10 Film Superhero Termahal Sepanjang Masa, Avengers Mendominasi

Jum'at, 03 Desember 2021 - 16:09 WIB
loading...
10 Film Superhero Termahal Sepanjang Masa, Avengers Mendominasi
Bukan hal aneh jika film superhero berdana besar dan menjadi yang termahal. Sebagian film superhero termahal ini melibatkan tim superhero melawan musuhnya. (Foto: CBR)
A A A
Film superhero adalah salah satu genre film dengan anggaran besar. Demi memuaskan visual dan cerita, studio tak jarang jor-joran dalam menggelontorkan dana. Sebagian film superhero ini berdana lebih dari USD200 juta untuk produksi dan lain-lainnya. Ini menjadikan mereka sebagai film termahal di dunia.

Sampai saat ini, popularitas genre superhero di dunia perfilman terus meningkat. Nyatanya, permintaan untuk konten superhero baru sepertinya lebih tinggi dari sebelumnya. Mau superhero itu dari MCU, DCEU atau yang lain, film superhero itu ingin menjadi lebih baik dan lebih baik lagi dengan setiap perilisannya.

Sementara besarnya dana film tidak selalu menjadi indicator bagus bagi popularitas atau kritik, ini memberikan lebih banyak peluang bagi film itu untuk memberikan pengalaman yang diinginkan bagi para penggemar. Dengan tanpa tanda untuk melambat, film superhero sepertinya akan terus menjadi properti mahal untuk masa mendatang. Apa saja film superhero termahal yang pernah dibuat? Dikutip dari CBR, simak ulasan berikut ini!



10. The Avengers — USD220 Juta
10 Film Superhero Termahal Sepanjang Masa, Avengers Mendominasi

Setelah perilisan film solo Iron Man, Hulk, Thor dan Captain America, Avengers terbentuk di film yang dirilis pada 2012. Direkrut Direktur SHIELD saat itu, Nick Fury, Avengers bersatu untuk menghadapi pasukan Loki dan Chitauri. Film ini berhasil meraup sekitar USD1,5 miliar. Ini membuat The Avengers menjadi film pertama Marvel yang meraih pendapatan lebih dari USD1 miliar. Karena kesuksesan kolosal film ini dan franchise-nya secara keseluruhan, Marvel Cinematic Universe (MCU) terus tumbuh dengan berbagai macam entri baru.

9. Man of Steel — USSD225 Juta
10 Film Superhero Termahal Sepanjang Masa, Avengers Mendominasi

Superman versi Henry Cavill terbang untuk kali pertama lewat Man of Steel pada 2013. Film ini memberikan cerita asal usul baru karakter itu sementara juga bertindak sebagai titik mula DC Extended Universe (DCEU). Man of Steel melihat Kal-El merangkul takdirnya sebagai Clark Kent dan Superman untuk orang bumi. Sementara menemukan tujuannya di planet ini, Superman harus menghadapi dan akhirnya membunuh seorang Kryptonian yang dikenal sebagai Jenderal Zod. Film ini meraup USD670 juta di box office global.

8. Captain America: Civil War — USD250 Juta
10 Film Superhero Termahal Sepanjang Masa, Avengers Mendominasi

Film ketiga dari franchise Captain America ini dirilis pada 2016. Karena Perjanjian Sokovia, Avengers jadi terpecah. Pertarungan antara kedua belah kubu pun terjadi. Akhir film ini mengakibatkan perselisihan antara sejumlah karakter dengan beberapa anggota tim ini terpaksa menjadi buronan. Secara umum, film ini mendapatkan ulasan positif dan bahkan mengantongi uang paling banyak dari film apa pun yang dirilis di tahun yang sama.

7. The Dark Knight Rises — USD250 Juta
10 Film Superhero Termahal Sepanjang Masa, Avengers Mendominasi

Setelah kesuksesan finansial dan kritik The Dark Knight, Christian Bale kembali memerankan Batman untuk seri terakhir. The Dark Knight Rises menampilkan Tom Hardy memerankan tokoh jahat klasik komik DC, Bane. Di akhir film itu, Bruce memalsukan kematiannya dan meninggalkan Gotham City bersama Selina Kyle alias Catwoman. Film yang dirilis pada 2012 itu adalah yang termahal dari trilogi The Dark Knight. Tapi, film ini juga yang paling laris dari serial itu dengan box office total USD1,08 miliar.

6. Spider-Man 3 — USD258 Juta
10 Film Superhero Termahal Sepanjang Masa, Avengers Mendominasi

Dirilis pada 2007, Spider-Man 3 adalah film tertua yang masuk daftar ini. Film ini adalah bagian terakhir dari trilogi besutan Sam Raimi dengan Tobey Maguire sebagai Peter Parker/Spider-Man. Dibuat sebelum lahirnya MCU dan DCEU, trilogi Spider-Man produksi Sony Pictures ini dianggap sebagai pengaruh baik dalam film superhero modern yang dinikmati saat ini.

Di seri ketiga itu, Peter bertempur melawan Venom, Sandman dan New Goblin. Dibuat dengan dana besar, film ini meraup hampir USD900 juta. Spider-Man 3 adalah film terlaris Spider-Man sebelum Spider-Man: Far From Home dirilis pada 2019.

5. Batman V Superman: Dawn of Justice — USD263 Juta
10 Film Superhero Termahal Sepanjang Masa, Avengers Mendominasi

Pada 2016, Zack Snyder kembali ke genre superhero untuk mengarahkan Batman v Superman: Dawn of Justice. Film kedua DCEU ini memamerkan pertempuran sengit antara dua pahlawan terbesar DC itu. Mereka akhirnya bisa mengenyahkan perbedaan mereka dan bergabung untuk mengalahkan makhluk ciptaan Lex Luthor, Doomsday. Superman mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan dunia di pertempuran itu. Ini menginspirasi Batman untuk membentuk Justice League. Film ini memperkenalkan Diana Prince alias Wonder Woman.

4. Justice League — USD300 Juta
10 Film Superhero Termahal Sepanjang Masa, Avengers Mendominasi

Film yang dirilis pada 2017 ini menampilkan tim ikonik komik DC ke layar lebar. Di film itu, Justice League menghidupkan lagi Superman sebelum bersatu untuk melawan penjahat berbahaya bernama Steppenwolf. Film ini meraup USD660 juta. Anggaran film ini ditambahi USD70 juta ketika Zack Snyder kembali untuk menyelesaikan film ini versinya, yang kemudian tayang di HBO Max pada Maret 2021.

3. Avengers: Infinity War — USD325 Juta
10 Film Superhero Termahal Sepanjang Masa, Avengers Mendominasi

Sekitar 10 tahun setelah film pertama di MCU dirilis, Avengers akhirnya berhadapan dengan Thanos. Momen penutup film itu memperlihatkan separuh populasi alam semesta lenyap, termasuk sejumlah Avengers. Kemenangan Thanos ini mengagetkan dan memberikan akhir kelam bagi penggemar franchise ini. Film ini pun cukup laris di pasaran. Infinity War adalah satu dari 5 film yang pernah meraup USD2 miliar di box office.

2. Avengers: Endgame — USD356 Juta
10 Film Superhero Termahal Sepanjang Masa, Avengers Mendominasi

Film ini adalah kulminasi 11 tahun perjalanan MCU. Film ini juga mungkin merupakan film superhero paling ambisius sepanjang masa. Dengan efek khusus yang mempesona dan cast yang sangat populer, tidak heran jika dana film ini sangat tinggi. Namun, anggaran yang sangat besar itu pun impas dengan hasilnya. Avengers: Endgame mengukuhkan diri sebagai film terlaris sepanjang masa dengan meraup hampir USD2,8 miliar selama beberapa bulan. Avatar menumbangkan rekor Endgame setelah dirilis ulang.



1. Avengers: Age of Ultron — USD365 Juta
10 Film Superhero Termahal Sepanjang Masa, Avengers Mendominasi

Film yang dirilis pada 2015 itu mengisahkan Avengers yang harus menghentikan kecerdasan buatan bernama Ultron. Mereka akhirnya berhasil, tapi anggota terbaru mereka, Quicksilver, tewas dalam peristiwa itu. Film ini meraup hampir USD1,4 miliar di box office. Avengers: Age of Ultron adalah film termahal kedua di sepanjang sejarah. Titel film termahal sepanjang sejarah masih dipegang Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides yang berdana USD379 juta. Uniknya, kedua film ini sama-sama keluar dari Disney.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)