10 Karakter dan Pemeran Utama yang Tampil di Serial Hawkeye

10 Karakter dan Pemeran Utama yang Tampil di Serial Hawkeye
Serial Hawkeye yang tayang di Disney+ akan memperkenalkan sederet karakter baru ke Marvel Cinematic Universe (MCU). Sebagian karakter ini ada di area abu-abu. (Foto: Marvel)
Sejak diperkenalkan di Thor (2011), Clint Barton alias Hawkeye belum mendapatkan sorotannya tersendiri. Tahun ini, lewat serialnya di Disney+, Clint akan menceritakan sisi lain dirinya sekaligus memperkenalkan penggantinya di Avengers, Kate Bishop. Sejauh ini, hanya Hawkeye, satu-satunya anggota asli Avengers, yang belum mendapatkan film solo.

Hawkeye diangkat secara bebas dari komik Marvel karya Matt Fraction, David Aja dan Annie Wu yang berjalan dari 2012—2015. Komik ini mengisahkan Clint yang bermitra dengan Kate menghadapi para musuh yang berasal dari masanya saat menjadi Ronin. Karakter ini diperkenalkan di Avengers: Endgame.

Sebagai serial yang memperkenalkan tokoh baru, tak heran jika Hawkeye dipenuhi karakter-karakter yang selama ini belum dikenal di Marvel Cinematic Universe (MCU). Sejumlah karakter ini sudah dikenal di dunia komik Marvel. Ada yang antihero, ada juga yang memang villain. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya!

Baca Juga: Review dan Sinopsis 2 Episode Hawkeye yang Tayang Hari Ini

1. Clint Barton/Hawkeye — Jeremy Renner
10 Karakter dan Pemeran Utama yang Tampil di Serial Hawkeye

Jeremy Renner kembali sebagai pemanah kondang di Avengers. Clint Barton/Hawkeye punya misi yang sederhana di serial ini. Dia harus pulang ke keluarganya dalam waktu enam hari sejak dia memulangkan anak-anaknya dari New York. Apakah Clint akan berhasil menyelesaikan misinya dalam waktu enam hari, itu masih belum jelas.

Clint sering kali menjadi karakter yang terlupakan di MCU. Padahal, dia adalah salah satu tokoh penting saat Avengers menghadapi Loki di The Avengers. Tapi, di Avengers: Infinity War, dia sama sekali tidak tampak. Di setting waktu film tersebut, Clint diketahui menjadi tahanan rumah setelah ditangkap di Captain America: Civil War. Namun, setelah itu, tidak diketahui lagi kisahnya.

Di Hawkeye, Clint kehilangan pendengarannya. Ini adalah aspek kunci karakter itu di komik yang belum diadaptasi di MCU. Episode 1 Hawkeye akan mengonfirmasi hal tersebut. Di serial ini, dia juga dihadapkan pada masa lalunya sebagai Ronin. Dengan nama itu, Clint jelas telah menumpuk musuh di mana-mana, termasuk Tracksuit Dracula di New York.

2. Kate Bishop — Hailee Steinfeld
10 Karakter dan Pemeran Utama yang Tampil di Serial Hawkeye

Kate Bishop telah digadang-gadang bakal menjadi pengganti Clint Barton sebagai Hawkeye di Avengers. Dia adalah anak orang kaya di New York. Kate mengidolakan Hawkeye sejak dia melihat Clint beraksi melawan pasukan Chitauri di atas gedung tinggi kota itu.

Setelah apartemen yang dia huni hancur dalam Perang New York itu dan menyebabkan ayahnya meninggal, Kate melatih dirinya untuk bertarung dan mahir menggunakan anak panah beserta busurnya seperti halnya sang idola. Tingkah polah Kate dengan busur dan anak panahnya ini menjadi salah satu hal menarik di Hawkeye.

Di serial tersebut, Kate adalah seorang anak yang keras kepala. Dia menyayangi ibunya, tapi selalu kesulitan untuk menuruti permintaan sang bunda. Dia juga tidak suka ketika sang ibu bertunangan dengan Jack Duquesne.

Rasa penasaran Kate yang tinggi akhirnya menyebabkannya terlibat masalah dengan Tracksuit Dracula. Namun, peristiwa inilah yang mempertemukannya dengan Hawkeye. Kate adalah kunci bagi Clint untuk kembali ke keluarganya saat Natal tiba.

3. Lucky si Anjing Pizza — Jolt
10 Karakter dan Pemeran Utama yang Tampil di Serial Hawkeye

Anjing bernama Lucky ini akan menjadi bagian dari duo Clint-Kate di Hawkeye. Kate melihat Lucky ketika dia hendak masuk hotel untuk bertemu ibunya. Ketika dia dikejar para perampok dari hotel, Kate melihat Lucky berada di tengah jalan raya. Dia kemudian menyelamatkan Lucky dan memutuskan untuk membawa anjing itu pulang.

Cerita awal Lucky di MCU ini agak berbeda dengan yang ada di komik. Di komik, Lucky berusaha menyelamatkan Hawkeye dari tembakan salah satu anak buah Ivan Banionis. Ivan memukuli anjing itu dan melemparnya ke jalan raya. Clint akhirnya menyelamatkan Lucky, tapi anjing itu kehilangan satu matanya. Setelah itu, Clint mengadopsi Lucky. Anjing itu pun jadi dekat dengan Clint dan Kate.

4. Eleanor Bishop — Vera Farmiga
10 Karakter dan Pemeran Utama yang Tampil di Serial Hawkeye

Eleanor adalah ibu Kate. Cerita Eleanor di MCU juga berbeda dengan di komik. Di komik, Eleanor meninggal dunia ketika Kate masih kecil. Dia adalah seorang ibu yang baik hati, bekerja di dapur sup dan membantu masyarakat sekitarnya meskipun dia kaya raya. Dia kemudian muncul lagi sebagai Madame Masque yang hendak melumpuhkan Kate.

Belum diketahui apakah Eleanor di MCU ini nantinya akan berubah menjadi Madame Masque juga. Yang jelas, Eleanor belum mati dan merawat Kate sejak suaminya dan ayah Kate, Derek, meninggal dunia di Perang New York. Sebagai seorang ibu tunggal, Eleanor menginginkan yang terbaik untuk Kate. Dia juga seorang sosialita yang gemar menggelar acara amal.

5. Jack Duquesne — Tony Dalton
10 Karakter dan Pemeran Utama yang Tampil di Serial Hawkeye

Di komik, Jack Duquesne dikenal sebagai Swordsman. Dia adalah seorang penampil yang mahir menggunakan pisau dan pedang. Dia bertemu Clint Barton kecil di sebuah karnaval dan menjadi mentornya, serta sosok ayah untuk Clint. Didikan Swordsman membuat Clint terjerumus ke dunia kejahatan. Dia dan Clint akhirnya berpisah setelah dia berusaha membunuh muridnya itu. Di komik, Jack telah menjadi pahlawan dan penjahat.

Di MCU, Jack diperankan aktor gaek Tony Dalton. Belum diketahui apakah Jack di sini punya kaitan dengan Clint. Yang jelas, di Hawkeye, Jack bertunangan dengan Eleanor, dengan Kate tidak menyukainya. Episode 1 Hawkeye mengungkapkan alasan Kate tidak menyukai Jack. Sementara, di episode 2, Jack memamerkan sedikit kemahirannya bertarung dengan pedang anggar setelah Kate menantangnya.

Jika kemudian Jack ternyata punya kaitan dengan Clint di MCU, maka penonton akan mengetahui masa lalu Clint. Di MCU, Clint adalah satu-satunya anggota Avengers yang cerita latarnya belum diceritakan secara utuh atau samar. Bahkan, Hulk pun sudah mendapatkan cerita latarnya di The Incredible Hulk.

