10 Mangaka yang Diduga Menjadi yang Terkaya di Jepang

Selasa, 26 Oktober 2021 - 18:04 WIB
loading...
10 Mangaka yang Diduga Menjadi yang Terkaya di Jepang
Mangaka adalah salah satu profesi keren yang tidak hanya mendatangkan ketenaran, tapi juga uang. Di Jepang, ada sederet mangaka yang diduga menjadi yang terkaya. (Ilustrasi/Foto Ilustrasi: SINDOMedia/Adi Wicaksono)
A A A
Menjadi mangaka atau penulis manga memang terdengar keren. Kemampuan untuk menciptakan dunia dan karakter yang disukai penggemar adalah sebuah imbalan. Tambah keren lagi, profesi ini juga mendatangkan banyak uang dari penjualan judul yang benar-benar jadi hit. Tak heran jika para penggemar manga suka mengidolakan mangaka terkenal dan kaya.

Namun, untuk menentukan siapa mangaka terkaya bisa jadi sulit. Tidak semua mangaka mengakui berapa banyak kekayaan yang mereka dapatkan. Tapi, informasi yang ada adalah jumlah penjualan volume manga dan jika dikombinasikan dengan sumber yang membahas tenang kekayaan mangaka seharusnya memberikan sekilas pemandangan jumlah uang yang dihasilkan mangaka terbesar Jepang.

Yang harus dipertimbangkan adalah warisan. Seorang kreator mungkin sudah tiada di dunia ini. Tapi, kreasi mereka masih sangat bisa menghasilkan uang untuk estate mereka. Dikutip dari CBR, berikut ranking mangaka terkaya di Jepang yang hanya memasukkan mangaka yang masih aktif! Daftar ini hanya melibatkan mangaka tunggal, bukan tim.



10. George Morikawa — Hajime no Ippo
10 Mangaka yang Diduga Menjadi yang Terkaya di Jepang

Hajime no Ippo adalah manga tinju yang berjalan dengan baik selama 20 tahun. Manga ini masih digambar George Morikawa. Serial ini dimulai pada 1989 dan belum terlihat bakal berakhir dalam waktu dekat. Itu artinya lebih banyak uang dan penjualan buat Morikawa. Serial ini mendekati penjualan 100 juta volume. Kekayaan Morikawa diperkirakan sudah ada di separuh jalan menuju USD1 juta (Rp 14,1 miliar). Ini memang terlihat sangat rendah. Tapi, sepertinya kekayaan Morikawa jauh lebih tinggi, mencapai angka dua digit.

9. Keisuke Itagaki — Baki the Grappler
10 Mangaka yang Diduga Menjadi yang Terkaya di Jepang

Baki the Grappler mengisahkan tentang seorang petarung remaja di serangkaian kompetisi tarung maut. Serial ini punya banyak sekuel dan masih sangat aktif sampai sekarang. Manga tarung memang sangat populer dan Baki adalah salah satu yang terbesar. Bisa menjadi catatan, putri Itagaki, pencipta Beastars, jelas mengikuti jejak ayahnya. Berbagai koleksi Baki telah terjual sekitar 75-80 juta. Kekakayaan Itagaki sangat sulit untuk diverifikasi. Perkiraan terbaiknya mungkin di antara USD1—5 juta (Rp14,1—70,7 miliar).

8. Yōichi Takahashi — Captain Tsubasa
10 Mangaka yang Diduga Menjadi yang Terkaya di Jepang

Captain Tsubasa adalah salah satu manga olahraga terbesar yang pernah dibuat. Manga ini disukai di seluruh Jepang atas karakternya yang menarik dan aksi olahraganya. Serial ini benar-benar menyebabkan booming fandom sepakbola di Jepang. Penjualan Captain Tsubasa, termasuk semua spinoff-nya, mencapai 80 juta. Kekayaan Takahashi diperkirakan antara USD1—5 juta. Tapi, dampaknya pada fandom sepakbola di Jepang jelas merupakan bonus besar.

7. Hirohiko Araki — JoJo’s Bizarre Adventure
10 Mangaka yang Diduga Menjadi yang Terkaya di Jepang

JoJo’s Bizarre Adventure adalah salah manga paling stylish dan disukai sampai sekarang. Manga ini pun berjalan baik bagi penciptanya, Hirohiko Araki. Serial ini mengisahkan tentang sejumlah anggota Jostar. Manga ini dikenal atas posenya yang konyol. Serial ini juga dikenal atas konsep Stand atau semacam proyeksi cenayang untuk tujuan bertarung. JoJo telah terjual setidakya 100 juta volume. Kekayaan Araki diperkirakan mencapai USD6—13 juta (Rp84,7 miliar—183,6 miliar). Tapi angka ini terlihat terlalu rendah.

6. Masashi Kishimoto — Naruto
10 Mangaka yang Diduga Menjadi yang Terkaya di Jepang

MasashiKishimoto dikenal atas karyanya, Naruto. Serial ini mengisahkan tentang seorang remaja yang ingin menjadi ninja. Manga yang sangat populer ini kemudian diikuti dengan Boruto, anak Naruto dari seri aslinya. Serial itu, termasuk Boruto, adalah franchise manga terlaris dalam sejarah yang terjual hingga sekitar 250 juta eksemplar. Meskipun serialnya sukses luar biasa, kekayaan Kishimoto diperkirakan hanya mencapai sekitar USD20—25 juta (Rp282,6—353,2 miliar). Tentu saja, itu uang yang sangat besar. Tapi, dengan dampak karyanya, angka itu jugua termasuk kecil.

5. Yoshihiro Togashi — Hunter x Hunter
10 Mangaka yang Diduga Menjadi yang Terkaya di Jepang

Hunter x Hunter mengisahkan tentang seorang remaja bernama Gon yang tahu kalau ayahnya adalah seorang pemburu yang terkenal, semacam petualang di manga ini. Serial ini sangat populer dan dikenal atas artefak serta makhluk-makhluk aneh. Manga ini juga menjelma menjadi kerajaan media kecil. Saat ini, penjualan manga ini mencapai sekitar 80 juta eksemplar. Sementara, kekayaan Togashi diduga mencapai sekitar USD25 juta (Rp353,2 miliar) atau lebih.

4. Hajime Isayama — Attack on Titan
10 Mangaka yang Diduga Menjadi yang Terkaya di Jepang

Pencipta Attack on Titan dan mangaka Hajime Isayama tidak hanya menggambar raksasa, tapi juga punya koleksi penjualan raksasa dan uang yang sangat besar. Attack on Titan mengikuti sebuah masyarakat yang dikacaukan sekelompok humanoid raksasa bernama Titan. Serial ini pun telah menjadi sangat populer. Saking populernya, penjualan manga ini mencapai lebih dari 100 juta volume. Kekayaan Isayama diperkirakan mencapai antara USD45—50 juta (Rp635,9—706,5 miliar).

3. Gosho Aoyama — Detective Conan
10 Mangaka yang Diduga Menjadi yang Terkaya di Jepang

Gosho Aoyama adalah otak di balik manga yang sangat populer, Detective Conan. Manga ini mengisahkan tentang detektif remaja yang terjebak di tubuh bocah berusia 7 tahun yang menyelesaikan banyak misteri. Serial ini sudah terjual sekitar 230 juta volume, tapi mungkin angkanya jauh lebih tinggi. Kekayaan Aoyama diperkirakan mencapai USD50 juta (Rp706,5 miliar). Level kesuksesannya jelas bukan level anak-anak.

2. Akira Toriyama — Dragon Ball
10 Mangaka yang Diduga Menjadi yang Terkaya di Jepang

Menyebut Akira Toriyama sebagai salah satu mangaka paling berpengaruh di Jepang itu meremehkan. Dengan penjualan berbagai serial Dragon Ball-nya yang naik mencapai 300 juta volume, Toriyama jelas adalah ikon manga. Toriyama juga punya perbedaan dalam meluncurkan Dragon Ball Z. Dan, ini bukan satu-satunya sumber uangnya. Dia juga bertanggung jawab atas desain karakter serial video game Dragon Quest. Meskipun dampak dan pengaruhnya sangat luar biasa, kekayaaan Toriyama disebut mencapai USD45—50 juta (Rp635,9—706,5 miliar). Angka yang kecil bagi pencipta Dragon Ball. Tapi, kadang, orang tidak dibayar sesuai nilai mereka.



1. Eiichiro Oda — One Piece
10 Mangaka yang Diduga Menjadi yang Terkaya di Jepang

Bukan sebuah kejutan kalau Eiichiro Oda, otak di balik manga terlaris sepanjang masa, One Piece, juga merupakan mangaka terkaya di Jepang. Sejak petualangan Topi Jerami diperkenalkan pada 1997, serial ini sudah terjual hingga 500 juta volume. Angka ini jelas mengungguli hampir semua manga terlaris dan terbesar saat ini. Banyak yang memperkirakan kalau kekayaan Oda mencapai USD200 juta (Rp2,8 triliun). Tapi, ada juga yang memperkirakan kekayaannya mencapai USD230 juta (Rp3,2 triliun). Ini jelas tidak hanya membuat Oda sebagai mangaka yang masih bekerja terkaya tapi juga yang terkaya di sepanjang sejarah.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)