4 Film Marvel yang Bisa Ditonton sebelum Menyaksikan Eternals

Jum'at, 05 November 2021 - 18:18 WIB
loading...
4 Film Marvel yang Bisa Ditonton sebelum Menyaksikan Eternals
Ada 4 film Marvel Cinematic Universe (MCU) yang bisa ditonton sebelum Eternals agar lebih bisa memahami latar belakang aksi mereka dan juga tentang Celestials. (Foto: Marvel)
A A A
Hari ini, Jumat (5/11), film Eternals akan mulai tayang di Amerika Serikat (AS). Belum diketahui kapan film ini bakal diputar di Indonesia. Meski begitu, hype-nya sudah terasa sejak beberapa waktu lalu. Banyak yang sudah tidak sabar menantikan penayangan film ini.

Eternals adalah properti baru dari komik Marvel yang akan debut di Marvel Cinematic Universe (MCU). Sebagai entri anyar, tentu tak semua orang mengenal siapa Eternals ini. Meski begitu, keberadaan sejumlah pendukung di cerita ini sudah disinggung di sejumlah film terdahulu di MCU.

Eternals akan memperkenalkan 10 superhero baru ke MCU. Mereka adalah ras alien abadi yang diutus Celestials ke bumi untuk melindungi manusia dari Deviants. Tak banyak yang bisa diketahui dari mereka saat ini kecuali dari trailer dan material promosi. Ada sejumlah film yang bisa memberikan secuil pandangan tentang Eternals dan pendukungnya. Apa saja? Simak ulasan berikut!



1. Guardians of the Galaxy
4 Film Marvel yang Bisa Ditonton sebelum Menyaksikan Eternals

Celestials kali pertama muncul di film Guardians of the Galaxy. Tidak dalam bentuk nyata, tapi adegan di mana Collector memproyeksikan gambar masa lalu Batu Kekuatan. Menurut Collector, Batu Kekuatan pernah dipakai Celestials untuk menilai seluruh dunia dan peradaban. Cuplikan video memperlihatkan batu itu dipakai untuk menghancurkan sebuah kota dan, diduga, tiap makhluk hidup di planet itu.

Celestial yang muncul di cuplikan itu sangat mudah dikenali. Dia adalah Eson the Searcher, yang di komik adalah salah satu Celestial yang menilai dunia sesuai agenda misteriusnya. Ini bukan satu-satunya referensi Celestials di film itu.

Guardians of the Galaxy juga memperkenalkan Knowhere, sebuah tempat yang merupakan tengkorak kepala seorang Celestial. Ini jelas mengindikasikan kalau Celestial menderita semacam nasib tragis. Sementara, ini juga mengindikasikan kalau ukuran mereka berbeda. Ini karena Knowhere jauh lebih besar ketimbang kepala Eson the Searcher di video milik Collector.

2. Guardians of the Galaxy Vol 2
4 Film Marvel yang Bisa Ditonton sebelum Menyaksikan Eternals

Guardians of the Galaxy Vol 2 memperkenalkan makhluk yang meyakini kalau dirinya adalah Celestial terakhir, Ego. Film ini menciptakan ulang Celestials. Film ini mengungkapkan kalau mereka adalah makhluk yang terdiri atas “cahaya hidup” dan mempunyai kekuatan untuk merestrukturisasi diri mereka sendiri.

Ego menciptakan seluruh dunia untuk dirinya sendiri, dengan cahaya hidup sebagai intinya. Dia lalu membuat tubuh untuk dia tinggali. Ini mungkin menjelaskan mengapa Celestials bisa bermanifestasi dalam berbagai ukuran. Ini karena mereka adalah makhluk tanpa bentuk yang menciptakan cangkang untuk mempertahankan energi mereka. Menurut Ego, rasnya sudah disapu bersih ribuan tahun lalu. Dia mengaku belum pernah menemukan makhluk lain seperti dirinya di kosmos.

3. Avengers: Infinity War
4 Film Marvel yang Bisa Ditonton sebelum Menyaksikan Eternals

Rencana gila Thanos untuk menyeimbangkan ulang alam semesta dengan melenyapkan separuh makhluk hidup berpuncak di Avengers: Infinity War. Mad Titan itu mencari 6 Batu Keabadian. Dia mengunjungi Knowhere dan planet Vormir yang terlupakan.

Avengers dan Guardians of the Galaxy bersatu. Mereka berusaha menghentikan Thanos, tapi gagal. Thanos berhasil mengalahkan para pahlawan itu dan mengambil Batu Keabadian terakhir dari kepala Vision.

Thanos kemudian menjentikkan jarinya. Separuh kehidupan di semesta pun lenyap. Ini adalah salah satu peristiwa kunci di sejarah galaktik. Ini tidak hanya berdampak pada bumi. Tiap planet. Tiap dunia dan tiap ras terdampak jentikanjari Thanos ini.

Marvel masih menolak mengomentari bagaimana jentikan jari Thanos ini mempengaruhi Eternals. Tapi, sikap diam mereka dalam kekacauan seperti ini memang mengejutkan. Eternals sepertinya harus menjawab persoalan ini secara langsung.

4. Avengers: Endgame
4 Film Marvel yang Bisa Ditonton sebelum Menyaksikan Eternals

Avengers pergi menjelajah waktu untuk membatalkan tindakan Thanos. Mereka mengambil Batu Keabadian dari masa lalu dan menciptakan sarung tangan nano untuk menahannya. Hulk mengenakan sarung tangan itu dan menjentikkan jarinya. Semua orang yang lenyap akibat jentikan jari Thanos pun kembali.

Trailer Eternals mengonfirmasikan kalau jentikan jari Hulk ini secara langsung terkait Eternals. Jentikan jari itu melepaskan energi yang cukup banyak yang memicu peristiwa kosmik bernama Emergence. Emergence ini sepertinya menjadi pemicu terdekat Eternals. Peristiwa ini menarik Deviants keluar dari bayang-bayang dan menyebabkan Eternals kembali bersatu lagi.

Tapi, jentikan jari Hulk ini juga penting. Jentikan jari ini bertindak sebagai demonstrasi potensi manusia. Eternals dikirim ke bumi untuk melindungi ras manusia. Aksi Avengers di Avengers: Endgame memvalidasi misi tersebut.

Thanos telah melenyapkan separuh kehidupan di seluruh jagat raya. Tapi, hanya manusia yang menemukan cara untuk mengembalikan semua orang. Mustahil kalau ini tidak punya efek mendalam pada Eternals yang berbeda. Beberapa di antara mereka telah menyerahkan misi mereka karena putus asal pada sifat penghancuran yang dipunyai manusia.



Selain itu, penting juga diingat kalau Nebula jelas telah menghabiskan waktu meriset Vormir. Dia berusaha mencari tau apa yang terjadi pada Gamora, kakaknya. Gamora dikorbankan Thanos demi mendapatkan Batu Jiwa di planet yang terlupakan tersebut.

Di Avengers: Infinity War, Nebula tidak tahu dunia itu. Tapi, di Endgame, dia menyebut Vormir sebagai pusat peradaban Celestials. Ini mengindikasikan kalau Celestials terkait Batu Jiwa dan Batu Kekuatan. Ini membangun Vormir sebagai dunia yang penting bagi pencipta Eternals tersebut.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1608 seconds (0.1#10.140)