6. Kazi (Fra Fee)
10 Karakter dan Pemeran Utama yang Tampil di Serial Hawkeye

Kazi adalah kependekan dari Kazimierz Kazimierczak. Di komik, dia adalah sebagai seorang penjahat yang dikenal dengan nama The Clown. Dia adalah pembunuh yang disewa Ivan Banionis untuk membunuh Clint. Dia kemudian berhasil membunuh tetangga Clint. Di serial Hawkeye di MCU, Kazi sepertinya akan menjadi salah satu penjahat. Tapi, belum diketahui siapa yang akan membayarnya untuk membunuh Clint.

7. Maya Lopez/Echo — Alaqua Cox
10 Karakter dan Pemeran Utama yang Tampil di Serial Hawkeye

Maya Lopez alias Echo akan menjadi superhero ketiga di MCU—jika hilangnya pendengaran Clint dihitung—yang tuli. MCU telah memperkenalkan superhero pertama mereka yang tuli di Eternals lewat Makkari. Di Hawkeye, setidaknya ada dua pahlawan yang sama-sama punya masalah pendengaran. Fakta lainnya, Alaqua, pemeran Maya, adalah penyandang tunarungu dan juga seorang amputee.

Di komik, Maya adalah keturunan Native-America yang terlahir tuli. Ayahnya adalah seorang gangster yang bekerja untuk Kingpin. Setelah ayahnya meninggal, Kingpin merawatnya dan memastikan kalau dia mendapatkan pendidikan terbaik. Maya mengambil titel Echo karena dia bisa menggemakan atau menirukan gerakan orang lain. Ini membuatnya menjadi seorang petarung tangguh.

Yang menarik, Maya punya kaitan dengan Matt Murdock alias Daredevil di komik. Namun, Iblis Hell’s Kitchen itu sepertinya belum akan tampil di Hawkeye, kecuali ada kejutan nanti. Belum diketahui seperti apa cerita latar Maya di serial ini. Kingpin juga belum dijadwalkan tampil di MCU. Di serial Daredevil, Kingpin diperankan Vincent D’Onofrio.

8. William Lopez — Zahn McClarnon
10 Karakter dan Pemeran Utama yang Tampil di Serial Hawkeye

William adalah ayah Maya. Di komik, karakter ini bernama Willie Lincoln dan tangan kanan Kingpin sebelum tewas dibunuh. Belum diketahui apa peran dan kiprah William di serial Hawkeye ini nantinya.

Baca Juga: Kate Bishop, Pengganti Clint Barton sebagai Hawkeye di Marvel

9. Yelena Belova — Florence Pugh
10 Karakter dan Pemeran Utama yang Tampil di Serial Hawkeye

Yelena Belova telah dijadwalkan tampil di Hawkeye. Tapi, di episode berapa, itu harus dinantikan. Di adegan pascakedit Black Widow, Yelena dipastikan akan memburu Clint setelah Contessa Valentina Allegra de Fontaine (Julia Louis-Dreyfus) memerintahkannya untuk memburu dan membunuh orang yang bertanggung jawab atas kematian Natasha Romanoff (Scarlett Johansson) di Vormir di Avengers: Endgame. Orang yang dimaksud itu tak lain dan tak bukan adalah Clint Barton. Florence sama sekali tidak dilibatkan di materi promosi, tapi dimasukkan daftar pemeran di serial itu. Belum diketahui apakah Yelena akan menjadi sekutu atau musuh Clint.

10. Ivan Banionis — Aleks Paunovic
10 Karakter dan Pemeran Utama yang Tampil di Serial Hawkeye

Di komik, Ivan adalah tuan tanah jahat yang memperlakukan penyewanya dengan tidak baik. Dia akan mengirimkan berandalan—yang disebut Clint sebagai Tracksuit Dracula—untuk meneror para penyewanya. Ivan adalah orang yang mengirim The Clown untuk membunuh Clint. Di MCU, Clint tinggal di sebuah peternakan. Jadi, belum diketahui bagaimana Ivan akan masuk ke cerita di serial ini.


(alv)
Share: