10 Makanan Enak yang Bisa Dinikmati tanpa Takut Tambah Berat Badan

10 Makanan Enak yang Bisa Dinikmati tanpa Takut Tambah Berat Badan
Popcorn jadi salah satu camilan enak yang bisa kamu makan tanpa takut berat badan bertambah. Foto/Freepik
JAKARTA - Semua orang senang makan makanan enak , tapi kadang takut untuk memakannya terus-menerus karena ogah berat badannya naik.

Namun buat kamu yang suka diet, jangan takut, karena ada banyak makanan yang tak cuma enak, tapi juga sehat dan mengenyangkan. Mengutip dari Journalistate, ada beberapa kriteria makanan yang tepat untuk memenuhi ketiga hal tersebut.

Pertama, makanan yang bikin puas atau mengenyangkan biasanya bervolume tinggi. Menurut penelitian, jumlah makanan yang tertelan mempunyai dampak yang signifikan terhadap rasa kenyang. Volume makanan yang banyak mengandung air atau udara bisa cepat mengenyangkan tanpa menambah kalori.

Protein tinggi juga lebih mengenyangkan daripada karbohidrat dan lemak. Diet kaya protein bisa bikin perut cepat kenyang, sekaligus menghasilkan asupan kalori keseluruhan yang lebih rendah daripada diet rendah protein.

Berikutnya, serat tinggi menambah jumlah makanan kamu dan membuat kamu merasa kenyang. Ini juga memperlambat perjalanan makanan melalui saluran pencernaan. Jadi kamu bisa tetap merasa kenyang dalam waktu yang lama.

Terakhir yaitu kepadatan energi yang rendah. Makanan ini bisa membantu kamu merasa puas sambil mengonsumsi lebih sedikit kalori.

Nah, berikut beberapa jenis makanan yang tak cuma enak dan mengenyangkan, tapi juga sehat dan tidak bikin gemuk.

1. Telur Utuh

10 Makanan Enak yang Bisa Dinikmati tanpa Takut Tambah Berat Badan

Foto: Getty Images

Kuning telur mengandung sebagian besar nutrisi dan hampir setengah dari protein dalam telur. Telur adalah protein lengkap, yang berarti punya sembilan asam amino esensial di dalamnya. Selain itu, telur cukup mengenyangkan.

Menurut hasil penelitian, kalau kamu memakan telur untuk sarapan, maka akan lebih kenyang. Setelahnya kamu akan jadi lebih sedikit mengonsumsi kalori.Hingga 36 jam setelah makan, telur bisa membantu kamu makan lebih sedikit.

2. Ikan

10 Makanan Enak yang Bisa Dinikmati tanpa Takut Tambah Berat Badan

Foto: iStockphoto

Ikan tinggi dengan asam lemak omega-3 yang bisa membantu kamu yang kelebihan berat badan atau obesitas menjadi merasa lebih puas dan kenyang saat memakannya. Menurut sebuah penelitian, ikan memiliki pengaruh yang jauh lebih besar pada rasa kenyang daripada daging ayam atau sapi.


3. Daging Tanpa Lemak

10 Makanan Enak yang Bisa Dinikmati tanpa Takut Tambah Berat Badan

Foto: Getty Images

Seseorang yang sedang mengikuti diet rendah kalori dan rendah lemak lebih memilih daging tanpa lemak. Selenium, vitamin B3 dan B6, serta kolin, semuanya ditemukan pada unggas. Daging tanpa lemak tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga tinggi protein.

Mengkonsumsi daging tanpa lemak berprotein tinggi setiap kali makan bisa membantu kamu mengonsumsi lebih sedikit kalori pada waktu makan berikutnya.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Jajanan Kaki Lima di Jakarta, Murah Meriah Enak!

4. Popcorn
halaman ke-1
Share: