya akan menampilkan Miles Morales.


(alv)
Share: