Sejarah Manhwa: dari Politik, Manga, ke Romansa

Sabtu, 13 November 2021 - 09:50 WIB
loading...
A A A
Sejarah Manhwa: dari Politik, Manga, ke Romansa

Foto: Jump Comic

Kemudian, baik manga dan manhwa memiliki ciri khasnya masing-masing. Menurut Intan Aulia, 19, karateristik manhwa adalah sering mengangkat kisah nyata atau cerita yang dekat dengan kehidupan manusia dan sekitarnya. “From zero to hero dengan segudang motivasi itu ciri khas manga,” jelasnya.

Sementara itu, jika berbicara mengenai genre andalan, Ramandha, Nasya, Azrah, dan Intan sepakat bahwa genre andalan yang dimiliki manhwa adalah romance, sedangkan manga lebih ke fantasi. “Rata-rata cerita manga pasti ada sihir atau magic,” tambah Azrah.

Jika berbicara soal popularitas, Azrah berpendapat bahwa manhwa lebih populer daripada manga. Menurutnya, hal ini disebabkan karena mayoritas anak muda zaman sekarang lebih menyukai komik yang sepenuhnya berwarna karena dapat memperlihatkan visual yang detail.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Red Notice, Perlu Dibaca sebelum Menonton Filmnya

Manhwa juga mudah diakses karena berbentuk digital sehingga mudah dibawa ke mana saja dan dibaca kapan saja. “Udah gitu, sekarang manhwa banyak yang teen rated atau all age, jadi aman buat dibaca anak di bawah umur juga,” tambahnya.

Namun Intan menganggap sebaliknya. Meski begitu, seiring berjalannya waktu, manhwa juga mulai makin populer karena banyak drama Korea yang diadaptasi dari manhwa. “Jadi, untuk sekarang, popularitas antara manhwa dan manga kelihatannya cukup seri,” jelas Intan.

GenSINDO
Hania Latifa
Politeknik Negeri Media Kreatif
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2318 seconds (0.1#10.140)